√ 9 Pengertian Patriotisme Menurut Para Ahli ( Terlengkap )

Posted on

9 Pengertian Patriotisme Menurut Para Ahli ( Terlengkap )– Sejak kecil kita sudah diajarkan nilai-nilai dan norma-norma sikap sopan santun termasuk sikap patriotisme dari keluarga dan sejak dibangku sekolah, namun tak sedikit anak-anak dan pemuda dizaman sekarang yang tidak mengerti arti penting dari patriotisme tersebut.

Maka pada pembahasan kali ini kami akan mencoba memberi penjelasan mengenai sikap patriotisme, Pengertian Patriotisme menurut  para ahli lebih tepatnya.

9 Pengertian Patriotisme Menurut Para Ahli ( Terlengkap )

Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan berikut.

Pengertian Patriotisme

Patriotisme merupakan sikap yang berani, tidak mudah menyerah, rela berkorban untuk bangsa dan negara. Patriotisme adalah salah satu bentuk sikap bela negar dan Nasionalis. Berdasarkan Ensiklopedia Indonesia, patriotisme berasal dari kata patriot dan isme yang artinya sifat kepahlawanan atau jiwa kepahlawanan dan dari bahasa inggris heroism dan patrioism.

Pengorbanan tersebut busa dalam bentuk harta benda atau jiwaraga. Ungkapan patriotisme memiliki arti rasa kecintaan dan kesetiaan seorang terhadap tanah air dan bangsa nya.

Patriotisme juga bisa dimaknai sebagai rasa kagum terhadap adat istiadat ataupun kebiasaan bangsanya, kebanggaan terhadap sejarah dan kebudayaan yang dimiliki oleh bangsanya serta sikap mengabdi demi kesejahteraan bangsanya.

Pengertian Patriotisme Menurut Para Ahli

Setelah pendapat diatas yang diungkap secara umum. Berikut ini merupakan pengertian patriotisme menurut para ahli dengan masing-masing pendapatnya:

KUBI (Kamus Umum Bahasa Indonesia)

Pengertian Patriotisme menurut KUBI adalag suatu sikap semangat yang sangat cinta dengan tanah airnya sehingga berani berkorban jiwa raga jika diperlukan oleh negara.

Baca Juga:  √ 11 Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli (Terlengkap)

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian Patriotisme menurut KBBI adalah sikap dan semangat yang besar untuk mencintai tanah airnya sehingga rela dan berani berkorban jika diperlukan oleh negara.

9 Pengertian Patriotisme Menurut Para Ahli Lengkap
9 Pengertian Patriotisme Menurut Para Ahli Lengkap

STAUB

Pengertian Patriotisme Menurut Staub adalah sebuah bentuk keterkaitan seseorang kepada kelompoknya baik mengenai suku, bangsa, maupun partai politik. Ia mengungkapkan bahwa ada dua jenis patriotisme yaitu antara lain :

  • Patriotisme Buta

Patriotisme buta merupakan patriotisme sebagai keterikatan seseorang kepada negaranya tanpa memandang apapun. Ciri khas dari patriotisme butaa ini antara lain tidak dapat mempertanyakan segala sesuatu yang tidak loyal dan tidak toleran terhadap kritik.

  • Patriotisme Konstruktif

Patriotisme Konstruktif adalah patriotisme yang berbanding terbalik dengan patriotisme buta. Jika patriotisme buta tidak dapat menukung adanya kritik maka patriotisme konstruktif justru dapat  mendukung adanya kritik dan pertanyaan dari anggota ataupun kelompoknya demi tercapainya perubahan kearah yang lebih baik lagi untuk kedepannya dan untuk kesejahteraan anggotanya itu sendiri.

BUDIYONO

Pengertian Patriotisme menurut Budiyono adalah sebuah sikap yang mengarah kepada upaya menjaga kemerdekaan dan tanah airnya dengan segala cara, termasuk dengan mengorbankan jiwa dan raganya.

RICHART ALDINGTON

Pengertian Patriotsme menurut Richard Aldington adalah sebuah rasa tanggung jawab kolektif pada diri seseorang yag hidup dan tentunya sangat dibutuhkan dalam setiap bentuk kehidupan bersama pada tingkatan lokal maupun internasional.

BLANK DAN SCHMIDT

Pengertian Patriotisme menurut Blank Dan Schmidt adalah berbeda, mereka menyatakan bahwa sikap nasionalisme lebih bernuansa mendominasi dan menonjolkan superioritas terhadap bangsa lain. Sedangkan, patriotisme merupakan dimana sikap tersebut lebih berbicara dan lebih memberi bukti akan cinta dan loyalitas pada tanah air dan bangsanya.

ENSIKLOPEDIA INDONESIA

Pengertian Patriotisme menuruut Ensiklopedia Indonesia adalah sebuah rasa kecintaan dan kesetiaan seseorang pada tanah air dan jua bangsanya, rasa kekagumannya pada adat istiadat kebiasaan yang ada dibangsanya, kebanggaan terhadap sejarah dan kebudayaannya, serta sikap pengabdian demi kesejahteraan dan ketenangan tanah air dan bangsanya.

Baca Juga:  √ Pengertian OPEC, Sejarah, Tujuan dan Anggota OPEC (Lengkap)

Demikianlah penjelasan mengenaii pengertian 9 Pengertian Patriotisme Menurut Para Ahli ( Terlengkap ) dan semoga dengan penjelasan ini dapat membantu menambah pengetahuan dan menjadi acuan supaya kita memiliki sikap patriotisme yang tinggi. Terimakasih 😀