√ 14 Pengertian Informasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Posted on

14 Pengertian Informasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) – Untuk pembahasan kali ini pasarpengetahuan akan menjelaskan tentang informasi. Tentu semua sudah tidak asing ketika mendengar kata informasi, karena informasi adalah sustu hal yang penting bagi setiap orang yang akan mengambil sebuah keputusan atau juga mengetahui sebuah hal yang menurutnya sangatlah penting.

Namun apakah kita sudah mengetahui apa sebenarnya arti dari informa itu sendiri? Jadi untuk yang belum mengetahui ataupun yang ingin mencari tahu mengenai informasi harus membaca dan menyimak penjelasan yang akan diberikan pada artikel ini.

14 Pengertian Informasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Sehingga para pembaca akan mengetahui pengertian informasi dengan baik dan jelas. Untuk itu mari langsung saja kita mulai sebuah pembahasan yang akan dijelaskan artikel berikut ini.

Pengertian Informasi

Informasi yang berasal bahasa perancis kuno yaitu ialah informacion (1387) yang mengambil dari istilah bahasa latin yaitu ialah informationem yang artinya ialah “konsep, ide ataupun garis besar”. Informasi juga adalah sebuah kata benda dari kata informare yang mempunyai sebuah arti aktifitas, dan aktifitas yang dimaksud disini ialah arti dari sebuah pengetahuan yang dikomunikasikan.

Namunselain dari pengertian informasi yang sudah dijelaskan,ada pula pengertian informasi yang lainnya yaitu informasi merupakan sebuah data yang diolah agar menjadi bentuk yang berguna untuk dapat membuat sebuah keputusan.

Baca Juga:  √ 5 Pengertian E-Government Menurut Para Ahli Dan Manfaatnya

Informasi sendiri berguna bagi pembuatan keputusan di karenakan sebuah informasi menurunkan ketidakpastian agar meningkatkan pengetahuan sebuah informasi menjadi penting.

Karena dengan berdasarkan sebuah informasi tersebut para pengelola bisa mengetahui sebuah kondisi obyektif dari perusahaannya. Dan informasi itu sendiri adalah sebuah hasil pengolahan data atau juga fakta yang dikumpulkan dengan sebuah metode atau juga dengan menggunakan cara-cara tertentu.

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

Berdasarkan penjelasan yang telah diberikan mengenai pengertian informasi secara umum, dan kini akan kembali dijelaskan mengenai pengertian informasi yang berdasarkan dari para ahli yang akan dijelaskan sebagai berikut.

Azhar Susanto

Beliau menerangkan di dalam sebuah bukunya Sistem Informasi Akuntansi, yang menyatakan bahwa informasi ialah hasil kecil dari pengolahan data yang memberikan sebuah arti dan manfaat tertentu.

Abdul Kadir, McFadden dkk

Bahwa mereka mendefinisikan informasi sebagai sebuah data yang sudah diproses sedemikian rupa sehingga mampu meningkatkan sebuah pengetahuan seseorang yang menggunakan data tersebut.

George R. Terry

Yang menjelaskan informasi sebagai sebuah data yang terpenting untuk memberikan pengetahuan yang bermanfaat.

Burch dan Strater

Beliau menjelaskan bahwa informasi ialah proses pengumpulan ataupun pengolahan data agar memberikan suatu pengetahuan atau juga keterangan.

Lani Sidharta

Beliau mendefinisikan informasi ialah sebagai data yang diberikan di dalam bentuk yang lebih berguna untuk membuat suatu keputusan.

Jogianto

Di dalam bukunya yang berjudul Analisis dan Desain Sistem Informasi, beliau mengemukakan informasi sebagai data yang kemudian diolah menjadi sebuah bentuk yang lebih bermanfaat untuk yang menerima informasi.

14 Pengertian Informasi Menurut Para Ahli Terlengkap
14 Pengertian Informasi Menurut Para Ahli Terlengkap

George H. Bodnar

Informasi ialah data yang diolah dengan sedemikian rupa, sehingga dapat untuk dijadikan dasar di dalam mengambil sebuah keputusan yang tepat dan juga benar.

Anton M. Meliono

Informasi ialah sebuah data yang telah diproses untuk sebuah tujuan tertentu. Dimana tujuannya adalah supaya menghasilkan sebuah keputusan.

Baca Juga:  √ 17 Pengertian Analisis Sistem Menurut Para Ahli Terlengkap

Gordon B. Davis

Informasi ialah sebuah data yang telah dikerucutkan menjadi sebuah bentuk yang sangat berarti untuk si penerima informasi dan juga berguna di dalam pengambilan keputusan.

Tata Sutabri

Beliau menjelaskan bahwa informasi merupakan data yang diolah ataipun diinterpretasikan untuk pengambilan sebuah keputusan.

Raymond Mc.leod

Yang menjelaskan informasi sebagai sebuah data yang diolah menjadi bentuk yang mempunyai arti penting untuk penerimanya dan juga berguna bagi pengambilan keputusan, baik saat itu juga ataupun di masa yang akan datang.

Jogiyanto HM.,

Beliau menyatakan informasi sebagai sebuah hasil dari pengolahan data kedalam sebuah bentukyang lebih bermakna dan juga bermanfaat bagi penerimanya serta menggambarkan sebuah peristiwa – kejadian (event) yang real (fact) yang digunakan bagi pengambilan keputusan.

Kenneth C. Laudon

Informasi ialah data yang telah dibentuk ke dalam sebuah formulir bentuk yang bisa bermanfaat dan juga bisa digunakan untuk manusia.

Robert G. Murdick

Informasi terdiri atas sebuah data yang sudah didapatkan , diolah ataupun diproses, atau juga sebaliknya yang digunakan untuk sebuah tujuan penjelasan atau penerangan, uraian, dan juga sebagai sebuah dasar untuk pembentukan ramalan ataupun pembuatan keputusan.

Sekian penjelasan yang bisa untuk berikan kepada para pembaca tentang 14 Pengertian Informasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap), semoga dengan membaca artikel ini bisa memberikan sebuah wawasan dan juga menambah ilmu pungetahuan bagi para pembaca, terimakasih. 🙂