√ Ciri-Ciri Suku Bangsa Beserta Contoh Suku Bangsa Lengkap

Posted on

Ciri-Ciri Suku Bangsa Beserta Contoh Suku Bangsa Lengkap – Setiap Manusia yang terlahir kedunia ini telah memiliki suku bangsanya sendiri-sendiri yang di dapatkannya dari keluarga dan dari kedua orangtunya dan dari lingkungannya.

Dalam bergaul kita pastinya memakai cara dan logat daerah yang kita diami atau kita tempati seperti seseorang yang bersuku jawa kan berbicara dan bertingkah sama dengan orang jawa pada umumnya.

Ciri-Ciri Suku Bangsa Beserta Contoh Suku Bangsa Lengkap

Itu semua merupakan salah satu ciri-ciri dari suku bangsa yang ada di Indonesia. Untuk dapat mengerti tentang apa saja ciri-ciri dari suku bangsa lengkap dengan contoh suku bangsa yang ada di Indonesia akan di jelaskan sebagai berikut.

Ciri-Ciri Suku Bangsa

Suku bangsa sendiri memiliki ciri-ciri yang diantaranya adakah :

  1. Secara tertutup berkembang biak dalam kelompoknya.
  2. Mempunyai nilai dasar yang telah terwujud dan tersermin di dalam kebudayaan.
  3. Mewujudkan arena komunikasi dan interkasi
  4. Memiliki anggota yang mengenali dirinya sendiri dan dapat di kenal orang menjadi bagian dalam satu kategori yang akan di bedakan dengan yang lainnya.

Contoh Suku Bangsa

Suku bangsa yang ada di Indonesia tersebar di 33 provinsi di seluruh wilayah Indonesia. Suku bangsa yang ada di Indonesia  diantaranya adalah sebagai berikut:

Suku bangsa di pulau Sumatra

Suku bangsa di pulau Sumatra terdiri atas suku batak, minangkabau, Lampung, Palembang, dan lain-lain.

Baca Juga:  √ Fungsi Pengendalian Sosial, Sifat, Proses Dan Caranya

Suku bangsa di pulau jawa

Suku bangsa di pulau jawaterdiri atas suku sunda, jawa, betawi, dan lain-lain.

Suku bangsa di pulau Sulawesi

Suku bangsa di pulau Sulawesi terdiri atas suku minahasa, toraja, bugis, makasar, toraja, paleng, buton, banggai, tomini, bone, dan lain-lain.

Suku bangsa di pulau Kalimantan

Suku bangsa di pulau Kalimantan terdiri atas suku dayak dan suku lainnya.

Suku bangsa di pulau Maluku

Suku bangsa di pulau Maluku terdiri atas suku obi, ambon, ternate, dan lain-lain.

Suku bangsa di pulau papua

Suku bangsa di pulau papua terdiri atas suku dani, asmat, dan arfak.

Seseorang yang menjadi bagian dari suatu suku bangsa tertentu akan dapat mengadakan interaksi maka akan dapat memberikan symbol atau karakter khusus yang di milikinya untuk mengekspresikan prilakunya yang telah sesuai dengan karakteristik suku bangsanya. Hal ini termasuk dengan ciri fisik, gerakan tubuh, ungkapan kebudayaan, nilai budaya, dan berupa keyakinan keagamaan.

Ciri-Ciri Suku Bangsa Beserta Contoh Suku Bangsa Lengkap
Ciri-Ciri Suku Bangsa Beserta Contoh Suku Bangsa Lengkap

Seseorang yang telah di lahirkan di dalam suku bangsa tertentu maka sejak itulah dia memiliki suku bangsa yang ada di keluarganya itu. Karena kebudayaan suku bangsanya di gunakan oleh orantua dan juga keluarganya di dalam merawat dan mendidiknya hingga menjadi Manusia yang sesuai dengan apa yang telah di harapkan dengan konsepsi kebudayaannya.

Sekianlah penjelasan mengenai Ciri-Ciri Suku Bangsa Beserta Contoh Suku Bangsa Lengkap yang di jelaskan oleh pustakaindo. Dengan suku bangsa yang di miliki oleh orang tersebut kita dapat mengerti dari mana dia berasal. Terimakasih 🙂