√ 19 Pengertian Belajar Menurut Para Ahli (Bahas Terlengkap)

Posted on

19 Pengertian Belajar Menurut Para Ahli (Bahas Terlengkap) – Pada pembahasan kali ini kita akan mulai membahas mengenai belajar. Sudah tentu tidak asing bagi kita mendengar istilah belajar, karena sudah sejak kecil bahkan sejak masih balita kita diajarkan berjalan dan juga membaca oleh kedua orang tua kita.

Hingga sekolah dari taman kanak-kana hingga keperguruan tinggi kita masih harus belajar, tentu belajar tidak hanya dari bangku pendidikan melainkan bisa dari segi apa saja. Namun sudahkah kita mengetahui arti yang sebenarnya dari belajar?

19 Pengertian Belajar Menurut Para Ahli (Bahas Terlengkap)

Untuk itulah disini kami akan mengulas dan menjelaskannya sehingga para pembaca bisa mengerti arti dari belajar yang sesungguhnya. Dan langsung saja kita mulai pembahasan serta penjelasan yang diberikan berikut ini.

Pengertian Belajar

Belajar ialah sebuah kegiatan yang berproses dan juga merupakan unsur yang juga sangat fndamental di dalam setiap jenjang pendidikan. Di dalam keseluruhan dari proses pendidikan, kegiatan belajar adalah sebuah kegiatan yang paling pokok dan juga penting di dalam keseluruhan pada proses pendidikan.

Dan pengertian belajar yang lainnya ialah proses atau juga usaha yang dilakukan pada setiap individu agar memperoleh sebuah perubahan tingkah laku di dalam bentuk pengetahuan, keterampilan atau  juga sikap serta nilai yang positif sebagai pengalaman untuk bisa mendapatkan kesan dari bahan yang sudah dipelajari.

Baca Juga:  √ Fungsi Huruf Kapital dan Contoh Huruf Kapital (Terlengkap)

Kegiatn belajar itu sendiri yang dilakukan di sekolah, rumah,dan juga tempat yang lainnya misalkan seperti museum, laboratorium, hutan dan juga masih banyak yang lainnya.

Belajar merupakan sebuah tindakan dan juga perilaku siswa yang kompleks. Yang mana merupakan sebuah tindakan belajar yang hanya dialami oleh siswa sendiri serta akan menjadi penentu terjadinya atau juga tidak terjadinya sebuah proses.

Pengertian Belajar Menurut Para Ahli

Selain dari penjelasan secara umum mengenai pengertian belajar, kita juga akan membahas mengenai pengertian belajar berdasarkan para ahli yang akan dijelaskan sebagai berikut.

KBBI

Belajar adalah berusaha memperoleh kepandaian ataupun ilmu.

Wikipedia

Belajar ialah perubahan yang relatif permanen di dalam perilaku atau juga potensi perilaku sebagai sebuah hasil dari pengalaman atau juga pelatihan yang diperkuat. Belajar merupakan sebuah akibat adanya sebuah interaksi diantara stimulasi dan juga respon. Seseorang dianggap sudah belajar sesuatu jika dia sudah bisa menunjukan perubahan perilakunya.

19 Pengertian Belajar Menurut Para Ahli Terlengkap
19 Pengertian Belajar Menurut Para Ahli Terlengkap

Dimyati dan Mudjiono (2006)

Belajar adalah sebuah proses internal yang kompleks. Yang terlibat di dalam proses internal tersebut diantaranya yang meliputi unsur afektif (berkaitan dengan sebuah sikap, nilai-nilai, ketertarikan, apresiasi, dan juga penyesuaian perasaan sosial).

Abdillah (2002)

Beliau mengatakan bahwa belajar sebagai suatu usaha dasar yang dilakukan oleh setiap individu di dalam perubahan tingkah laku, baik melalui latihan atau juga pengalaman yang menyangkut aspek-aspek kognitif, afektif dan juga psikomotorik agar memperoleh tujuan tertentu.

Muhibbin

Beliau menyatakan belajar ialah sebuah kegiatan yang berrposes dan juga merupakan sebuah unsur yang sangat fundamental di dalam penyelenggaraan pada setiap jenis dan juga jenjang pendidikan.

Slameto (2003)

Beliau menjelaskan bahwa belajar ialah sebuah proses usaha yang dilakukan seseorang agar memperoleh perubahan tingkah laku yang baru dengan secara menyeluruh, sebagi sebuah hasil dari pengalamannya sendiri di dalam berinteraksi dengan lingkungannya.

Baca Juga:  √ Pengertian Kalimat Efektif, Ciri Kalimat Efektif & Contoh

Sudjana (2010)

Yang menyatakan bahwa belajar merupakan sebuah proses yang ditandai dengan adanya sebuah perubahan pada diri seseorang. Dan adapun perubahan hasil proses belajar bisa ditunjukan di dlaam berbagai bentuk mialkan seperti penemabahan pengetahuan, pemahaman, sikap dan juga tingkah laku, kecakapan, kebiasaan dan perubahan aspek-aspek yang lainnya yang ada pada individu-individu yang belajar.

Djamarah (2002)

Beliau mendefinisikan bahwa belajar ialah perubahan yang relatif menetap di dalam potensi dari tingkah laku yang terjadi sebagai akibat dari laithan dengan penguatan yang tidak termasuk perubahan-perubahan dikarenakan kematangan, kelelahan dan juga kerasukan kepada susunan syaraf atau juga dengan kata lain mengetahui serta memahami sesuatu sehingga terjadi sebuah perubahan di dalam diri seseorang yang belajar.

Ernest R. Hilgard (2001)

Beliau menjelaskan bahwa belajar ialah suatu proses perubahan yang dilakukan dengan sengaja, yang bisa menimbulkan perubahan dan juga keadaannya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan oleh hal yang lainnya.

Lisnawaty Simanjuntak (1998)

Beliau berpendapat bahwa belajar ialah perubahan yang relatif menetap di dalam potensi tingkah laku yang terjadi sebagai akibat dari sebuah latihan dengan penguatan yang tidak termasuk perubahan-perubahan dikarenakan kematangan dan juga kerasukan pada sebuah susunan syaraf atau juga dengan kata lai mengaetahu serta memahami sesuatu sehingga terjadi sebuah perubahan di dalam diri seseorang yang belajar.

Winkel

Beliau mengemukakan bahwa kata belajar sebagai sebuah aktivitas mental atau juga psikis yang berlangsung di dalam interaksi dalam lingkungan, yang dapat menghasilkan perubahan-perubahan di dalam pengelolaan pemahaman.

Gagne (2007)

Yang mendifinisikan bahwa belajar ialah sebagai sebuah proses dimana perilaku suatu organisme berubah akibat adanya sebuah penglaman.

Morgan

Beliau mengemukakan belajar ialah sebagai salah satu yang relatif tetap dari tingkah laku sebagai sebuah akibat dari pengalaman.

Baca Juga:  √ Jenis Etika, Manfaat Dan Ciri-Cirinya (Pembahasan Lengkap)

Hilgrad dan Bower

Yang menyatakan bahwa belajar ialah sebuah cara memperoleh pengetahuan atau juga menguasai pengetahuan melalui pengalaman pribadi, mengingat, menguasai pengalaman dan juga pendapat ataupun menemukan informasi.

Gerow

Yang menyatakan bahwa belajar itu ditunjukan dengan sebuah perubahan yang relatif permanen di dalam perilaku yang terjadi sebagai hasil dari praktek atau juga pengalaman.

Vernon S. Gerlach dan Donald P. Ely

Beliau mengemukakan bahwa belajar ialah sebagai perubahan perilaku, sedangkan perilakuitu ialah tindakan yang bisa diamati. Dan dengan kata lain perilaku ialah sebuah tindakan yang bisa diamati atau juga hasil yang diakibatkan oleh tindakan ataupun beberapa tindakan yang bisa diamati.

James O. Whittaker (Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar; Rineka Cipta; 1999)

Belajar ialah sebuah proses dimana perilaku yang dihasilkan atau juga dimodifikasi melalui pelatihan atau juga pengalaman.

Cronchbach (Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar; Rineka Cipta; 1999)

Belajar ialah kegiatan yang ditunjukan oleh sebuah perubahan sebagai hasil dari pengalaman.

Howard L. Kingskey (Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar; Rineka Cipta; 1999)

Belajar ialah proses dimana perilaku disebabkan atau juga diubah melalui praktek ataupun latihan.

Sekian penjelasan yang bisa untuk diberikan mengenai 19 Pengertian Belajar Menurut Para Ahli (Bahas Terlengkap), belajar merupakan sebuah proses untuk perubahan perilaku ke arah yang lebih positif, semoga dengan membaca artikel ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca, terimakasih 🙂