√ 23 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli (Bahasan Lengkap)

Posted on

23 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli (Bahasan Lengkap) – Di dalam kehidupan ini kita telah banyak sekali peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekeliling kita. Bahkan sekarang kejadian-kejadian yang ada di setiap belahan bumi dapat kita lihat dan kita ketahui.

Di dalam peristiwa tersebut banyak sekali hal yang dapat kita ambil dan dapat kita pelajari untuk dapat menuju ke masa depan yang lebih baik. Maka dari itu pentingnya sejarah bagi kita di dalam melanjutkan kehidupan di dunia ini.

23 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli (Bahasan Lengkap)

Sejarah sendiri dapat membantu kita di dalam melangkah kedepan dan memberikan tindakan-tindakan yang nantinya tidak akan merugikan kita. Sejarah dengan jelas akan di jelaskan oleh para ahli di bawah ini.

Pengertian Sejarah

Sejarah merupakan suatu bentuk peristiwa yang telah terjadi di masa lalu atau masa lampau yang di susun dengan berdasarkan kepada berbagai peninggalan dari peristiwa-peristiwa tersebut dan juga tidak di perbolehkan untuk dapat melupakan sebab dan tanpa adanya sejarah maka tidak akan ada zaman yang seperti sekarang ini kita lalui.

Sejarah secara etimologi berasal dari kata bahasa arab sajaratun atau syajaroh dengan artian silsilah atau pohon. Sejarah di gunakan di dalam literatur bahasa indonesia dengan menggunakan beberapa variasi. Sanyak yang memberikan pendapat bahwa kata atau istilah sejarah berasal dari bahasa yunani historia dan di dalam bahsa inggris history dengan artian yang sama yaitu yang terjadi.

Sejarah berupa ilmu pengetahuan yang di dalamnya mempelajari tentang apasaja peristiwa yang telah pernah terjadi dimasa lalu yang ada di dalam kehidupan ini. Di dalam artian luas sejarah berupa ilmu yang membahas akan kejadian atau peristiwa yang telah terjadi di masa lampau didalam kehidupan manusia dengan bukti tertulis seperti berupa kitab atau dokumen kuno dan dapat juga dengan lisan seperti pada tradisi secara turun temurun dan juga mitos, bukti benda pun ada seperti artefak dan prasasti serta monumen bersejarah.

Baca Juga:  √ Sejarah Lahirnya Ilmu Sosiologi Dan Penemu Ilmu Sosiologi

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Ilmu sejarah merupakan ilmu yang sangat penting bagi kehidupan kita selain dari matematika dan juga biologi. Di dalam sejarah ada 3 aspek yang meliputi masa lampau, masa sekarang, dan juga masa datang. Itu semua dapat di jadikan pelajaran yang sangat bermanfaat bagi kita semua. Berikut ada para ahli yang menjelaskan apa itu arti sejarah, diantaranya:

Moh. Hatta

Menurut beliau sejarah di dalam wujudnya dapat memberi suatu pengertian akan amsa lampau. Sejarah bukan hanya dapat melahirkan suatu kriteria yang berasal dari kejadian yang ada di masa lalu sebagai suatu masalah.

Sejarah bukan hanya menjadi kejadian di masa yang lalu, akan tetapi pemahaman masa lampau yang ada terkandung didalamnya memiliki berbagai dinamika yang mungkin berisi seperi problematik pelajaran untuk para manusia selanjutnya.

Drs. Sidi Gazalba

Mengungkapkan sejarah berupa masa lampau dari manusia dan juga seputarnya yang telah di susun secara ilmiah dan juga di lengkapi dengan urutan-urutan dari fakta masa tersebut dengan adanya penjelasan yang dapat memberikan pemahaman mengenai apa yang telah berlalu.

Muhammad Yamin

Menurut beliau sejarah berupa suatu ilmu pengetahuan yang disusun dari hasil penyelidikan yang di ambil dari berbagai peristiwa yang dapat untuk di buktikan dengan bahannya yaitu kenyataan.

Nugroho Notosusanto

Menurutnya sejarah berupa berbagai peristiwa yang memiliki hubungan dengan manusia yangmenjadi makhluk yang hidup bermasyarakat yang telah terjadi di masa lampau.

Taufik Abdullah

Menurutnya sejarah berupa suatu tindakan manusia yang di lakukannya di dalam jangka waktu tertentu di masa yang lalu dan di tempat tertentu.

23 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli Lengkap
23 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli Lengkap

Rochmawati Wiriatmaja

Mengungkapkan sejarah yang berupa disiplin ilmu yang menjanjikan akan kebijaksanaan, kultural, nilai-nilai spiritual, etika, dan juga moral yang ada karena di dalam kajiannya memiliki sifat yang dapat memberikan sebuah pedoman kepada keseimbangan hidup, keteladanan di dalam suatu keberhasilan dan juga kegagalan, harmoni di dalam nilai-nilai, dan juga dapat menjadi suatu cerminana akan pengalaman kolektif yang dapat membuat suatu kompas untuk dapat di gunakan di kehidupan masa yang akan datang.

Baca Juga:  √ Sejarah Permainan Bola Basket Sampai Masuk Ke Indonesia

Moh. Ali

Sejarah baginya adalah keseluruhan perubahan dan juga berbagai macam kejadian yang ada telah terjadi. Sejarah sendiri berupa ilmu yang di dalamnya menyelidiki mengenai berbagai perubahan yang benar pernah terjadi di dalam masa lalu.

Aristoteles

Menurutnya sejarah berupa sistem yang di dalamnya mempelajari tentang kejadian yang telah di susun sejak awal kedalam bentuk kronologi. Sejarah sendiri dapatberupa suatu peristiwa yang telah terjadi di masa yang lalu dnegan catatan, record-record atau juga menjadi suatu bukti yang konkrit.

J.V. Bryce

Sejarah berupa catatan yang berasal dari apa yang telah di perbuat, telah di pikirkan, dan juga di katakan oleh para umat manusia.

Ismaun

Sejarah bagi Ismaun berupa ilmu pengetahuan yang di dalamnya mempelajari akan kisah mengenai berbagai peristiwa yang telah terjadi atau yang telah berlangsung di masa yang lampau. Sejarah berupa rekaman atau juga catatan mengenai pilihan yang di susun dengan teliti mengenai apa saja aspek kehidupan manusia di masa lampau.

W.H. Walsh

Sejarah dapat menitik beratkan kepada suatu pencatatatn yang di dalamnya memiliki arti dan penting bagi umat manusia. Di catatan tersebut ada yang meliputi berbagai jenis tindakan dan juga pengalaman dari umat manusia di jaman lampau dengan ada berbagai hal yang penting sehingga dapat menjadi suatu cerita yang sangat berarti bagi generasi mendatang.

Roeslan Abdulgani

Ia mengemukakan ilmu sejarah yang berupa ilmu yang mempelajari dan juga meneliti secara sistematis akan keseluruhan perkembangan manusia pada masa lampau bersamaan dengan adanya berbagai kejadian yang di maksud untuk dapat selanjutya di nilai secara kritis dengan hasil penelitian tersebut dan selanjutnya akan di jadikan sebagai perbendaharaan pedoman untuk menjadi penentuan akan penilasian keadaan sekarang ini dan juga arah proses untuk masa depan selanjutnya.

Patrick Gardiner

Menurutnya sejarah berupa ilmu yang di dalamnya mempelajari dan meneliti tentang apa saja yang telah di perbuat oleh umat manusia.

Herodotus (The Father of History)

Sejarah menurutnya berupa suatu kajian yang guna menceritakan akan sebuah perputaran jatuh bangunnya tokoh, seseorang, masyarakat, dan juga peradaban.

Baca Juga:  √ Sejarah Agama Buddha di Indonesia, Penyebaran & Kitab Sucinya

Robin Winks

Sejarah berupa suatu studi akan manusia di dalam kehidupan bermasyarakatnya di masa lalu.

Leopold Von Ranke

Sejarah menurutnya berupa apa yang telah benar-benar terjadi.

Ibnu Khaldun

Sejarah menurutnya berupa suatu catatan akan peradaban dunia atau umat manusia, yang di dalamnya tentang berbagai perubahan yang telah terjadi di watak masyarakat tersebut.

Sir Charles Firth

Sejarah dapat merekah suatu kehiduoan dari umat manusia, di berbagai kondisi material yang telah dapat membantu perkembangannya, di berbagai ide yang dapat membatasi aksi masyarakat, dan juga perubahan yang terjadi di masyarakat terus menerus.

Rober V. Daniels

Sejarah berupa suatu kenangan yang berasal dari setumpukan masa lampau. Sejarah yang di maksudkan adalah sejarah manusia. Manusia sendiri merupakan pelaku sejarah. Manusia dapat memiliki kemampuan di dalam menangkap segal kejadian yang ada.

Dan berikutnya hasil tangkapan tersebut dapat menjadi ingatan di dalam dirinya. Ingatan itu yang akan menjadi sumber dari sejarah.

R. G. Collingwood

Sejarah menurutnya berupa suatu bentuk penyelidikan akan berbagai hal yang telah di lakukan oleh umat manusia di masa lalu.

21. Thomas Carlyle

Sejarah menurutnya berupa suatu peristiwa di masa lalu yang dapat mempelajari tentang biografi orang yang terkenal. Mereka semua merupakan seorang penyelamat yang ada di zamannya. Mereka juga adalah orang besar dan juga di catat sebagai peletak dari dasar sejarah yang terjadi.

Kamus Umum Bahasa Indonesia

W.I.S. Poerwadarminta mengemukakan pendapatnya mengenai sejarah yang berupa kesusteraan lama, silsilah, atau asal usul. Dapat berupa kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi di masa lalu. Dan dapat berupa ilmu, pengetahuan, pelajaran, cerita akan kejadian dan juga peristiwa yang benar-benar telah terjadi di masa lalu atau riwayat.

Wikipedia

Sejarah merupakan suatu studi mengenai apa saja yang ada di masa lalu, khususnya berkaitan dengan adanya manusia.

Sekianlah penjelasan mengenai 23 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli (Bahasan Lengkap) yang di jelaskan oleh pustakaindo. Dengan adanya sejarah kita dapat mengerti tantang masa lalu yang pernah terjadi. Terimakasih 🙂