√ 17 Pengertian Analisis Sistem Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

17 Pengertian Analisis Sistem Menurut Para Ahli Terlengkap –  Sistem dapat diartikan sebagai sebuah kesatuan dari semua bagian yang saling berhubungan di mana keberadaannya ada satu daerah atau bagian yang memiliki unit-unit penggerak di dalamnya.

17 Pengertian Analisis Sistem Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian sistem secara etimologis memiliki asal kata dari bahasa Latin yakni “systema” dan bahasa Yunani yakni “sustema” yang berarti bahwa suatu kesatuan yang tersusun dari elemen atau komponen yang dihubungkan secara bersamaan agar materi atau informasi bisa mengalir dengan mudah tanpa hambata sampai meraih tujuan.

Pengertian Analisis Sistem

Sistem ialah suatu istilah yang amat lazim dijadikan topik pembahasan dalam forum-forum diskusi maupun karya ilmiah. Oleh sebab itu, pemakaian istilah atau kata sistem bisa diterapkan di semua bidang dengan maknanya tersendiri di dalamnya.

Tetapi, sistem secara umum bisa didefinisikan sebagai sekumpulan elemen atau komponen itu bisa saling berinteraksi satu sama lain agar bisa mencapai tujuan tertentu.

Baca Juga:  √ Pengertian Gopher, Fungsi, Cara Kerja, Contoh, Kelebihan Dan Kekurangan Gopher Lengkap

Suatu sistem ialah piranti yang amat penting dan dibutuhkan oleh sebuah instansi resmi atau perusahaan. Hal tersebut disebabkan adanya sistem terintegrasi, kinerja sebuah perusahaan maupun instansi tersebut bisa lebih sistematis dan terarah.

Tetapi, agar bisa merasakan dampak positif dari pemanfaatan sistem, keseluruhan unsur yang terhubung di dalamnya harus bisa bekerja sama untuk bisa mencapai tujuan tertentu sebagaimana telah ditentukan sebelumnya.

Pengertian Analisis Sistem Menurut Ahli

Agar lebih bisa memahami apa yang dimaksud dengan analisis sistem, maka sebaiknya simak penjelasan para ahli berikut ini.

W. Satzinger, R. B. Jackson dan S. D. Burd (2010, p4)

W. Satzinger, R. B. Jackson dan S. D. Burd (2010, p4) memberikan definisi analisis sistem yakni proses pemahaman serta penentuan secara mendetil mengenai apa saja yang semestinya diraih oleh sistem informasi.

Jimmy L. Goal (2008: 73)

Jimmy L. Goal mengungkapkan bahwa analisis sistem ialah penjabaran dari sebuah sistem informasi yang utuh menjadi bagian-bagian elemennya dengan tujuan untuk mengidentifikasi serta mengevaluasi persoalan-persoalanm peluang-peluang dan hambatan yang terjadi serta kebutuhan yang diharapkan agar bisa diusulkan perbaikan-perbaikannya.

17 Pengertian Analisis Sistem Menurut Para Ahli Terlengkap
17 Pengertian Analisis Sistem Menurut Para Ahli Terlengkap

Al Fatta (2007: 4)

Analisis sistem dalam pandangan Al Fatta ialah metode pemecahan masalah yang menjabarkan bagian-bagian elemen dengan mempelajari bagaimana kualitas bagian-bagian elemen tersebut bekerja serta berinteraksi dalam meraih tujuan-tujuannya.

Mc Leod (2007, p74)

Mc Leod menyatakan bahwa analisis sistem ialah penelitian pada sistem yang sudah ada yang bertujuan daam merancang sistem baru atau untuk memperbaharui sistem yang sudah ada tersebut.

Jogiyanto (1995)

Analisis sistem dalam pandangan Jogiyanto (1995) ialah penjabaran dari sebuah sistem informasi yang utuh menjadi bagian-bagian yang bermaksud untuk mengidentifikasi juga mengevaluasi persoalan, peluang dan hambatan yang bisa terjadi serta kebutuhan yang diinginkan agar bisa diusulkan perbaikannya.

Baca Juga:  √ 37 Pengertian Sistem Menurut Para Ahli (Bahasan Lengkap)

Kristanto (2003)

Kristanto menyatakan bahwa analisis sistem ialah sebuah proses menghimpun dan menginterpretasikan fakta-fakta yang ada, mendiagnosa permasalahan serta memakai keduanya untuk memperbaiki sistem tersebut.

Mardi (2011, p124)

Mardi memberikan definisinya mengenai analisis sistem ialah proses kerja dalam pengujian sistem informasi yang telah ada dengan lingkungannya agar didapatkan petunjuk beragam kemungkinan perbaikan yang bisa dilakukan dalam upaya peningkatan kemampuan sistem itu.

Pressman

Pressman berpendapat bahwa analisis sistem ialah aktifitas mengidentifikasi atau menemukan masalah, mengevaluasinya, membuat model dan spesifikasi sistem.

Yourdan

Yourdan menyatakan bahwa analisis sistem yakni sebuah aktifitas mentransformasi dua masukan utama yakni anggaran proyek dan kebijaksanaan pemakai ke dalam spesifikasi yang sistematis. Dalam aktifitas tersebut melibatkan model dan alat diagram aliran data, komunikasi data dan diagram antar-entitas.

Kenneth dan Jane (2006: 12)

Analisis sistem yang diartikan oleh Kenneth dan Jane yakni aktifitas menganalisis perosalan dari sebuah perusahaan dan pemecahan persoalan itu dengan memanfaatkan sistem informasi.

O’ Brien dan Marakas (2009: 639)

O’Brien dan Marakas menyatakan bahwa analisis sistem ialah aktifitas menganalisis persyaratan dan komponen dari suatu sistem secara terperinci.

Bentley dan Whitten (2009: 160)

Bentley dan Whitten mengungkapkan bahwa analisis sistem ialah suatu metode dalam mencari pemecahan masalah sistem yang ada dengan cara mengategorikan komponen-komponen yang ada ke dalam komponen-komponen yang lebih kecil sehingga bisa ditemukan solusi yang sesuai dengan kebutuhan sistem.

Stair dan Reynolds (2010)

Stair dan Reynolds berpendapat bahwa analisis sistem yaitu sistem yang menentukan informasi apa saja yang sebaiknya dilakukan dalam memecahkan masalah-masalah yang ada dengan cara mempelajari sistem dan proses kerja untuk menemukan kelemahan, kekuatan serta kemungkinan untuk perbaikan.

Baca Juga:  √ Pengertian Audit Sistem Informasi, Tujuan, Jenis, Tahapan & Lingkup

Laudon dan Laudon (2010)

Pengertian analisis sistem yang diberikan oleh Laudon dan Laudon terdiri atas identifikasi masalah, identifikasi penyebab masalah, penentuan solusi serta indentifikasi kebutuhan informasi yang dibutuhkan oleh sistem tersebut.

Mulyanto dkk. (2008)

Mulyanto dkk. menyatakan bahwa analisis sistem ialah suatu metode pemecahan masalah yang menjabarkan suatu sistem menjadi komponen-komponen yang bertujuan mempelajari sejauh mana kualitas semua komponen itu bisa bekerja dan berinteraksi dalam mencapai tujuan yang sudah ditentukan.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian analisis sistem dalam KBBI yaitu proses sistematis atau prosedur yang memungkinan terjadinya perpaduan pertimbangan para ahli di berbagai bidang ilmu agar mendapatkan hasil yang sempurna dari manfaat tiap disiplin ilmu, pengamatan tentang sebuah kegiatan, prosedur, metode atau teknik dalam menentukan manfaat aktifitas tersebut serta cara paling baik dalam mendapatkannya.

Kamus Merriam-Webster

Analisis sistem dalam Kamus Merriam-Webster diartikan sebagai proses mempelajari sebuah prosedur maupun bisnis untuk menemukan tujuan serta bertujuan menciptakan prosedur dan sistem sebagai metode pemecahan masalah yang membagi sistem ke dalam bagian-bagian komponen dengan tujuan mengetahui kualitas setiap bagian komponen dapat bekerja dan berinteraksi dalam mencapai tujuan.

Demikian penjelasan materi 17 Pengertian Analisis Sistem Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga penjelasan di atas dapat mudah dimengerti serta menjadi wawasan baru bagi para pembaca. Terima kasih 🙂