√ 12 Pengertian Data Menurut Para Ahli Pembahasan Terlengkap

Posted on

12 Pengertian Data Menurut Para Ahli Pembahasan Terlengkap – di dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai data. Data merupakan hal yang penting ketika mengerjakan penelitian ilmiah, karena  did alama seluruh penelitian tentu harus mengandung unsur data yang benar.

Karena tanpa adanya sebuah data penelitian tidak akan bisa berjalan dan juga tidak dapat untuk disebut dengan penelitian. Data merupakan hal yang penting karena dengan kebenaran sebuah data dapat membuat sebuah penelitian tidak perlu diragukan lagi.

12 Pengertian Data Menurut Para Ahli Pembahasan Terlengkap

Untuk itulah disini kita akan membahas dan mengulas mengenai data yang akan dijelaskan berikut ini.

Pengertian Data

Data ialah segala sesuatu yang telah dicatat (recorded). Segala sesuatu tersebut dapat berbentuk dokumen, air, manusia, batu-batuan, pohon dan juga yang lainnya. Dan segala sesuatu tersubut ialah suatu fakta dan fakta tersebut selalu ada.

Fakta sendiri selalu ada tanpa tergantung kepada penanaman kita padanya. Dan seluruh fakta dapat untuk menjadi data jika mencatatnya baik itu secara tertullis atau juga direkam serta dalam bentuk pengabadian yang lainnya.

Dan karena itulah fakta adalah sebuah bahan baku di dalam sebuah penelitian ilmiah. Meski begitu fakta saja tidak akan mempunyai arti jika kita tidak mencatatnya, dikelolodan serta dianalisis secara baik. Jika data sudah diolah dan juga diinterpretasikan, maka data tersebut akan berubah menjadi suatu informasi.

Baca Juga:  √ 14 Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Pengertian Data Menurut Para Ahli

Selain dari penjelasan sudah diberikan, ada lagi penjelasan yang akan diberikan mengenai pengertian data berdasarkan para ahli, untuk bisa mengetahui penjelasan beriutnya mari kita simak penjelasan dibwah ini.

Zulkifli A.M

Data adalah sebuah keterangan, bukti ataupun fakta mengenai sebuah kenyataan yang masih mentah (priginal) dan juga belum diolah.

Selamet Riyadi

Beliaua menjelaskan bahwa data merupakan kumpulan sebuah informasi yang diperoleh dari sebuah pengamatan dimana data berupa angka-angka atau juga lambang.

Arikunto

Menurut beliau data adalah seluruh fakta dan juga angka-angka yang bisa dijadikan sebuah bahan untuk menyusun suatu informasi.

Haer Thalib

Data ialah sekumpulan fakta yang tidak lain ialah suatu kejadian ataupun kenyataan.

Wahyu Supriyanto dan Ahmad Muhsin

Data ialah bahan baku dari sebuah informasi ataupun simbol yang mewakili kuantitas, fakta, tindakan, benda dan yang lainnya.

Kristanto

Data ialah sebuah fakta mengenai objek yang bisa mengurangi derajat ketidak pastian mengenai sebuah keadaan atau juga kejadian.

Gordon B. Davis

Data ialah bahan mentah bagi informasi, yang juga dirumuskan sebagai kelompok lambang-lambang tidak acak yang juga menunjukkan jumlah-jumlah, tindakan-tindakan, hal-hal, dan lain sebagainya. Data-data dibentuk dari sebuah lambang grafis, yaitu sepert *, $, & ~. Data-data bisa disusun untuk mengolah tujuan-tujuan menjadi sebuah susunan data, susunan kearsipan, dan juga pusat data ataupun landasan data.

Lia Kuswayatno

Yang menjelaskan data ialah sebagai sebuah kejadian yang benar-benar terjadi di dalam kehidupan nyata.

12 Pengertian Data Menurut Para Ahli Terlengkap
12 Pengertian Data Menurut Para Ahli Terlengkap

The Liang Gie

Data adalah sebuah hal, peristiwa ataupun kenyataan yang lainnya apapun yang mengandung sebuah pengetahuan untuk dapat dijadikan dasar dalam penyusunan keterangan, pembuatan kesimpulan ataupun penerapan keputusan. Data merupakan bahan mentah yang melalui sebuah pengolahan tertentu dan kemudian menjadi keterangan (informasi).

Baca Juga:  √ Sejarah Drama Dan Jenis-Jenis Drama (Pembahasan Terlengkap)

Wikipedia

Data ialah sebuah catatan atas sekumpulan fakta. Data ialah bentuk jamak dari datum, yang bersal dari bahasa latin yang berartikan “sesuatu yang diberikan”. Di dalam penggunaan sehari-hari dara ialah sebuah pernyataan yang diterima secara apa adanya. Pernyataan ini ialah hasil dari pengukuran ataupun pengamatan sebuah variabel yang bentuknya bisa berupa angka, kata-kata, ataupun citra.

Anhar

Menurut beliau data ialah kenyataan yang menggambarkan sebuah kejadian dan juga merupakan kesatuan nyata yang nantinya akan digunakan sebagai sebuah bahan dasar sebuah informasi.

Nuzulla Agustina

Data ialah keterangan tentang sesuatu hal yang telah sering terjadi dan juga berupa himpunan fakta, angka, grafik, tabel, gambar, lambang, kata, huruf-huruf yang menyatakan sesuatu pemikiran, objek, serta sebuah kondisi dan juga situasi.

Sekian penjelasan yang dapat berikan mengenai 12 Pengertian Data Menurut Para Ahli Pembahasan Terlengkap, data adalah sebuah bahan mentah yang akan diolah untuk menjadi sebuah informasi, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca agar mendapatkan sebuah informasi dan menambah wawasan untuk para pembaca, terimakasih 🙂