Galaksi Andromeda Adalah: Pengertian, Sejarah, Teori & Ciri

Posted on

Galaksi Andromeda Adalah: Pengertian, Sejarah, Teori & Ciri – Galaksi yang ada di alam semesta ini banyak sekali dan hal yang unik juga menarik untuk kita bahas. Galaksi ini terbagi menjadi beberapa lapisan dan tingkatan.

Galaksi di luar angkasa ini sangat banyak dan luas. Banyaknya galaksi ini membuat kita menjadi haus akan pengetahuan dan penjelajahan yang dapat kita lakukan keluar dari galaksi yang kita tempati.

Galaksi Andromeda Adalah: Pengertian, Sejarah, Teori & Ciri

Galaksi akan kita jabarkan seperti apa itu pengertian galaksi Andromeda, sejarah dari galaksi Andromeda, teori galaksi Andromeda, ciri dari galaksi Andromeda dan pergerakan dari galaksi Andromeda. Berikut penjelasannya:

Pengertian Galaksi Andromeda

Galaksi Andromeda ini merupakan galaksi spiral yang berjarak sekitar 780 kiloparsec atau 2, juta tahun cahaya dengan jarak 2,4 1019 km dari bumi. Galaksi Andromeda ini mempunyai nama lain yaitu Messier 31/NGC 224/UGC 454/PGC 2557. Galaksi ini merupakan salah satu galaksi yang letaknya berada di luar dari galaksi bima sakti. Dengan struktur yang mirip dengan galaksi kita yakni galaksi bima sakti yang berbentuk spiral.

Galaksi Andromeda sendiri memiliki jarak dengan galaksi bima sakti sekitar 2,5 juta tahun cahaya. Galaksi ini berada di belahan langit utara yaitu 41 derajat sebelah utara khatulistiwa langit. Galaksi Andromeda ini dapat di lihat dengan baik pada sekitar bulan September, oktober dan juga November.

Galaksi ini dapat di lihat dengan menggunakan mata telanjang dengan bentuk seperti kabut tipis kecil di langit utara, akan tetapi apabila di lihat dengan seksama menggunakan teropong maka akan Nampak bintang-bintang redup yang ada di sekitaran galaksi Andromeda. Dengan ukuran bintang tersebut sekitar lebih dari 7 kali diameter sudut bulan. Di galaksi ini terdapat lebih dari 1 triliun bintang yang bergerak mendekati galaksi bima sakti dengan kecepatan sampai 300 km/detik.

Baca Juga:  √ Pengertian Kota Menurut Para Ahli Dan Ciri Kota Lengkap

Sejarah Terbentuknya Galaksi Andromeda

Galaksi Andromeda memiliki usia yang lebih muda dari galaksi bima sakti, dengan perbandingan beberapa ribu tahun setelah galaksi bima sakti ada terbentuk maka debu dari sisa galaksi ini terbentuklah galaksi Andromeda.

Ada pula perkiraan ketika galaksi bima sakti ada terbentuk lalu beberapa bintang purba ada yang membelah dan membentuk calon galaksi yang pada akhirnya terbentuklah beberapa galaksi yang memiliki ukuran lebih kecil. Ada dua galaksi yang memiliki ukuran kecil dengan pergerakannya yang salaing mendekat hingga bertabrakan dan terjadilah galaksi Andromeda yang di dalamnya ada bintang terhubung dengan Tarik gravitasinya.

Itulah yang membuat galaksi Andromeda mengalami perkembangan dengan membentuk komponen-komponen di dalamnya. Komponen tersebut diantaranya bintang, cincin gas dan juga debu. Hingga saat ini dapat di perkirakan bintang-bintang ini berjumlah 1 triliun. Kedua galaksi kecil yang bertabrakan itu terjadi sekitar 9 milyar tahun lalu.

Galaksi Andromeda Adalah: Pengertian, Sejarah, Teori & Ciri
Galaksi Andromeda Adalah: Pengertian, Sejarah, Teori & Ciri

Teori Terbentuknya Galaksi Andromeda

Terdapat beberapa teori yang menjelaskan bagaimana terbentuknya galaksi Andromeda seperti teori hipotesis fowler. Teori ini di kemukakan tahun 1957 oleh fowler. Dia menjelaskan bahwa 12.000 juta tahun yang lalu ada galaksi yang berbentuk gas hydrogen dengan ukuran yang sangat besar. Gas itu terus bergerak dengan gerak rotasi yang membuatnya berbentuk bulat yang memiliki gaya berat dan mengalami kontraksi.

Komponen yang menyusun galaksi it uterus menerus bergerak berputar dengan lambat dan memiliki berat jenis yang besar sehingga terbentuklah bintang-bintang. Setelah puluhan ribu tahun maka temperature yang ada pada bintang-bintang itu mengalami penurunan. Bentuk dari bintang itu lebih seperti matahari yang cenderung tetap. Para ahli meyakini hipotesis ini terjadi di pusat galaksi yang menjadi tempat lahirnya bintang-bintang baru yang terjadi dengan perlahan atau eksplosif.

Baca Juga:  √ Pengertian Kota, Klasifikasi, Fungsi, Karakteristik & Unsur

Berdasarkan hipotesis tersebut maka dapat di jelaskan bahwa galaksi terbentuk dari suatu kumpulan gas hydrogen yang memadat hingga membentuk suatu bintang. Bintang inilah yang akan memecah dank arena terikat dengan gravitasi maka ia akan berkumpul di area yang luas hingga terbentuklah galaksi, itu juga yang terjadi dengan galaksi Andromeda.

Ada teori lainnya mengenai bagaimana galaksi Andromeda terbentuk dengan adanya benturan dari dua galaksi. Galaksi Andromeda di perkirakan terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu hingga galaksi Andromeda terdapat bintang , cinicin gas dan juga debu.

Tidak hanya itu, ada juga yang memberikan pernyataan bahwa dua galaksi bertabrakan sekitar 9 milyar tahun lalu sehingga membentuk galaksi Andromeda. Pernyataan lain menyatakan galaksi Andromeda terbentuk dengan menelan galaksi-galaksi lain yang berukuran lebih kecil yang berada di sekitarnya sehingga ukuran dari galaksi ini semakin lama semakin besar.

Ciri-Ciri Galaksi Andromeda

Galaksi Andromeda ini memiliki ciri sebagai berikut:

  1. Mempunyai bentuk spiral
  2. Stuktur yang hampir seperti galaksi bima sakti
  3. Letaknya berada di belahan langit utara dengan 41 derajat sebelah utara garis khatulistiwa langit
  4. Pada bagian tepi galaksi Andromeda lebih terlihat meredup dari pada pada bagian tengahnya
  5. Memiliki pergerakan seperti gerakan galaksi bima sakti yaitu berkecepatan 300 km/s
  6. Dapat di lihat dengan jelas di saat malam pada saat tidak adanya cahaya bulan
  7. Sekelilingnya terdapat piringan gas dan debu
  8. Jarak dari galaksi Andromeda dengan galaksi bima sakti sekitar 2,5 juta tahun cahaya
  9. Bintang spectrum warna merah jambu yang mengelilinginya

Karakteristik Galaksi Andromeda

Galaksi Andromeda memiliki karakteristik seperti:

  1. Terdapat 1 triliun bintang di dalam galaksi Andromeda
  2. Galaksi Andromeda terlihat pita lonjong apa bila di perhatikan dengan seksama
  3. Lebar piringan gas dan debu yang mengelilinginya sekitar 260.000 tahun cahaya
  4. Galaksi Andromeda ukurannya lebih kecil dari galaksi bima sakti
  5. Galaksi Andromeda memiliki magnitude 3,44 v
  6. Diameter dari galaksi Andromeda berkisar antara 70.000 sampai 80.000 tahun cahaya tetapi ada yang menyatakan 220.000 tahun cahaya.
  7. Jari-jari dari planet ini sulit di temukan karena bentuknya yang lonjong akan tetapi ketika di lihat dari diameternya maka dapat di perkirakan jari-jarinya sekitar 35.000 tahun sampai 40.000 tahun cahaya.
Baca Juga:  √ Pengertian Tata Surya Dan Anggota Tata Surya Terlengkap

Pergerakan galaksi Andromeda

Setiap galaksi memiliki kelompok yang di dalamnya terdiri dari beberapa galaksi, seperti galaksi bima sakti yang di klasifikasikan dengan galaksi tetangganya. Tetangga galaksi dari bima sakti ini ada 48 galaksi. Dari setiap pengelompokan galaksi maka di buatlah beberapa grup. Dan di dalam grup lokalnya di dapatkan galaksi Andromeda dan galaksi bima sakti merupakan galaksi terbesar dari yang lainnya. Dengan titik pusat massa pada grup local di dapat antara galaksi bima sakti dengan galaksi Andromeda yang titik pusat massa itu di kenal dengan barycenter.

Pengamatan yang di lakukan oleh para ahli menjelaskan bahwa galaksi Andromeda bergerak mendekati galaksi bima sakti. Pergerakannya menyamping sedikit serong begitu pula gerakan dari galaksi bima sakti. Bergeraknya galaksi Andromeda mengekati galaksi bima sakti berkecepatan sekitar 300 km/s.

Pergerakan kedua galaksi ini membentuk pola elips ketika mengelilingi barycenter sebagai pusatnya. Ketika laju gerakan ini menyamping dapat di katakana sebagai nol, dan ketika kedua galaksi ini mendekat akan membentuk orbit tegak lurus. Dengan gerakan yang terus menerus membentuk orbit tegak lurus maka akan di perkirakan terjadi tabrakan antara galaksi Andromeda dengan galaksi bima sakti pada beberapa ribu atau juta tahun yang akan datang.

Demikianlah penjelasan mengenai Galaksi Andromeda Adalah: Pengertian, Sejarah, Teori & Ciri . Banyak sekali yang belum dapat kita jelajahi tentang alam semesta ini dan menjadi pembahasan yang sangat menarik. Terimakasih 🙂