√ 6 Tingkatan Proses Komunikasi Menurut Para Ahli & Contohnya

Posted on

6 Tingkatan Proses Komunikasi Menurut Para Ahli & Contohnya – Komunikasi menjadi kebutuhan manusia yang harus dipenuhi. Manusia akan selalu berkomunikasi selama hidup hingga akhir hayatnya. Komunikasi merupakan hal yang tak terpisahkan dari manusia.

Setiap hari mulai dari manusia membuka mata hingga tertidur kembali, manusia akan selalu dan terus berkomunikasi. Sebagian besar waktu manusia digunakan untuk berkomunikasi dengan lingkungannya.

6 Tingkatan Proses Komunikasi Menurut Para Ahli & Contohnya

Komunikasi yang terjadi tidak hanya teerjadi ketika ada olawan bicara saja. Berbicara kepada diri sendiri dan berbicara kepada Tuhan (berdoa) sudah termasuk dalam kegiatan komunikasi. Terdapat beberapa tingkatan komunikasi yang dilakukan manusia.

Tingkatan Proses Komunikasi

Terdapat enam tingkatan dalam proses komunikasi yang berlangsung di masyarakat secara umum menurut Denis McQuail.

Komunikasi Intrapersonal atau Intrapribadi (Intrapersonal Communication)

Komunikasi intrapersonal ialah proses komunikasi yang terjadi di dalam diri seseorang.

Contoh Komunikasi Intrapersonal

Contoh komunikasi intrapersonal antara lain berpikir, merenung dan bergumam.

Komunikasi Antapribadi (Interpersonal Communication)

Komunikasi antapribadi ialah proses komunikasi yang terjadi antara datu orang dengan satu orang lainnya. Komunikasi antarpribadi dapat terjadi secara langsung amupun tidak langsung.

Contoh Komunikasi Antar Pribadi

Contoh komunikasi antarpribadi antara lain, dua orang yang sedang berbincang, orang yang sedang berbicara melalui telepon atau dua orang yang saling berkirim surat.

Baca Juga:  √ Bahasa Jurnalistik Televisi, Karakter, Kalimat & Penulisan

Komunikasi dalam Kelompok

Komunikasi kelompok adalah proses komunikasiyang berlangsung dalam seuatu kelompok.setiap anggota kelompok melakukan komunikasi sesuai dengan peran dan kedudukannya. Apabila terdapat lebih dari tiga orang yang saling berkomunikasi sudah dapat dikatakan komunikasi kelompok.

Sifat pesan yang disampaikan dalam proses komunikasi kelompok bukan lagi bersifat pribadi, tetapi lebih luas menyangkut kepentingan semua anggota kelompok.

Contoh Komunikasi Kelompok

Contoh komunikasi kelompok, antara lain sebuah keluarga yang sedang berbincang bersama dan sekumpulan siswa yang berdiskusi tentang pelajaran.

6 Tingkatan Proses Komunikasi Menurut Para Ahli Beserta Contohnya Lengkap
6 Tingkatan Proses Komunikasi Menurut Para Ahli Beserta Contohnya Lengkap

Komunikasi Antarkelompok

Komunikasi antarkelompok ialah proses komunikasi yang terjadi antara kelompok yang satu dengan kelompok yang lain. Proses komunikasi tidak hanya berlangsung di dalam kelompok saja, tetapi anggota kelompok juga berkomunikasi dengan anggota kelompok lain di luar kelompoknya.

Konteks komunikasi yang terjadi ketika individu berbicara kepada individu lain sebagai perwakilan dari masing-masing kelompok.

Contoh Komunikasi Antar Kelompok

Contoh komunikasi antarkelompok, yaitu musyawarah penduduk Desa A dan Desa B dalam upaya penanggulangan banjir dan penyakit-penyakit pasca banjir yang menimpa kedua desa tersebut.

Komunikasi Organisasi

Komunikasi organisasi ialah proses komunikasi yang berlangsung di dalam maupun di luar organisasi. Komunikasi organisasi hampir sama dengan komunikasi kelompok. Perbedaannya terletak pada garis struktur yang jelas yang dimiliki organisasi.

Organisasi lebih bersifat struktural dan formal dibandingkan dengan kelompok. Komunikasi organisasi mengutamakan prinsip efisiensi dalam prosesnya.

Contoh Komunikasi Organisasi

Contoh komunikasi organisasi yaitu kerja sama pihak kepolisian dengan pihak sekolah untuk mengadakan penyuluhan hati-hati berlalu lintas bagi siswa-siswi SMA.

Komunikasi dalam Masyarakat Luas

Tingkat komunikasi ini lebih luas dibandingkan dengan lima tingkatan komunikasi sebelumnya. Komunikasi dalam masyarakat luas dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama, melalui media massa seperti televisi, koran dan majalah.

Baca Juga:  √ Pengertian Menyimak Menurut Para Ahli, Faktor & Keterampilan

Kedua, tanpa melalui media massa, seperti aksi demonstrasi atau orasi yang dilakukan Bung Karno. Pada dasarnya, masih terdapat salah satu tingkat komunikasi yang manusia lakukan, yaitu komunikasi dengan Tuhan atau disebut juga komunikasi transedental.

Contoh Komunikasi Transedental

Contoh komunikasi transedental yaitu, shalat, sembahyang dan berdoa.

Demikian penjelasan materi Tingkatan Proses Komunikasi Menurut Para Ahli & Contohnya di atas oleh pustakaindo. Semoga materi di atas dapat menambah wawasan kita semua. Terima kasih 🙂