√ 9 Pengertian Wilayah Menurut Para Ahli ( Terlengkap )

Posted on

9 Pengertian Wilayah Menurut Para Ahli ( Terlengkap ) – Pada pada artikel kali ini ialah mengenai wilayah. Tentu sudah tidak asing lagi bagi kita mendengar istilah tentang wilayah, karena wilayah merupakan suatu hal yang ada di indonesia dan juga didunia.

Seperti yang kita ketahui bahwa kita hidup pada wilayah-wilayah yang berbeda ataupun wilayah yang sama. Tetapi apa kita sudah mengetahui arti dari wilayah yang sebenarnya?

9 Pengertian Wilayah Menurut Para Ahli ( Terlengkap )

Untuk itulah disini kita akan membahasnya dengan jelas agar dapat memahami tentang arti wilayah dan juga supaya para pembaca mendapatkan informasi yang dibutuhkan, dan langsung saja kita mulai pembahasannya berikut ini.

Pengertian Wilayah

Wilayah ialah bagian dari permukaan bumi yang mempunyai karakteristik tertentu dan juga berbeda dengan wilayah yang lainnya. Dan ada juga istilah yang lainnya dari wilayah yang pada umumnya digunakan di dalam memahami seebuah konsep wilayah yaitu region. Di setiap wilayah mempunyai ciri-ciri tertentu, misalkan wilayah desa yang memiliki ciri-ciri yang sangatlah berbeda dengan wilayah kota dengan melihat adanya beberapa aspek, baik itu fisik ataupun sosial.

Pengertian Wilayah Menurut Para Ahli

Selain pengertian wilayah secara umum ada juga yang berdasarkan dengan para ahli geografi, untuk itu mari kita lanjutkan pembahasan berikut ini.

Baca Juga:  √ Pengertian Global Warming, Dampak & Cara Penanggulangannya

Cressey

Wilayah (region) ialah keseluruhan dari sebuah lahan, air udara, dan juga manusia di dalam hubungan yang saling menguntungkan. Dan setiap region ialah satu keutuhan (entity) yang batasnya jarang ditentukan dengan tepat.

W. I. G. Joerg

Wilayah ialah suatu area yang memiliki kondisi fisik yang sama atau homogen.

R. E. Dickinson

Wilayah ialah sebuah daerah tertentu yang terdapat di sekelompok kondisi fisik yang sudah memmungkinkan terciptanya sebuah tipe-tipe ekonmi tertentu.

9 Pengertian Wilayah Menurut Para Ahli Terlengkap
9 Pengertian Wilayah Menurut Para Ahli Terlengkap

A. I. Herbertson

Wilayah ialah sebuah kesatuan yang kompleks dari tanah, air, udara, tumbuhan, hewan, dan juga manusia yang juga dipandang dari hubungan mereka yang khususnya dengan secara bersama-sama membentuk sebuah ciri tertentu di atas permukaan bumi.

Taylor

Wilayah bisa diartikan sebagai sesuatu area dipermukaan bumi yang bisa dibedakan dengan area yang lainnya melalui sebuah sifat-sifat seragam yang terlihat padanya.

Fanneman

Wilayah ialah area yang memiliki karakteristik kenampakanpermukaan yang sama dan juga kenampakan ini sangatlah berbeda dengan sebuah kenampakan-kenampakan yang lainnya yang ada di daerah sekitar.

Peraturan Pemerintah No. 47 tahun 1997 mengenai rencana tata ruang wilayah nasional

Wilayah ialah ruang yang merupakan sebuah kesatuan geografis beserta dengan segenap unsur yang terkait padanya, yang batas dan juga sistemnya ditentukan dengan berdasarkan aspek administratif dan aspek fungsional.

Platt

Wilayah ialah sebuah daerah yang keberadaannya dikenal dengan berdasarkan keseragaman (homogenitas), baik berdasarkan pada keadaan lahan ataupun keadaan penduduknya.

P. Vidal de La Blache

Wilayah ialah sebuah tempat yang di dalamnya juga ditemukan banyak hal yang berbeda-beda, tetapi di dalam bentuk buatan tergabung dengan bersama-sama dan juga saling menyesuaikan agar membentuk kebersamaan.

Sekian penjelasan yang bisa diberikan tentang 9 Pengertian Wilayah Menurut Para Ahli ( Terlengkap ), wilayah merupakan bagian dari permukaan bumi yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda pada setiap wilayah yang lain. Semoga dengan membaca artikel ini bisa menambahkan wawasan dan bermanfaat bagi para pembacanya, terimakasih 🙂