√ 5 Pengertian E-Government Menurut Para Ahli Dan Manfaatnya

Posted on

5 Pengertian E-Government Menurut Para Ahli Dan Manfaatnya– Fenomena globalisasi di negara-negara di dunia memungkinkan terjadinya interaksi yang semakin efektif dan efisien dibandingkan dengan masa-masa sebelumnya.

Hal tersebut disebabkan oleh perkembangan teknologi yang kian hari kian mutakhir. Pada era golablisasi seperti saat ini, teknologi tidak hanya dimanfaatkan oleh individu atau kelompok untuk saling berinteraksi. Akan tetapi, telah berkembang menjadi pemanfaatan teknologi oleh pemerintah.

5 Pengertian E-Government Menurut Para Ahli Dan Manfaat E-Government Lengkap
5 Pengertian E-Government Menurut Para Ahli Dan Manfaat E-Government Lengkap

5 Pengertian E-Government Menurut Para Ahli Dan Manfaatnya

Saat ini, telah muncul sebuah bentuk mekanisme birokrasi pemerintahan yang baru hasil dari pemanfaatan teknologi di negara-negara maju yang disebut dengan istilah electronic goverment atau e-government. Untuk memahami pengertian dan manfaat e-government, mari simak penejelasan di bawah ini.

Pengertian E-Government

Berikut ini Pengertian E-Government menurut para ahli :

1. Bank Dunia

E-government ialah penggunaan teknologi informasi (seperti Wide Area Networks, internet dan teknologi canggih lainnya) oleh pemerintah yang mampu mentransformasi komunikasi pemerintah dengan masyarakat, kalangan bisnis atau pun sesama pemerintah.

2. UNDP (United Nation Development Program)

E-government merupakan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) oleh lembaga pemerintahan.

3. Kementrian Komunikasi dan Informatika

E-government adalah aplikasi teknologi informasi berbasis internet dan perangkat digital lainnya yang dikelola oleh pemerintah ke masyarakat, mitra bisnis, pegawai, badan usaha, dan lembaga-lembaga lainnya secara online.

4. Pemerintah New Zealand

E-government ialah suatu cara baru penggunaan teknologi oleh pemerintah untuk menyediakan akses informasi dan pelayanan pemerintah yang lebih mudah bagi masyarakat, untuk meningkatkan kualitas layanan serta membuka kesempatan yang lebih luas bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pemerintahan yang demokratis.

Baca Juga:  √ 26 Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli ( Terlengkap )

5. Jim Flyzk (US Department of Treasury)

E-government adalah tentang membawa pemerintah ke dalam dunia internet dan bekerja dalam waktu internet.

Manfaat E-government

Pemerintah di negara-negara maju yang telah menerapkan e-government memandang bahawa penerapan e-government harus dilakukan secepatmya dan dengan sangat serius. E-government dinilai telah memberikan manfaat bagi negaranya. Manfatat e-government, antara lain :

  1. E-government dapat memperbaiki kualitas pelayanan pemerintah kepada masyarakat, mitra bisnis, kalangan industri, badan usaha serta lembaga-lembaga lainnya dalam hal efektivitas dan efisiensi dalam berbagai aspek kehidupan bernegara.
  2. E-government dinilai mampu meningkatkan transparansi, kontrol, akuntabilitas penyelanggaraan pemerintahan dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).
  3. E-government mampu mengurangi biaya administrasi, relasi serta interaksi yang dikeluarkan oleh pemerintah dan para pihak terkait (stakeholders) dalam kegiatan sehari-hari secara signifikan.
  4. E-government mampu memberikan sumber-sumber pendapatan baru bagi pemerintah melalui interaksi dengan pihak-pihak yang berkepentingan.
  5. E-government dapat menciptakan suatu lingkungan masyarakat yang baru yakni dapat menjawab segala permasalah yang dilaporkan secara cepat dan tepat sesuai dengan perubahan global yang terjadi.
  6. E-government dapat memberdayakan masyarakat dan pihak-pihak terkait lainnya menjadi mitra pemerintah dalam hal proses pengambilan kebijakan-kebijakan publik secara demokratis.

Demikian penjelasan tentang 5 Pengertian E-Government Menurut Para Ahli Dan Manfaatnya yang telah dijabarkan oleh pustakaindo.co.id. Mari kita ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan e-government di negara kita dengan memahami pengertian dan manfaat e-government. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih 🙂