√ 10 Pengertian Mediasi Menurut Para Ahli (Bahas Terengkap)

Posted on

10 Pengertian Mediasi Menurut Para Ahli (Bahas Terengkap)Pada pembahasan kali ini kami akan mencoba menjelaskan mengenai Mediasi. Sebuah kata yang tidak asing lagi karna sudah sering kali diucapkan oleh banyak orang namun belum tentu seseorang yang mengucapkannya mengerti apa arti dari mediasi itu.

Maka dari itu, disini kami akan menoba menjelaskan arti dari mediasi menurut beberapa para ahli.

10 Pengertian Mediasi Menurut Para Ahli (Bahas Terengkap)

Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut :

Pengertian Mediasi Menurut Para Ahli

Dalam memahami apa itu mediasi maka para ahli memberikan pendapatnya sebagai berikut:

Kamus Hukum Ekonomi ELIPS

Pengertian Mediasi Menurut Kamus Hukum Ekonomi ELIPS Adalah salah satu dari beberapa pilihan yang bentuk dari penyelesaian sengketa yanf berasa diluar pengadilan dengan menggunakan sebuah jasa dari seorang modiator ataupun yang sering kita sebut sebagai penengah sama  misalnya konsiliasi.

Modiator atau penengah adalah seorang yang menjalankan tugas dan fungsinya sebagai penengah terhadap pihak-pihak yang bersengketa dalam menyelesaikan sengketa yang dihadapinya.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Menurut KBBI Mediasi merupakan suatu proses yang dimana didalamnya mengikutsertakan pihak ketiga untuk menyelesaikan suatu masalah atau perselisihan sebagai penasehat.

Collins English Dictonary and Thesaurus

Menurut Collins English Dictonary and Thesaurus adalah suatu kegiatan yang didalamnya menjembatani antara dua orang atau dua pihak yang sedang bersengketa guna untuk menghasilkan sebuah kesepakatan atau aggrement.

Baca Juga:  √ 20 Pengertian Hukum Administrasi Negara Menurut Para Ahlinya

Chirstopher W  Moore

Menurutnya mediasi adalah sebuah inventaris dalam sebuah sengketa atau sebuah negosiasi yang dilakukan oleh pihak ketiga dan dapat diterima pihak yang bersengketa, bukan karena bagian dari kedua belah pihak dan harus bersifat netral.

Gary Goodpaster

Menurut Gary Goodpaster mediasi adalah suatu proses negosiasi yang didalamnya betujuan untuk memecahkan masalah dan dimana pihak luar yang impartial (tidak memihak) dan juga netral bekerja dengan baik untuk pihak yang bersengketa dalam membantu mereka untuk dapat memperoleh kesepakatan perjanjian dengan hasil yang memuaskan.

J. Folberg dan A. Taylor

Mediasi menurut J. Folberg dan A. Taylor adalah the process by which the participant, together with the assistance of a neutral person, systeatically isolate dispute in order to develop option, consider alternatif, and reach consensual settlement that will accomandate their need.

10 Pengertian Mediasi Menurut Para Ahli Lengkap
10 Pengertian Mediasi Menurut Para Ahli Lengkap

Priatna Abdurrasyid

Pengertian Mediasi menurut Priatna Abdurrasyid adalah suatu proses damai dimana para pihak yang bersangkutan bersedia menyerahkan semua urusan penyelesaiannya kepaa seorang mediator atau seseorang yang mengatur pertemuan antara pihak yang mempunyai masalah atau sengketa demi untuk mencapai hasil akhir yang adil dan tidak memberatkan salah satu pihak.

Dalam hal ini tidak ada biaya besar tetapi tetap dapat efektif dan juga diterima sepenuhnya oleh kedua belah pihak yang bersengketa. Pihak ketiga atau mediator berperan penting sebagai pendamping sekaligus juga sebagai penasehat bagi mereka yang bersengketa.

Mahkamah Agung No. 2 Tahun 2003

Menurut Mahkamah Agung Mediasi merupakan suatu penyelesaian masalah atau sengketa melalui proses perundingan dari para pihak dengan bantuan oleh mediator atau pihak ketiga agar dapat mencapai hasil akhir yang baik.

Kovach

Pengertian mediasi menurut Kovach merupakan Facilitated negotiation it process by which a neutal third party, the mediator, assist disputing parties in reaching a mutually satisfication solution.

Wikipedia

Pengertian mediasi menurut Wikipedia adalah suatu upaya yang dilakukan seseorang untuk menyelesaikan konflik dimana didalamnya melibatkan pihak ketiga yang netral atau tidak memihak pada pihak mana pun dan tidak memiliki kewenangan mengambil keputusan yang membantu pihak-pihak yang bersengketa mencapai penyelesaian atau solusi yang diterima oleh kedua belah pihak.

Baca Juga:  √ Sejarah Negara Hukum, Konsep, Ciri dan Contoh Negara Hukum

Demikian penjelasan mengenai 10 Pengertian Mediasi menurut Para Ahli (Bahas Terengkap). Selamat membaca dan semoga bisa membantu dalam menyelesaikan tugas dan dapat menambah wawasan. Terimakasih 🙂