√ 14 Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Posted on

14 Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) – Pertemuan kali ini kita akan membahas tentang organisasi. Didalam kehidupan kita tentu saja sudah sering mendengar tentang organisasi karena organisasi biasanya dilakukan disekolah maupun dikampus.

Untuk dapat mengetahui arti yang sesungguhnya dari organisasi maka dari itu kita akan membahasnya di artikel kali ini. Mungkin kita sudah pernah mengikuti sebuah organisasi yang ada disekolah seperti osis ataupun pramuka.

14 Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Tapi ternyata belum mengetahui apa sebenarnya organisasi itu sendiri. Langsung saja kita mulai pembahasan ini supaya bisa mendapatkan penjelasan yang sebenarnya.

Pengertian Organisasi

Organisasi merupakan sebuah tempat untuk sekelompok orang yang bekerjasama, terkendali dan juga terpimpin yang memiliki tujuan tertentu. Organisasi pada biasa memanfaatkan suatu sumberdaya tertentu contohnya lingkungan, cara ataupun metode, material, mesin, uang dan juga beberapa sumberdaya yang lainnya.

Didalam rangka untuk dapat mencapai tujuan dari organisasi tersebut. orang-orang yang berkumpul didalam sebuah organisasi yang membuat kesepakan untuk dapat mencapai tujuan tertentu dengan melalui sumber daya yang secara sistematis serta secara rasional yang terkendali dan juga adanya seorang pemimpin organisasi yang nantinya akan memimpin operasional organisasi secara terencana.

Baca Juga:  √ Pengertian Manajemen Organisasi, Tujuan dan Fungsi Manajemen Organisasi

Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Didalam sebuah teori tentu saja terdapat ide ataupun gagasan yang diberikan oleh para ahlinya, disini ada beberapa penjelasan dari organisasi, untuk itu ada beberapa ahli yang kemudian mengemukakan pendapat mereka mengenai organisasi, untuk itu mari sama-sama kita lanjutkan penjelasan berikut ini.

Janu Murdiyamoko Dan Citra Handayani

Organisasi ialah sebuah sistem sosial yang memiliki sebuah identitas kolektif secara tegas, progja yang jelas serta prosedur dan juga cara kerja dan anggotanya pula terdaftar dengan secara terperinci.

W.J.S. Poerwadarminta

Organisasi ialah sebuah susunan dan juga aturan dari berbagai macam bagian (orang ataupun kelompok) dan sehingga menjadi satu kesatuan yang teratur dan juga tertata.

Dahlan Al Barry

Organisasi ialah sebuah pengaturan dan penyusunan dari bagian-bagian tertentu hingga bisa menjadi satu kesatuan, aturan serta susunan dari berbagai macam bagian sehingga bisa menjadi satu kesatuan yang teratur dan juga gabungan kerjasama agar dapat mencapai tujuan tertentu.

Max Weber

Organisasi merupakan suatu kerangka sebuah struktur yang didalamnya berisikan sebuah wewenang, tanggung jawab serta bagian kerja agar dapat menjalankan masing-masing dari fungsi tertentu.

Chester I. Bernard

Organisasi adalah sebuah sistem didalam kegiatan kerja sama yang dilakukan oleh kedua orang atau juga lebih agar dapat melaksanakan suatu aktivitas yang ada didalamnya yang memerlukan sebuah komunikasi dengan pencapaian untuk tujuan bersama.

Barnard menekankan bahwa peranan pada setiap orang anggotanya yang juga harus diberikan informasi dan juga motivasi serta sebagian anggota lainnya yang harus membuat sebuah keputusan.

Stephen P. Robbinss

Organisasi ialah suatu kesatuan sosial yang kemudian dikoordinasikan dengan batasan-batasan yang relatif bisa diidentifikasi serta bekerja terus menerus agar dapat mencapai tujuan bersama.

Baca Juga:  √ Pengertian Definisi Menurut Para Ahli, Syarat & Contohnya
14 Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli Terlengkap
14 Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli Terlengkap

Stoner

Organisasi ialah suatu pola hubungan dengan melalui orang atau juga sekelompok orang yang ada di bawah pengarahan manajer supaya mengejar tujuan bersama.

Richard Scott

Organisasi ialah suatu kolektivitas yang dengan sengaja dan juga dibentuk supaya mencapai suatu tujuan tertentu yang didasarkan dengan asas kelangsungan.

James D. Mooney

Organisasi merupakan suatu bentuk dari perserikatan orang ataupun sekelompok manusia agar dapat mencapai tujuan bersama yang sudah di sepakati.

Victor A. Thomson

Organisasi ialah suatu integrasi dari sejumlah orang yang sudah ahli yang kemudian bekerjasama dengan sangat rasional dan juga impersonal supaya dapat mencapai tujuan-tujuan yang spesifik dan juga sudah disepakati sebelumnya.

Schein

Organisasi merupakan suatu bentuk dari koordinasi segala aktivitas yang secara rasional oleh sejumlah orang agar dapat mencapai tujuan dengan melalui pembagian didalam pekerjaan dan juga fungsi hirarki otoritas serta tanggungjawab dari masing-masing anggota.

Kochler

Organisasi ialah sebuah sistem yang terstruktur yang bisa mengkoordinasikan usaha tertentu oleh sekelompok orang untuk dapat mencapai suatu tujuan.

Drs. H Malayu S.P. Hasibuan

Organisasi ialah suatu proses penentuan dari pengelompokkan dan juga pengontrolan dari segala macam tindakan yang dibutuhkan didalam mencapai suatu tujuan secara bersama.

Prof. Dr. Sondang P. Siagian

Organisasi ialah setiap bentuk dari persekutuan diantara dua orang atau lebih dan saling bekerjasama dan juga terikat secara formal didalam rangka untuk melakukan pencapaian tujuan yang sudah dalam sebuah ikatan yang ada pada seseorang ataupun beberapa orang yang sudah dikenal sebagai atasan serta seseorang ataupun kelompok orang yang sudah dikenal sebagai bawahan.

Itulah penjelasan yang dapat diberikan oleh tentang 14 Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap), organisasi adalah suatu kumpulan dari beberapa orang yang kemudian bekerjasama dengan secara sportif dan juga tanggung jawab yang dilakukan dengan secara sadar untuk dapat mencapai suatu tujuan yang diinginkannya, semoga bermanfaat bagi para pembaca terimakasih. 🙂