√ 12 Pengertian Gizi Menurut Para Ahli Dan Manfaat Gizi

Posted on

12 Pengertian Gizi Menurut Para Ahli Dan Manfaat Gizi – Manusia adalah makhluk hidup yang hidup di bumi ini dan memiliki organ yang banyak terdapat di dalam tubuhnya. Banyak sekali organ yang ada di dalamnya sehingga butuh pemeliharaan yang tepat.

Dalam pemeliharaan tersebut haruslah benar dan tidak asal dalam menjaganya agar tubuh menjadi sehat dan dapat berkerja dengan baik. Pekerjaan organ yang baik akan mempengaruhi banyak kegiatan kita.

12 Pengertian Gizi Menurut Para Ahli Dan Manfaat Gizi

Gizi adalah salah satu hal yang dapat membantu dalam menjaga tubuh kita. Untuk dapat mengerti tentang pengertian gizi dan manfaat gizi akan di jelaskan sebgai berikut.

Pengertian Gizi

Gizi adalah suatu subtansi organic yang sangat di butuhkan oleh tubuh guna untuk memelihara fungsi tubuh secara normal seperti system tubuh, daya tahan tubuh dari serangan virus atau bakteri dan berperan dalam proses pertumbuhan.

Kata gizi berasal dari bahasa arab yaitu giza yang berarti zat makanan. Di dalam bahasa inggris di sebut dengan nutrisi yang memiliki arti bahan makanan atau berupa zat gizi dan dapat di artikan pul sebagai ilmu gizi.

Baca Juga:  √ Ciri Khusus Hewan Dan Tumbuhan, Fungsi Dan Contohnya

Pengertian Gizi Menurut Para Ahli

Gizi memiliki banyak sekali pengertian yang berbeda di beberapa ahli. Penjelasan gizi berbeda tetapi ada satu persamaan utamanya di setiap pengertian. Berikut adalah pengertian gizi menurut para ahli:

WHO

Ilmu gizi adalah ilmu yang di dalamnya mempelajari tentang proses-proses yang terjadi pada organisme hidup. Dalam proses tersebut mencangkup dalam pengambilan dan juga pengolahan antara zat padat dengan zat cair dari makanan yang di peroleh untuk dapat mempertahannkan kehidupannya, pertumbuhan, juga fungsi organ tubuh dan sebagai sumber penghasil energy.

Tuti Sunardi

Gizi adalah sesuatu yang mempengaruhi dalam proses perubahan dari segala jenis makanan yang berada di dalam tubuh yang masuk dengan cara memakannya sehingga berguna bagi kehidupan kita.

Chairinniza K. Graha

Gizi adalah suatu unsur yang berada di dalam suatu makanan, yang unsur tersebut dapat memberikan manfaat bagi tubuh apa bila kita memakannya atau mengkonsumsinya menjadi lebih sehat.

Harry Oxorn & William R. Forte

Gizi memiliki arti luas tidak hanya membahas tentang jenis makanan dan gunanya bagi badan kita tetapi juga tentang bagaimana cara memeperoleh dan mengolah serta mempertimbangkannya agar kita semua dapat menjadi sehat.

Nirmala Devi

Gizi adalah suatu subtansi yang di dapat dari berbagai makanan dan dapat di gunakan untuk membantu proses pertumbuhan, perbaikan, dan pemeliharan jaringan tubuh.

Ida Purnomowati, Diana H, Cahyo S

Gizi adalah berupa zat yang di butuhkan oleh tubuh untuk dapat membantu dalam proses pertumbuhan , memperbaiki dan mempertahankan jaringan yang ada di dalam tubuh kita, mengatur proses yang ada di dalam tubuh, dan dapat menyediakan energy yang berguna untuk fungsi tubuh, dan juga dapat di artikan dengan komponen untuk dapat membangun tubuh Manusia.

Baca Juga:  Pengertian Sains Beserta Tujuan Dan Contohnya Lengkap
12 Pengertian Gizi Menurut Para Ahli Dan Manfaat Gizi Terlengkap
12 Pengertian Gizi Menurut Para Ahli Dan Manfaat Gizi Terlengkap

Lioni Ellis H

Gizi adalah berupa komponen penting yang sangat penting dan sangat di perlukan oleh tubuh agar dapat tumbuh dan berkembang

Asep Kurnia Nenggala

Gizi adalah suatu zat hara yang berada di dalam makanan dan memiliki nilai yang di perlukan oleh makhluk hidup untuk dapat hidup dan dapat bertumbuh, kegiatan, dan pemelihara kehidupannya.

Joyce James, Colin Baker, Helen Swain

Gizi adalah berupa konponen kimia yang berada di dalam makanan yang dapat di gunakan oleh tubuh sebagai sumber energi dan berguna untuk membantu proses pertumbuhan, perbaikan, serta membantu dalam perawatan sel-sel tubuh.

I Dewa Nyoman Suparisa dkk

Gizi adalah proses organisme yang memproses makanan yang di konsumsi dengan cara normal dengan melalui proses degesti, absorpsi, dan juga transportasi. Dalam penyimpanan, metabolism dan dalam pengeluaran zat yang tidak berguna bagi tubuh yang di anggap tidak berguna dalam mempertahankan kehidupan, pertumbuhan, dan juga fungsi normal organ yang ada di dalam tubuh serta menghasilakan energi.

Sunita Almatser

Gizi adalah yang di berikan adalah fungsi utama dari karbohidrat sebagai penyedia energy tubuh. Karbohidrat yang masuk berupa sumber energi utama bagi seluruh penduduk dunia. Karbohidrat banyak sekali macamnya seperti padi-padian, umbi-umbian, gula, dan masih banyak lagi yang lain.

I.K.G. Suandi, SpA

Gizi adalah bagian dari proses kehidupan dan juga proses tumbuh kembang anak. Sehingga pemilihan dalam kebutuhan gizi haruslah secara akurat agar dapat membantu dalam menentukan kualitas tumbuh kembang, dan menjadi sumber daya Manusia di masa yang akan datang.

Manfaat Gizi

Gizi memiliki manfaat yang beragam bagi tubuh Manusia secara normalnya dengan melalui proses konsumsi dengan tahapan pencernaan, penyerapan, transportasi, penyimpanan, dan juga metabolism serta mengeluarkan zat gizi yang terkandung di dalamnya untuk dapat mempertahankan kehidupannya.

Baca Juga:  √ 12 Pengertian Presipitasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Fungsi Gizi

Fungsi dari gizi adalah sebagai penghasil tenaga dan dapat menjaga kesehatan tubuh karena menjaga semua organ tubuh.

Sekianlah penjelasan mengenai 12 Pengertian Gizi Menurut Para Ahli Dan Manfaat Gizi yang di jelaskan oleh pustakaindo. Dengan adanya gizi kita dapat menjadi sehat dan bugar tetapi haruslah gizi yang seimbang bila tidak akan menjadi suatu masalah yang lain kembali jika berlebihan gizi yang di konsumsinya. Terimakasih 🙂