√ Macam-Macam Energi, Rumus, Sifat dan Contohnya (Lengkap)

Posted on

Macam-Macam Energi, Rumus, Sifat dan Contohnya (Lengkap) – Energi yaitu sebuah properti dalam dunia fisika yang ada pada suatu objek yang bisa dipindahkan melalui interaksi, dapat berubah bentuk tetapi tak dapat dimusnahkan atau diciptakan.

Macam-Macam Energi, Rumus, Sifat dan Contohnya (Lengkap)

Disadari atau tidak, banyak energi yang kita temukan atau kita butuhkan setiap harinya dalam berbagai bentuk. Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan macam-macam energi yang ada di dunia.

Macam-Macam Energi

Di bumi ada bermacam-macam energi. Ada energi yang dihasilkan dari perubahan-perubahan energi lainnya. Berikut ini macam-macam energi.

Energi Bunyi

Energi bunyi bisa dihasilkan dari getaran suatu benda. Misalnya pada saat kita mendengar bunyi petir yang sangat keras, kaca-kaca di rumah kita akan ikut bergetar bahkan jika bunyinya sangatlah kuat, tak menutup kemungkinan kaca bisa pecah.

Hal itu terjadi sebab bunyi adalah salah satu bentuk energi yang merambat melalui udara. Pada saat terjadi petir sebenarnya energi yang berasal darinya tidak hanya mengenai kaca tetapi seluruh bagian rumah. Tetapi, energi dari petir tidak cukup besar untuk bisa menggetarkan bagian-bagian rumah yang lain.

Energi Cahaya

Energi cahaya bisa didapatkan dari benda-benda dengan kemampuan memancarkan cahaya, misalnya lampu matahari dan api. Energi cahaya umumnya disertai kehadiran energi lainnya, misalnya kalor.

Baca Juga:  √ Pengertian Limbah, Karakteristik, Jenis, Manfaat & Penangan

Seperti contoh pada pemakaian sel surya, cahaya yang berasal dari matahari bisa diubah menjadi energi listrik.

Energi Kalor

Kalor merupakan salah satu bentuk energi yang bisa menyebabkan perubahan temperatur dan bentuk zat. Energi kalor biasanya merupakan hasil dari perubahan energi lain. Contohnya, kita bisa mendapatkan energi kalor dari energi kimia yaitu pembakaran bahan bakar.

Contoh lain untuk mendapatkan energi kalor secara sederhana yaitu menggosok-gosokkan kedua telapak tangan kita.

Energi Kimia

Energi kimia yaitu bentuk energi yang dilepaskan selama berlangsungnya proses reaksi kimia. Energi kimia misalnya ketika kita memakan makanan. Makanan yang kita konsumsi saat ini sebagian besar mengandung bahan kimia.

Kandungan bahan-bahan kimia tersebut akan mengalami reaksi kimia di dalam tubuh kita. Selama proses tersebut berlangsung, unsur-unsur kemudian bereaksi dan melepaskan energi kimia yang akan membantu sistem metabolisme tubuh guna mendukung kegiatan sehari-hari.

Energi Kinetik

Energi kinetik yaitu energi yang ada pada sebuah benda karena geraknya. Semakin besar kecepatan gerak sebuah benda, maka akan semakin besar juga energi kinetik yang dimilikinya. Selain itu, energi kinetik sebuah benda akan semakin besar apabila besar massa benda yang bergerak semakin besar. Energi kinetik mempunyai rumus seperti berikut ini :

Ek = ½ x (m x v²)

 

Keterangan :

Ek        = Energi kinetik (J)

m         = massa benda (kg)

v          = kecepatan benda (m/s)

Energi Listrik

Salah satu bentuk penggunaan energi listrik yang sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari misalnya kipas, lampu, tv dan kulkas. Muatan-muatan listrik yang bergerak mampu menimbulkan arus listrik dan menghidupkan benda-benda elektronik.

Tenaga untuk membangkitkan listrik berasal dari beragam sumber misalnya tenaga matahari, uap, angin, nuklir dan panas bumi. Apabila kita ingin menghasilkan tenaga listrik dalam skala kecil kita bisa menggunakan generator, aki dan baterai.

Baca Juga:  √ Pengertian Filtrasi, Sentrifugasi, Evaporasi dan Distilasi

Energi Mekanik

Energi mekanik yaitu energi yang ada pada sebuah benda karena sifat geraknya. Contoh energi mekanik yaitu buah kelapa yang jatuh dari pohonnya ke tanah. Pada saat buah kelapa masih ada di pohon, besarnya energi mekanik sama dengan energi potensialnya.

Pada saat jatuh dan sampai ke tanah, maka besar energi mekanik sama dengan energi kinetiknya. Sehingga energi mekanik bisa dirumuskan seperti berikut :

Em       = Ep + Ek

 

Keterangan :

Em       = Energi mekanik

Ep        = Energi potensial

Ek        = Energi kinetik

Energi Nuklir

Energi nuklir yaitu energi yang muncul dari adanya proses reaksi nuklir. Reaksi nuklir mulai terjadi pada saat inti atom pecah atau bergabung menjadi inti atom yang lain atau partikel lain kemudian melepaskan energi kalor.

Reaksi nuklir bisa terjadi di bom nuklir, reaktor nuklir dan matahari. Reaksi nuklir dapat menghasilkan energi yang amat besar dan dapat dimanfaatkan untuk pembangkit listrik.

Energi Pegas

Energi pegas dimiliki oleh benda-benda yang bersifat elastis atau lentur, seperti ketapel, busur, trampolin, per, pegas dan masih banyak alinnya. Pada saat ditekan, ditarik, digulung atau direnggangkan, maka benda elastis akan kembali ke bentuk semual setelah dilepaskan.

Pada saat benda-benda tersebut diberikan gaya, energi yang dihasilkan disebut energi potensial dan pada saat dilepaskan maka yang yang adalah energi kinetik.

Energi Potensial

Energi potensial yaitu energi yang dimiliki suatu benda karena kedudukan benda terebut terhadap sebuah acuan. Energi potensial misalnya sebuah batu yang diangkat hingga ketinggain tertentu akan mempunyai energi potensial.

Apabila sebuah batu bermassa besar, maka energinya pun besar. Batu mempunyai energi potensial sebab adanya gaya gravitasi bumi sehingga energinya dinamakan energi potensial bumi. Energi potensial dipengaruhi oleh massa benda, gaya gravitasi dan ketinggian benda tersebut, sehingga dapat dirumuskan seperti berikut :

Baca Juga:  √ Pengertian Hukum Boyle, Rumus, Penerapan dan Contoh Soal

Ep        = m x g x h

 

Keterangan :

Ep        = Energi potensial

m         = massa benda

g          = gaya gravitasi

h          = ketinggian

Macam-Macam Energi, Rumus, Sifat dan Contohnya (Lengkap)
Macam-Macam Energi, Rumus, Sifat dan Contohnya (Lengkap)

Sifat-Sifat Energi

Energi mempunyai sifat-sifat seperti berikut ini :

Transformasi Energi

Transformasi energi berarti bahwa energi bisa mengalami perubahan ke dalam bentuk lain, seperti energi kimia dari bahan bakar bisa berubah menjadi energi gerak kendaraan.

Transfer Energi

Transfer energi artinya energi panas (heat) bisa ditransfer dari tempat yang satu ke tempat yang lain atau dari material yang satu ke material yang lain.

Energi Bisa Dipindahkan Ke Benda Lain

Energi dapat dipindahkan dari suatu benda ke benda lainnya melalui gaya yang mengakibatkan terjadinya pergeseran dan dinamakan energi mekanik. Energi yang umum digunakan dalam perhitungan mesin-mesin konversi energi adalah energi mekanik putara poros sebab hampir seluruh bagian mesin konversi berupa mesin rotari.

Gerak poros mesin (mesin rotari) lebih dipilih daripada  putaran bolak balik (reciprocating) sebab gerak rotari memiliki tingakt efisiensi mekanik yang lebih tinggi, rendah getaran serta tidak memerlukan banyak komponen mesin yang rumit. Energi bisa langsung ditransfer maupun diterima tanpa memerlukan tambahan alat.

Energi Kekal

Energi dikatakan kekal sebab energi tidak bisa diciptakan juga tidak dapat dimusnahkan. Energi akan selalu ada dan dibutuhkan sehingga keberadaannya kekal.

Itulah penjelasan materi Macam-Macam Energi, Rumus, Sifat dan Contohnya (Lengkap). Terima kasih sudah membaca artikel kami, semoga artikel kami memberikan manfaat bagi para pembaca. 🙂