√ 20 Pengertian Epidemiologi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Posted on

20 Pengertian Epidemiologi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) – Pada zaman sekarang banyak sekali penyakit-penyakit baru muncul dan yang lebih menyedihkan lagi penyakit itu adalah penyakit mematikan yang sampai sekarang belum ada obatnya.

Banyak penelitian dilakukan untuk mencari penyebab dan juga obatnya tetapi belum ada hasilnya sampai saat ini. Mungkin sebagaian dari kalian pernah mendengar istilah epidemiologi pada dunia kedokteran, epidemiologi ini merupakan suatu proses penelitian.

20 Pengertian Epidemiologi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Namun, mungkin kalian belum mengetahui secara detail apa itu epidemiologi sebenarnya. Maka dari itu disini kami akan coba menjelaskan pengertian epidemiologi menurut beberapa para ahli.

Pengertian Epidemiologi

Secara umum pengertian epidemiologi adalah suatu proses cornerstone penelitian pada kelompok masyarakat dan juga membantu menyebarkan sekaligus memberikan informasi mengenai kedokteran dengan berbasis eveidence based medicine untuk melakukan identifikasi faktor risiko penyakit dan menetapkan pendekatan dalam penanganan khusus secara optimal.

Pengertian Epidemiologi Menurut Para Ahli

Para ahli memberikan pengertian epidemiologinya menurut pemahamannya sebagai berikut:

Baca Juga:  √ 6 Pengertian Suku Bangsa Menurut Para Ahli dan Contohnya

Elizabeth Barret

Elizabeth Barret mengemukakan bahwa Epidemiology is Study of the distribution and causes of diseases.

Hirsch (1883)

Hirsch mengemukakan epidemiologi merupakan suatu gambaran proses kejadia penyebaran dari jenis – jenis penyakit pada seseorang yang pada saat tertentuu diberbagaii tempat didunia dan mengaitkan sesuatu dengan kondisi eksternal.

Robert H. Fletcher (1991)

Robert H. Fletcher menyimpulkan bahwa Epiidemiologi adalah suatu kedisiplinan riset yang membahas tentang suatu distribusi dan determinan sebuah penyakit dalam populasi.

Liliendfeld (1977)

Liliendfeld Mengemukakan pendapatnya bahwa epidemiologi adalah sebuah metode atau pemikiran seseorang tentang penyakit yang berkaitan dengan penilaian biologis yang berasal dari pengamatan suatu tingkat kesehatan populasi.

Moris (1964)

Moris menjelaskan bahwa epidemiologi merupakan suatu pengetahuan mengenai kesehatan dan sakitnya dari seorang penduduk ata masyarakat.

Leedy (1974)

Leedy mengemukakan sebuah epidemiologi adalah suatu pencairan yang sistematis terhadap kebenaran yang belum juga terungkap.

Last (1988)

Last menjelaskan bahwa menurutnya epidemiology is study of the distribution and determinants of health-related states or events in specified population and the application of this study of problems.

Barbara Valanis

Barbara Valanis mengemukakan epidemiology is term derived from the greek languang (epid = upon, demos = people, logos = science)

Abdel R. Omran (1974)

Abdel R. Omran mejelaskan bahwa epidemiologi adalah suatu ilmu atau pengetahuan tentang terjadinya distribusi kondisi kesehatan, penyakit dan juga perubahan yang dialami penduduk atau masyarakat begitu juga determinannya serta akibat-akibat yang terjadi pada suatu kelompok penduduk atau masyarakat.

Gart D. Friedman (1974)

Gart D. Friedman mengemukakan epidemiology is the study of disease occurance in human populations.

Anders Ahlbom and Staffan Norel (1989)

Anders Ahlbom and Staffan Norel menjelaskan bahwa suatu epidemiologi adalah sebuah ilmu pengetahuan dimana ilmu tersebut menjelaskan tentang suatu penyakit pada populasi manusia.

Baca Juga:  √ Pengertian Kontravensi, Bentuk Dan Tipe Kontravensi Lengkap

Wade Hampton Frost (1972)

Wade Hampton Frost menjelaskan bahwa epidemiologi adalah suatu pengetahuan seseorang tentang fenomena massal (Mass Phenomrn) sebuah penyakit infeksi ataupun yang sering disebut sebagai riwayat alamiah (Natural History) Penyakit Menular.

Brian Mac Mahon

Brian Mac Mahon mengemukakan pendapatnya Epydemiology is the study of the distribution and determinants of disease freguency in man (epidemiologi yaitu ilmu tentang suatu penyebaran dan penyebab dari sebuah frekuensi penyakit pada manusia).

Greenwood (1934)

Greenwood mengemukakan bahwa menurutnya epidemiologi adalah suatu proses dalam mempelajari tentang penyakit dan segala macam kejadian yang terjadi pada kelompok manusia atau masyarakat yang memiliki suatu kelebihan seperti adanya penekanan pada kelompok penduduk yang mengarah pada distribusi suatu penyakit.

Center Of Disease Control (2002)

Center Of Disease Control menjelaskan bahwa Epidemiologi adalah salah satu studi yang mempelajari tentang sebuah penyebaran dan determinan penyakitt sebuah masyarakat terhadap kesehatan masyarakat itu sendiri dan juga proses penerapannya sebagai pengendalian penanganan suatu masalah kesehatan. Menurutnya epidemiologi juga dapat dinamakan sebagai Riset.

WHO

WHO Mengemukakan bahwa epidemiologi adalah suatu ilmu yang didalamnya terdapat pembahasan tentang distribusi dan determinan kesehatan yang berhubungan dengan suatu kejadian yang terjadi di sebuah populasu dan aplikasi dari studi untuk proses pemecahan suatu masalah kesehatan pada kelompok penduduk atau masyarakat.

Aspek Akademik

Dimata Akademik, epidemiologi apat diartikan sebagai suatu tindakan analisa sebuah data kesehatan, sosial-ekonomi, dan juga trend yang terjadi pada kehidupan suatu kelompok penduduk untuk melakukan identifikasi dan interprestasi perubahan-perubahan kesehatan yang terjadi atau akan segera terjadi pada kelompok penduduk dan masyarakat umum atau pun penduduk tertentu.

Aspek Klik

Berdasarkan Aspek Klik, Epidemiologi dapat diartikan sebagai suatu usaha atau cara dimana cara ini dilakukan untuk mendeteksi secara dini mengenai suatu perubahan insidensi ataupun prevalensi yang dijalankan melalui sebuah penemuan klinis atau laboraturium tertentu yang pada awal mulanya muncul penyakit baru dan juga awal terjadinya epidemi.

Baca Juga:  √ 11 Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli (Terlengkap)

Aspek Praktis

Berdasarkan Aspek Praktis sebuah epidemiologi yaitu suatu upaya atau usaha yan dilakukan dan diarahkan pada suatu  usaha untul mencegah penyebaran penyakit yang menimpa suatu individu masyarakat, kelompok tertentu, dan masyarakat umum.

Aspek Administrasi

Pada pandangan Aspek Adminitrasi, epidemiologi dapat dijelaskan bahwa suatu cara untuk mengetahui sebuah kondisi masyarakat pada suatu wilayah atau negara supaya dapat memberikan suatu pekayanan kesehatan yang efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan masyarakat atau kelompok individu.

Demikian Penjelasan Mengenai 20 Pengertian Epidemiologi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap). Masyarakat di suatu negara akan mendapatkan layanan yang baik di negara tersebut dan akan membuat masyarakat menjadi nyaman. Terimakasih 🙂