√ 21 Pengertian HAM Menurut Para Ahli (Bahasan Lengkap)

Posted on

21 Pengertian HAM Menurut Para Ahli (Bahasan Lengkap) – Setiap individu memiliki pemikiran yang berbeda di setiap orangnya. Pemikiran tersebut tidaklah sama antara satu orang dengan orang yang lain dan memberi perbedaan yang khas.

Tingkah laku manusia itu sendiri pun berbeda-beda dan membuat para manusia memiliki kelakuan yang mencirikan dirinya tersebut. Setiap manusia memiliki haknya masing-masing. Hak tersebut melindungi keinginan yang mereka miliki.

21 Pengertian HAM Menurut Para Ahli (Bahasan Lengkap)

Sebenarnya apa pengertian hak tersebut akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian HAM

HAM atau Hak Asasi Manusia adalah suatu hak yang di miliki oleh setiap individu di muka bumi tanpa adanya perbedaan apapun itu. HAM telah ada di diri setiap manusia dari lahir hingga mereka mati kemudian harinya.

Pengertian HAM Menurut Para Ahli

Selain pengertian di atas ada beberapa pengertian HAM lainnya yang di berikan oleh para ahli di bidangnya. 21 pengertian HAM menurut para ahli akan di jelaskan sebagai berikut.

Kevin Boyle dan David Beetham

HAM adalah suatu hak yang dimiliki individu yang berasal dari berbagai macam kebutuhan serta kapasitas-kapasitas manusia.

Miriam Budiarjo

HAM adalah suatu hak yang di muliki oleh setiap orang yang telah di bawanya sejak lahir di dunia, hak tersebut bersifat universal karena di miliki tanpa adanya perbedaan budaya, kelamin, agama, suku, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  √ Ciri-Ciri Suku Bangsa Beserta Contoh Suku Bangsa Lengkap

Prof. Koentjoro Poerbopranoto

HAM adalah hak yang memiliki sifat asasi (mendasar). Hak yang di miliki pada setiap manusia berdasar dari kodratnya tidak dapat di pisahkan atau suci.

G.J Wolhos

HAM adalah sejumlah hak yang di miliki dan melekat hingga mengakar pada diri setiap manusia yang ada di dunia. Hak tersebut tidak dapat di hilangkan karena ketika hak seseorang di hilangkan akan sama dengan menghilangkan derajat manusia itu sendiri.

Oemar Seno Adji

HAM adalah suatu hak yang telah melekat pada setiap martabat yang di miliki manusia sebagai ciptaan Tuhan YME dan memiliki sifat tidak dapat di langgar oleh apapun dan siapapun.

Pengertian HAM menurut UU No 39 Tahun 1999

HAM adalah seperangkat hak yang melekat pada diri manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan YME. dimana hak tersebut merupakan anugerah yang wajib di dilindungi dan hargai oleh setiap manusia guna melindungi harkat serta martabat setiap manusia.

C. de Rover

HAM adalah hak hukum yang terdapat di diri manusia dan memiliki derajat yang sama antar miskin atau kaya, perempuan ataupun pria. Walau hak yang mereka dapatkan telah mereka langgar tetapi ham mereka tidak dapat untuk di hilangkan. Hak asasi dalam hokum telah terlindung dari aturan nasional agar semua dapat terpenuhi dan ham dapat di tegakkan, di lindungi dan juga di junjung tinggi.

Leah Kevin

HAM menurutnya memiliki dua makna dasar yakni pertama adalah hak tersebut bersifat hakiki dan tidak dapat terpisah dari manusia karena dia adalah manusia. Hak-hak tersebut adalah hak yang berasal dari suatu keberadaannya sebagai umat manusia. Kedua hak asasi adalah hak hokum yang di miliki baik internasional atau nasional.

21 Pengertian HAM Menurut Para Ahli Terlengkap
21 Pengertian HAM Menurut Para Ahli Terlengkap

Wikipedia

HAM adalah hak yang di miliki seseorang sejak dia dalam kandungan.

Baca Juga:  √ 26 Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli ( Terlengkap )

Komnas HAM

HAM telah mencakup segala bidang dalam kehidupan manusia baik itu politik, ekonomi, sipil, sosial dan kebudayaan. Semuanya tidak dapat terpisahkan, di pihak lain persoalan keamanan, kemiskinan dan yang lainnya tidak dapat di gunakan untuk melakukan pelanggaran ham, kebeasan politik dan juga social masyarakat. HAM adalah bentuk solidaritas antar sesame individu tan pa membedakan apapun.

Muladi

HAM adalah Semua hak-hak pokok atau dasar yang ada dan terus melekat pada diri manusia di dlam kehidupannya.

Haar Tilar

HAM adalah hak yang di miliki dan telah melekat pada setiap insan dan jika tidak memiliki hak tersebut maka insan tersebut tidak hidup layaknya manusia. Hak itu telah ada sejak lahir di dunia ini.

Jack Donney

HAM adalah hak yang di miliki oleh setiap manusia semata-mata karena ia adalah manusia. Uma manusia memilikinya karena hal tersebut merupakan pemberian Tuhan YME bukan pemberian masyarakat atau hokum positif, hal ini mendasar kepada martabatnya sebagai seorang manusia.

Austin-Ranney

HAM adalah suatu ruang kebebasan yang d imiliki setiap individu untuk dengan rinci serta jelas di dalam konstitusi dan juga telah mendapat jaminan pemerintah.

Mahfudz M.D

HAM adalah suatu hak yang melekat di martabat pada setiap manusia dan hak tersebut telah ada dan di bawanya sejak dia lahir di dunia ini dan hakikatnya bersefat kodrati.

Karel Vasak

HAM menurutnya terinspirasi dari tiga tema Revolusi Prancis yaitu adalah generasi pertama berupa hak politik dan juga sipil (liberte), generasi kedua berupa hak sekonomi, hak social, dan hek budaya (egalite), dan terakhir generasi ketiga berupa hak solidaritas (fraternite). Vasak mengguanakan kata generasi sebagai penunjuk ruang lingkup dan subtansi antara hak yang di prioritaskan di kurun waktu tertentu. Tiga generasi ini dapat di pahami sebagai sebuah kesatuan yang merupakan saling melengkapi dan berkaitan.

A.J.M. Milne

HAM adalah hak yang sudah di miliki oleh semua umat yang berada di dunia ini, di segala masa dan juga ada di segala tempat karena yang paling utama adalah dia seorang manusia.

Baca Juga:  √ Pengertian Visi Dan Misi Menurut Para Ahli, Perbedaan & Contoh

SHAW

HAM merupakan yang jika wacana public masyarakat global merupakan bahasa moral yang umum dan itu berupa hak asasi manusia. Walaupun seperti itu haruslah memiliki klaim yang kuat untuk dokrin hak asasi agar dapat memunculkan sikap skeptis dan sikap perdebatan tentang hak asasi hingga pada jaman sekarang ini. Memang kata “hak” ini selalu kontroversi dan menjadi perdenbatan banyak orang hingga saat ini.

John Locke

HAM adalah hak-hak yang di berikan oleh Tuhan secara langsung kepada manusia yang di jadikan hak kodrati. Karenanya hak tersebut tidak dapat di hilangkan oleh segala kekuatan yang ada di muka bumi ini. Hak ini pada dasarnya bersifat fundamental dan hakikatnya sangat suci.

Peter R. Baehr

HAM adalah suatu hak dasar yang di miliki oleh setiap insan untuk dapat mengembangkan dirinya sendiri.

Franz Magnis Suseno

HAM adalah hak yang di miliki oleh setiap manusia buka di berikan oleh manusia lain (masyarakat). Bukan juga sebagai hokum positif yang berlaku tetapi dari martabatnya sebagai manusia. Manusia tersebut memiliki ham di karenakan dia adalah manusia.

Sekianlah penjelasan mengenai 21 Pengertian HAM Menurut Para Ahli (Bahasan Lengkap) yang telah di jelaskan oleh pustakaindo. Pengertian ham menurut para ahli memang berbeda-beda tetapi jika di lihat garis besarnya semua pengertian di atas memiliki dasar dan tujuan yang sama yaitu sebagai hak yang di miliki manusia karena mereka manusia. Terimakasih 🙂