√ 15 Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

15 Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli Lengkap – Saat ini banyak sekali seseorang yang berminat untuk terjun kedunia politik, hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya seseorang yang mencalonkan dirinya menjadi calon anggota dewan dan maka dengan begitu secara garis besar mereka memilih untuk terjun kedunia politik.

Banyak sekali seseorang yang mensosialisasikan politik kepada warga masyarakat disekitarnya. Namun tak sedikit yang mengetahui arti sebenarnya dari sosialisasi politik itu sendiri.

15 Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli Lengkap

Maka dari itu pada pembahasan kali ini akan kami jelaskan mengenai pengertian dari sosialisasi politik menurut para ahli.

Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli

Para ahli memberikan pendapatnya satu per satu mengenai apa itu sosialisasi politik diantaranya:

Richard E. Dawson

Definisi dari Sosialisasi Politik menurut Richard E. Dawson adalah merupakan suatu warisan yang artinya disini didalam bentuk suatu pengetahuan, nilai-nilai, pandangan seseorang, dan juga sarana politik yang diberikan kepada seseorang masyarakat dan warga negara yang baru atau bisa dikatakan bagi mereka yang telah berusia dewasa.

Danias Kavanagh

Menurutnya Sosialisasi Politik merupakan suatu proses yang dimana seseorang mulai belajar untuk menumbuhkan suatu pandangan politik didalam hidupnya.

Baca Juga:  √ Pengertian Asimilasi, Faktor dan Penghalangnya (Lengkap)
15 Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli Lengkap
15 Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli Lengkap

Hynam

Menurut Hynam Definisi dari Sosialisasi Politik adalah bentuk proses dimana seseorang belajar secara langsung dan terus menerus dengan melibatkan emosional yang ada didirinya (emotional learnimg) dan indoktrinasi politik yang manifes. Proses belajar ini didasarkan pada suatu partisipasi dan pengalaman individu yang sudah menjalani prooses belajar tersebut.

Kenneth P. Langton

Definisi dari sosialisasi poitik menurutnya adalah suatu cara atau proses yang dilakukan oleh masyarakat untuk meneruskan suatu budaya politik yang ada didalam lingkungan yang dimilikinya.

David F. Aberlee

Arti dari Sosialisasi Politik Menurut David F. Aberlee adalah sebuah pola yang menunjukan aksi sosialnya atau segala aspek dari tingkah lakunya yang dimana dalam pola ini ditanamkan kepada suatu individu baik untuk keterampilan, ilmu pengetahuan,  motiif dan atau sikap yang perlu ditampilkan secara terus menerus atau berkelanjutan didalam kehidupan manusia sejauh peranan penting yang baru masih juga harus dipelajari.

Miriam Budiarjo

Menurut Miriam Budiarjo Sosialisasi Politik adalah suatu sarana bagi sebuah partai politik untuk mengenalkan nilai dan norma yang dianut oleh partai politik tersebut secara langsung dan berkesinambungan, agar nilai dan norma yang dianut tersebut terus dikenal dan dianut oleh setiap generasi yang akan datang.

Ramlan Surbakti

Menurut Ramlan Surbakti definisi dari Sosialisasi Politik merupakan suatu proses dari pembentukan sikap dan orientasi politik bagi para anggota masyarakat. Melalui proses sosialisasi politik inilah para masyarakat dapat memperoleh sikap dan orientasi terhadap kehidupan suatu politik yang dapat berlangsung didalam lingkungan masyarakat.

Alfian

Menurut Alfian Sosialisasi Politik merupakan suatu proses yang dimana sebuah anggota masyarakat mengenal, memahami, dan menghayati suatu nilai-nilai politik tertentu yang oleh karena itu dapat mempengaruhi sikap dan juga tingkah laku politik sehari-hari dalam kegidupannya.

Baca Juga:  √ 6 Pengertian Suku Bangsa Menurut Para Ahli dan Contohnya

M. Natsir

Menurut M. Natsir Sosialisasi Politik merupakan suatu proses yang lebih ditekankan kepada aspek pembinaan warga negara  untuk menuju ke arah kehidupan dan cara berfikir yang sesuai dengan pola ditentukan oleh partai politik tertentu.

Kweit

Definisi Sosialisasi Politik menurut Kweit adalah suatu proses yang dimulai melalui individu dalam upaya belajar danmemahami tentang dunia politik.

Irvin L. Child

Menurutnya Sosialisasi Politik merupakan segenap proses yang ditempuh oleh suatuu individu yang dilahirkan dari berbagai macam potensi, tingkah laku dan selain itu individu juga dituntut untuk dapat mengembangkan tingkah lakunya secara nyata sehingga menjadi kebiasaan dan dapat diterima berdasarkan suatu standar kelompok yang telah ditetapkan.

David Easton dan Jack Dennis

Menurut David Easton dan Jack Dennis Sosialisasi Politik adalah suatu proses perkembangan diri seseorang unuk dapat mendapatkan orientasi-orientasi politik dan juga pola tingkkah laku politik yang baik dan benar.

S.N Eisentadt

Menurut S.N Eistentadt Sosialisasi Politik adalah suatu komunikasi yang dilakukan dan dipelajari oleh seorang manusia. Komunikasi ini dapat terjadi jika dilakukan oleh manusia satu kepada manusia yang lainnya dan berlangsung secara bertahap dan membentuk hubungan antara relasi secara umum.

Michael Rush dan Philip Althof

Definisi Sosialisasi Politik menurutnya adalah sebuah proses dimana didalamnya memperkenalkan bagaimana sistem politik pada seseorang. Tidak hanya memperkenalkan saja tetapi juga bagaimana cara orang tersebut bisa menentukan tanggapan serta reaksinya terhada suatu gejala politik yang ada disekitarnya.

Rihard E. Dawson (1992)

Definisi sosialisasi politik menurut ia adalah sebuah warisan pengetahuan, nilai dan juga pandangan politik dari orang tua, guru, dan juga sarana sosialisasi lainnya kepada warga negara yang baru dan mereka yang menginjak dewasa.

Baca Juga:  √ 20 Pengertian Epidemiologi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Demikian tadi penjelasan mengenai 15 Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli Lengkap Semoga dapat membantu dan menambah waawasan juga pengetahuan anda. Jangan lupa baca artikel lainnya terimakasih 🙂