√ 11 Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli (Terlengkap)

Posted on

11 Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli (Terlengkap) – Untuk pembahasan artikel kali ini ialah pembahasan mengenai kebudayaan. Tentu sudah tidak lagi asing bagi kita mengenai kebudayaan karena di negara kita indonesia memiliki beragam kebudayaan yang dimiliki.

Dengan beragam kebudayaan yang dimiliki tentu saja menjadikan indonesia sebagai negara yang kaya akan kebudayaan. Tetapi sudah tahukah kita arti dari kebudayaan ?

11 Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli (Terlengkap)

untuk itu kita disini membahasnya, supaya dapat membantu untuk mengerti arti yang sebenarnya dari kebudayaan. Langsung saja kita mulai pembahasannya yang akan dijelaskan berikut ini.

Pengertian Kebudayaan

Kebudayaan ialah hasil dari cipta, rasa dan juga karsa manusia di dalam memenuhi kebutuhan hidup yang kompleks dengan mencakup sebuah pengetahuan, keyakinan, seni, susila, hukum adat dan juga setiap kecakapan serta kebiasaan.

Kata kebudayaan yang juga berasal dari kata budh di dalam bahasa sansekerta yang mempunyai arti akal, dan kemudian menjadi kata budhi (tunggal) dan kemudian menjadi budhaya (majemuk). Dan sehingga kebudayaan dapat diartikan sebagai hasil pemikiran ataupun akal manusia.

Tetapi ada pendapat yang mengatakan bahwa kebudayaan yang berasal dari kata budi dan juga daya. Budi ialah akal yang merupakan sebuah unsur rohani dalam kebudayaan, sedangkan daya yang berartikan perbuatan ataupun ikhtiar dimana sebagai unsur jasmani. Sehingga kebudayaan yang diartikan sebagai hasil dari akal dan juga ikhtiar manusia.

Baca Juga:  √ Pengertian Historiografi, Macam, Ciri & Contohnya Lengkap

Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli

Kebudayaan merupakan hal yang sangat penting bagi indonesia karena keberagaman kebudayaan yang dimilikinya. Pengertian yang telah dijelaskan di atas adalah salah satu pengertian secara umum, tetapi ada juga pengertian dari para ahli mengenai kebudayaan, untuk lebih jelasnya mari kita bahas di bawah ini.

Selo Soemardjan dan Soeleman Soemardi

Kebudayaan yang memiliki arti semua hasil karya, rasa, dan juga cipta masyarakat.

Koentjaraningrat

Pengertian kebudayaan ialah keseluruhan dari sistem gagasan, tindakan, dan juga hasil karya manusia dalam rangka di kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri dari manusia dengan belajar.

Drs. Mohammad Hatta

Menurut beliau kebudayaan ialah ciptaan hidup dari suatu bangsa.

Ki Hajar Dewantara

Menurut beliau kebudayaan ialah buah budi manusia yang merupakan hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh yang kuat, yaitu zaman dan juga alam yang merupakan bukti dari kejayaan hidup manusia untuk dapat mengatasi dari berbagai macam rintangan dan juga kesukaran yang ada di dalam hidup dan juga penghidupannya guna untuk mencapai keselamatan dan juga kebahagiaan yang lahirnya bersifat tertib dan juga damai.

R. Soekmono

Menurut beliau kebudayaan ialah segala hasil dari usaha manusia, baik itu berupa benda atau juga hanya berupa buah pikiran serta dalam penghidupan.

11 Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli Terlengkap
11 Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli Terlengkap

Parsudi Suparlan

Menurut beliau kebudayaan ialah sebagai keseluruhan dari pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial dan digunakan untuk memahami dan juga menginterpretasikan lingkungan serta pengalamannya, dan juga menjadi landasan dari tingkah lakunya.

E.B Taylor

Kebudayaan menurut beliau ialah suatu keseluruhan kompleks yang juga meliputi pengetahuan, kepercayaan, seni, kesusilaan, hukum, adat istiadat, dan juga kesanggupan serta kebiasaan yang lainnya yang juga dipelajari oleh manusia sebgai anggota dari masyarakat.

Baca Juga:  √ Sejarah Sumpah Pemuda, Makna dan Isi Teks Sumpah Pemuda

Nostrand

Menurutnya kebudayaan ialah sebagai sikap dan juga kepercayaan, cara berfikir, berperilaku, dan juga mengingat bersama dengan anggota komunitas itu sendiri.

Kluckhohn dan Kelly

Kebudayaan ialah semua rancangan hidup yang juga tercipta secara historis, baik itu yang tersurat ataupun juga yang tersirat, rasional, irasional yang juga ada pada suatu waktu sebagai pedoman yang juga potensial untuk perilaku manusia.

Sir Edwards B Tylor

Kebudayaan ialah keseluruhan kompleks dari suatu ide disegala sesuatu yang dihasilkan oleh manusia dan kesamaan pengalaman historis.

Bounded et. Al

Kebudayaan ialah hal-hal yang berbentuk oleh pengembangan dan juga transmisi dari kepercayaan manusia dengan melalui simbol-simbol tertentu.

Sekian penjelasan yang sudah diberikan pada artikel kali ini mengenai 11 Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli (Terlengkap), kebudayaan adalah suatu hal yang harus dijaga karena kebudayaan merupakan kekayaan yang dimiliki oleh suatu negara, semoga dengan membaca artikel ini dapat memberikan manfaat dan juga dapat menambahkan wawasan bagi para pembacanya, terimakasih 🙂