√ Akibat Perang Dunia II Dan Dampak Perang Dunia II (Lengkap)

Posted on

Akibat Perang Dunia II Dan Dampak Perang Dunia II (Lengkap) – Dunia telah mengalami peperangan hingga dua kali. Di dalam peperangan tersebut seluruh dunia menjadi kacau dan tidak terkendali.

Banyak korban yang berjatuhan di masa tersebut ada anak, wanita dan para lansia pun ikut menjadi korban. Banyak dampak yang di sebabkan ketika terjadinya perang dan lebihnya membuat para warganya menderita.

Akibat Perang Dunia II Dan Dampak Perang Dunia II (Lengkap)

Untuk dapat lebuh mengetahui tentang akibat perang dunia II dan dampaknya akan di jelasakan di bawah ini.

Akibat Perang Dunia II

Perang dunia ke II telah terjadi dan berlangsung dari tahun 1939 sampai dengan 1945. Peperangan tersebut memberi dampak yang banyak bagi dunia. Dampak tersebut terbagi menjadi beberapa bagian seperti bidang kerohanian, ekonomi, politik dan juga social di semua bagian dunia.

Dampak Perang Dunia II

Perang dunia II adalah perang yang besar dan terjadi di setiap penjuru dunia. Dampak yang di sebabkannya pun banyak dan beragam yang akan di jelaskan di bawah ini:

Bidang Kerohanian

Setiap individu di seluruh dunia menginginkan terjadinya perdamaian. Untuk dapat mencapai perdamaian itu maka mereka membentuk suatu perkumpulan dan lembaga perdamaian. Untuk dapat mengakhiri penderitaan dari setiap individu warga Negara seluruh dunia maka di bentuklah UNO (United Nations Organization) yang di harap dapat menjaga perdamaian dunia setelah Liga Bangsa-Bangsa telah bubar. Organisasi UNO juga di sebut sebagai PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa).

Baca Juga:  √ Perlawanan Rakyat Maluku Ke VOC atau Perlawanan Pattimura
Akibat Perang Dunia II Dan Dampak Perang Dunia II Lengkap
Akibat Perang Dunia II Dan Dampak Perang Dunia II Lengkap

Bidang Ekonomi

Dampak yang terjadi pada perang dunia II menyebabkan semua ekonomi yang ada di dunia ini berubah. Perang ini menghancurkan semua ekonomi yang ada terkecuali Negara Amerika Serikat. Hal ini membuat Amerika Serikat menjadi pusat kekayaan dan menjadi kreditur bagi dunia.

Pengaruh yang di berikan terhadap Negara lain adalah dengan program yang telah terlaksana dengan baik. Program tersebut adalah Point Four Truman, Colombo Plan, Marshall Plan (1947), dan Truman Doctrine (1947).

Bidang Politik

Politik yang terjadi di masa perang dunia ke II ini memberi dampak yang besar. Dampak itu adalah sebagai berikut:

  1. Muncul politik kawan yang memiliki tujuan bersama yaitu terciptanya perdamaian. Contoh aliansi tersebut NATO, METO, dan SEATO.
  2. Nasionalisme mulai berkobar dan membuat Negara – Negara khususnya di asia mulai merdeka. Negara tersebut adalah Indonesia, India dan Pakistan, Birma, Filipina, India Penuh, dan juga Ceylon Dominion.
  3. Rusia dan Amerika Serikat adalah pemenang perang dunia II dan telah menjadi Negara adikuasa atau raksasa
  4. Munculnya perang dingin yang terjadi karena pengaruh diantara Amerika Serikat Dengan Rusia atau Uni Soviet.
  5. Dapat memecah belah suatu Negara yang diantaranya
  6. India menjadi India dan Pakistan.
  7. Jerman menjadi Jerman Timur dan Jerman Barat.
  8. Korea menjadi Korea Utara dan Korea Selatan.
  9. Indo-Cina menjadi Kamboja, Laos, dan Indo-Cina.

Bidang Sosial

Dampak di bidang social adalah dengan PBB membentuk UNRRA atau United Nations Relif Rehabilitation Administration yang di harapkan dapat untuk membantu para penduduk yang telah menjadi korban dari peperangan dunia II. Tugas dari UNRRA adalah sebagai berikut :

  1. Memberi makan penduduk yang terdampar
  2. Mengurus para pengungsi dan keluarganya
  3. Mendirikan rumah sakit
  4. Mengembalikan tanah yang rusak akibat perang
Baca Juga:  √ Pengertian Filsafat Sejarah Menurut Para Ahli dan Ilmunya

Sekianlah penjelasan mengenai Akibat Perang Dunia II Dan Dampak Perang Dunia II (Lengkap) yang di jelaskan oleh pustakaindo. Dengan adanya perang dunia ke II, dunia sangat di rugikan deri segala aspek yang ada di dunia ini dan sebagai pemengan dari peperangan ini mendapat banyak keuntungan dan kejayaan tetapi banyak korban tidak bersalah dari peperangan tersebut. Terimakasih 🙂