√ 10 Pengertian Cerpen Menurut Para Ahli ( Terbaru dan Terlengkap )

Posted on

10 Pengertian Cerpen Menurut Para Ahli ( Terbaru dan Terlengkap )– Bentuk dari Karya sastra dan cerita memang sangat banyak dan beragam. Keberagaman yang ada membuat makin banyaknya jenis maka makin kayanya jenis sastra di dunia.

Cerita sangat banya di dunia ini mulai dari cerita yang memang ada dan terjadi di kehidupan kita hingga dunia fantasi yang menawarkan daya imajinasi dan tidak dapat terjadi di dunia atau kehidupan nyatanya tetapi dapat pula terjadi.

10 Pengertian Cerpen Menurut Para Ahli ( Terbaru dan Terlengkap )

Cerita pendek atau cerpen umumnya di gemari karena pada umumnya memiliki cerita yang menyenangkan ketika membacanya. Untuk lebih jelasnya mengenai pengertian cerpen menurut para ahli akan di jelaskan di bawah ini :

Pengertian Cerpen

Cerpen adalah suatu cerita yang terdiri dari 5000 kata yang merupakan cerita pendek berisi narasi tunggal dan terkonsentrasi pada satu peristiwa. Cerpen pada umumnya di sajikan sekali habis karena bentuknya yang pendek membuat dengan cepat para pembaca membacanya. Cerpen yang menarik akan membuat para pembaca terus ingin mengikuti karya dari si penulis atau menunggu kelanjutan dari cerpen yang di sajikan.

Pengertian Cerpen Menurut Para Ahli

Cerpen memiliki pengertian yang berbeda-beda menurut ahli yang menjelasakannya tetepi berarti satu. Penjelasan cerpen menurut para ahli adalah sebagai berikut:

Baca Juga:  √ 12 Pengertian Data Menurut Para Ahli Pembahasan Terlengkap

Hendy

Cerpen adalah sautu cerita pendek yang berisikan narasi tunggal.

Nugroho Notosusanto dalam Tarigan

Cerpen menurutnya adalah suatu kisah pendek yang di mulai dari 5000 kata yang di perkirakan 17 pp kuarto spasi ganda dan memiliki pusat yaitu dirinya sendiri.

10 Pengertian Cerpen Menurut Para Ahli Terbaru
10 Pengertian Cerpen Menurut Para Ahli Terbaru

Sumardjo

Cerpen adalah cerita fiksi pendek yang tidak benar terjadi di kehidupan nyata tetapi dapat terjadi kapan saja dan dimana saja dan cerita ini relative singkat.

J.S. Badudu

Cerpen adalah sautu cerita menjurus dan konsentrasi yang berpusat di sautu peristiwa, yaitu peristiwa yang akan menumbuhkan peristiwa itu sendiri.

KBBI

Cerpen atau cerita pendek asalnya dari dua kata yang artinya pidato yang berkisah tentang bagaimana dan cerita pendek ini sangat pencek dan tidak lebih dari 10.000 kata yang dapat memberikan kesan yang dominan ddan terkonsentrasi di dalam satu tokoh cerita saja dan tidak lebih dari 100 halaman.

Aoh. K.H

Cerpen adalah suatu cerita pendek yang di tulis olek fiksi atau dunia dantasi yang di sebutnya naratif prosa pendek.

Allan Poe dalam Nurgiyantoro dalam Regina Bernadette

Cerpen atau cerita pendek adalah bacaan singkat yang dapat di baca sekali duduk dan dalam waktu setengah hingga dua jam, memiliki efek tunggal, plot dan settingan yang terbatas, karakterm tidak beragam dan tidaklah kompleks (tidak menampilkan seluk beluk tokohnya) dan hanya menampilkan bagian-bagian pentingnya saja.

B. Jassin

Cerita pendek atau cerpen adalah suatu karya cerita pendek yang di dalamnya memiliki bagian penting dari pendahuluan dan penyelesaian sengketa.

Saini

Cerpen adalah sautu cerita pendek yang berisi fiksi dan tidak bernar-benar terjadi di kehidupan tetapi dapat terjadi di mana saja dan kapan saja dan cerita ini singkat.

Baca Juga:  √ Pengertian Novel Menurut Para Ahli dan Unsur Novel Lengkap

Turayev dalam Regina Bernadette

Cerpen adalah bentuk karya sastra naratif dengan menampilkan cerminan dari sebuah episode di dalam kehidupan seorang tokoh.

Wikipedia

Cerpen atau cerita pendek adalah bentuk dari prosa naratif fiktif.

Sekianlah penjelasan mengenai 10 Pengertian Cerpen Menurut Para Ahli ( Terbaru dan Terlengkap ) yang di jelaskan oleh pustakaindo. Cerpen atau cerita pendek dapat  membuat kita terhibur ketika membacanya dan dapat cepat selesai karena bentuknya yang singkat. Terimakasih 🙂