√ 16 Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Posted on

16 Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) – untuk pembahasan artikel kali ini kita akan membahas mengenai masyarakat. Sebgai manusia sudah tentu kita harus hidup secara bermasyarakat. Sebab manusia ialah makhluk sosial dan sudah semestinya untuk hidup dengan saling berdampingan.

Manusia juga harushidup secara rukun dengan berdampingan, bertetangga, dan juga berkeluarga. Supaya hidup kita tidak merasa secara individual, seperti yang sudah sering kita lihat saat ini banyak sekali manusia yang tidak perduli dengan manusia yang ada dilingkungan ketika kesusahan karena sudah merasa hidup secara individual.

16 Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Tetapi pada hakikatnya manusia tidak akan mampu hidup sendiri tanpa orang lain yang membantunya, dikarenakan setiap manusia pasti saling membutuhkan satu sama lainnya. Jadi manusia memang harus hidup bermasyarakat, tetapi apakah kita sudah mengetahui arti dari masyarakat? Untuk itu lah kita akan membahasnya di artikel kali ini, untuk itu mari kita simak penjelasan yang akan diberikan dibawah ini.

Pengertian Masyarakat

Secara umum masyarakat ialah sekumpulan dari individu yang hidup secara bersama. Sedangkan masyarakat yang berasal dari bahasa arap yaitu “Syaraka” yang mempunyai arti ikut serta atau berpartisipasi. Sedangkan di dalam bahasa inggris sendiri masyarakat juga disebut dengan “Society” yang mempunyai pengetian sebagai interaksi sosial, perubahan sosial dan juga kebersamaan.

Baca Juga:  √ 6 Pengertian Suku Bangsa Menurut Para Ahli dan Contohnya

Tetapi selain pengertina yang sudah dijelaskan secara umum ada juga pengertian yang berdasarkan para ahli yang akan dijelaskan berikut ini.

Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli

Seperti yang sudah dijelaskan diatas mengenai pengertian dari masyarakat, namun selain dari pengertian masyarakat secara umum ada juga pengertian masyrakat berdasarkan para ahli, nah untuk dapat mengetahui apa saja pengertian dari para ahli mari kita lanjutkan dibawah ini.

Marion Levy

Menurut beliau ada empat kriteria yang harus ada supaya suatu kelompok dapat disebut masyarakat, ialah sebagai berikut.

  1. Kemampuan bertahan yang mana melebihi dari masa hidup seorang anggotanya.
  2. Perekrutan seluruh atau juga sebagian anggotanya melalui reproduksi ataupun kelahiran.
  3. Adanya sebuah sisttem tindakan utama yang bersifat swasembada.
  4. Kesetiaan terhadap sebuah sistem tindakan utama secara bersama-sama.

Soerjono Soekanto

Manusia yang hidup secara bersama, dan sekruang-kurangnya terdiri atas dua orang.

Bercampur ataupun bergaul di dalam jangka waktu yang cukup lama. Berkumpulnya manusia akan dapat menimbulkan manusia baru. Sebagai sebuah akibat dari hidup bersama, timbul sebuah sistem komunikasi dan juga peraturan yang mengatur hubungan diantara manusia.

Sadar bahwa mereka adalah satu kesatuan

Merupakan sebuah sistem hidup bersama. Sistem kehidupan bersama yang menimbulkan kebudayaan dikarenakan mereka merasa dirinya terkait  dari satu sama lainnya.

Emile Durkheim

Masyarakat ialah suatu kenyataan objektif dari individu-individu yang merupakan sebuah anggotanya.

Talcott Parsons

Yang menambahka kriteria yang kelima dari pendapat Marion Levy yakni melakukan sosialisasi terhadap generasi berikutnya.

Paul B. Horton

Masyarakat ialah sekumpulan dari manusia yang relatif mandiri dengan hidup bersama di dalam jangka waktu yang cukup lama, mendiami suatu wilayah tertentu dan mempunyai kebudayaan yang sama, dan juga sebagian besar kegiatan di dalam kelompok itu.

Baca Juga:  √ Pengertian Kontravensi, Bentuk Dan Tipe Kontravensi Lengkap

Max Weber

Masyarakat ialah suatu struktur ataupun aksi yang pada pokony ditentukan juga oleh harapan dan juga nilai-nilai yang dominan kepada warganya sendiri.

M. J. Herkovits

Masyarakatialah sekelompok individu yang diorganisasikan dan juga mengikuti sebuah cara hidup tertentu.

Selo Soemardjan

Masyarakat ialah orang-orang yang hidup bersama dan juga menghasilkan kebudayaan.

16 Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli Terlengkap
16 Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli Terlengkap

J. L. Gillin dan J. P. Gillin

Masyarakat ialah kelompok yang tersebar dengan sebuah perasaan yang sama.

Karl Marx

Masyarakat ialah sebuah struktur yang mengalami ketegangan organisasi atau juga perkembangan dikarenakan adanya pertentangan diantara kelompok-kelompok yang terpecah secara ekonomi.

Linton

Masyarakat ialah sekelompok manusia yang sudah cukup lama hidup dan juga bekerja sama sehingga bisa terbentuk organisasi yang mengatur setiap individunya di dalam masyarakat tersebut dan juga membuat setiap individu dalam masyarakat bisa mengatur diri sendiri dan juga berpikir mengenai dirinya sebagai satu kesatuan dengan sebuah batasan tertentu.

An-Nabhabi

Masyarakat ialah sekelompok individu seperti manusia yang mempunyai pemikiran dan perasaan, dan juga sistem atau aturan yang sama, dan terjadi interaksi diantara sesama dikarenakan kesamaan tersebut untuk sebuah kebaikan masyarakat itusendiri dan juga warga masyarakat.

S.r. Steinmentz

Masyarakat yang didefinisikan sebagai kelompok manusia yang terbesar yang meliputi sebuah pengelompokan-pengelompokan manusia yang lebih kecil dan juga memiliki hubungan yang erat dan juga teratur.

M. J. Heskovits

Masyarakat ialah sebuah kelompok individu yang mengatur, dan juga mengorganisasikan, serta mengikuti sebuah cara hidup tertentu.

Richard T. Schaefer dan Robert P. Lamm (1998)

Masyarakat ialah sejumlah besar orang yang tinggal di dalam wilayah yang sama, dan relatuf independen dan juga orang-orang di luar wilayah tersebut, serta mempunyai budara yang relatif sama.

John J. Macionis (1997)

Masyarakat ialah orang-orang yang berinteraksi di dalam sebuah wilayah tertentu dan juga mempunyai budaya bersama.

Baca Juga:  √ 26 Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli ( Terlengkap )

Sekian penjelasan yang bia diberikan mengenai 16 Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap), masyarakat ialah sekelompok individu yang harus berinteraksi di dalam sebuah wilayah dengan individu yang lainya, jadi sebagai makluk hidup atau manusia kita harus berinteraksi dengan lingkungan sekitar karena setiap manusia mempunyai ketergantungan dengan manusia yang lainnya untuk saling melengkapi semoga bermanfaat, terimakasih 🙂