√ Pengertian Artefak, Jenis, Contoh dan Gambarnya Lengkap

Posted on

Pengertian Artefak, Jenis, Contoh dan Gambarnya Lengkap – Dalam kehidupannya manusia dari berbagai masa akan membutuhkan, menggunakan, menciptakan atau meninggalkan jejak-jejak sebagai petunjuk tentang gambaran kehidupan mereka di masa itu.

Penggunaan benda-benda kehidupan manusia berbeda dari masa ke masa sesuai dengan kondisi alam serta kemampuan manusianya.

Pengertian Artefak, Jenis, Contoh dan Gambarnya Lengkap

Manusia purba dengan kehidupan primitf ala zaman purba pun diketahui sudah menggunakan alat-alat bantu kehidupan yang dinamakan artefak. Mau tahu lebih lengkap mengenai artefak? Simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Artefak

Artefak ialah sebuah bend yang menjadi peninggaan sejarah yang dibuat secara manusal dengan tangan manusia (benda alami tanpa dimodifikasi) yang bisa dipindahkan dari suatu tempat ke tempat lain (movable) dengan tetap mempertahankan bentuk aslinya.

Pengertian Artefak, Jenis, Contoh dan Gambarnya Lengkap
Pengertian Artefak, Jenis, Contoh dan Gambarnya Lengkap

Kemudahan pemindahan artefak dengan tetap mempertahankan bentuk aslinya akan sangat bermanfaat bagi sejarawan atau peneliti dalam keperluan penelitian ataupun sebagai benda pajangan di museum sehingga keberadaannya dapat dinikmati oleh manusia di zaman modern.

Artefak adalah bentuk fisik kebudayaan yang merupakan hasil kegiatan, tindakan dan karya manusia dalam bentuk benda maupun hal-hal yang dapat dilihat, diraba hingga didokumentasikan. Sifat artefak merupakan yang paling nyata dari tiga wujud kebudayaan.

Baca Juga:  √ Sejarah Pergerakan Wanita Raden Ajeng Kartini (R. A. Kartini)

Dalam kehidupan bermasyarakat, wujud-wujud kebudayaan akan selalu terikat dan tidak dapat dipisahkan, misalnya bentuk kebudayaan ideal memberi arahan dan mengatur tindakan serta karya manusia.

Pengertian artefak dalam bidang arkeologi adalah bahan alami atau benda yang dibuat dengan tangan manusia atau jelas menjukkan jejak-jeak buatan manusia melalui proses penambahan atau pengurangan terhadap benda alam tersebut.

Ciri-Ciri Artefak

Artefak mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Dibuat dari batu dan sudah mulai halus.
  2. Termasuk dalam hasil budaya yang diabadikan.
  3. Memiliki bentuk yang beragam misalnya bulat, lonjong, persegi dan lainnya.
  4. Pada waktu ditemukan berwujud pecahan-pecahan yang disatukan maupun benda utuh.
  5. Termasuk hasil peristiwa sejarah.

Jenis-Jenis Artefak

Artefak merupakan benda-benda sisa kehidupan manusia di masa lalu yang dibuat menggunakan tangan serta dapat dipindah-pindahkan tanpa merusak bentuknya. Berdasarkan ilmu arkeologi, jenis-jenis artefak dibedakan menurut zamannya, yaitu :

Zaman Paleolitikum (Zaman Batu Tua)

Von Keoningswald melakukan suatu penelitian di wilayah Pacitan dan Ngandong, jawa timur dan mendapatkan kesimpulan bahwa manusia purba yang hidup di masa paleolitikum telah membekali diri mereka dengan senjata untuk perlindungan diri. Hal itu diketahui dari artefak berbentuk kapak genggam atau kapak perimbas.

Kapak Perimbas

Zaman Mesholitikum (Zaman Batu Tengah/ Batu Madya)

Manusia yang hidp pada masa mesholitikum sudah mulai untuk hidup menetap serta membangun tempat tinggal bersifat permanen. Hal ini diperkuat dengan penemuan abris sous roche yang merupakan sebuah tempat tinggal berbentuk ceruk atau batu karang.

Kemudian, ada juga penemuan kjokkenmodinger yang merupakan sampah dan siput berwujud gunungan besar yang menimbulkan asumsi bahwa manusia di zaman ini sudah hidup menetap. Penemuan artefak lainnya adalah kapak genggam, penggiling dan tulang.

Baca Juga:  √ Pengertian Demokrasi Liberal, Ciri, Kelebihan & Kekurangan

Abris sous roche

Zaman Logam

Manusia yang hidup pada zaman logam telah mampu membuat alat-alat berbahan logam/ hal ini diketahui dari ditemukannya artefak berupa perhiasan yang dibuat dari emas, perunggu dan besi seperti nekara, moko, bejana perunggu dan kapak corong.

Artefak Zaman Logam

Zaman Megalitikum (Zaman Batu Besar)

Zaman megalitikum atau zaman batu besar adalah tonggak dari lahirnya bangunan-bangunan yang terbuat dari batu dengan ukuran besar. Penginggalan-peninggalan penting dari zama ini misalnya dolmen, kubur batu, keranda (sarkofagus), menhir dan arca.

Dolmen

Contoh Artefak di Indonesia

Artefak dibuat secara sederhana dengan tangan manusia dengan keunggulan bisa dipindahkan dan tidak merusak bentuk aslinya. Hal itu dilakukan dengan tujuan untuk mempermudah para peneliti maupun ilmuwan dalam meneliti benda-benda tersebut serta dapat dengan mudah diletakkan di museum sebagai objek rekreasi edukasi.

Beberapa artefak dari beberapa zaman yang ditemukan di Indonesia antara lain alat-alat berbahan batu, gerabah, logam, tanduk binatang, kertas dan masih banyak lagi dengan bentuk yang bermacam. Berikut ini contoh artefak di Indonesia disertai gambar.

Kapak Genggam

Kapak genggam adalah salah satu artefak yang banyak menarik perhatian ilmuwan dan penikmat sejarah karena keunikan bentuknya. Kapak genggam adalah senjata untuk berburu binatang atau kebutuhan makanan lainnya.

Sejarah mencatat bahwa homo sapiens menggunakan alat ini untuk mengupas umbi-umbian. Kapak genggam ditemukan di beberapa wilayah seperti Kalianda (Lampung), Trunyan (Bali) dan Awang Bangkal (Kalimantan Selatan). Kapak genggam banyak dipajang di museum.

Pisau Belati dari Tulang

Alat pada gambar di atas dibuat dari tanduk rusa dan merupakan peninggalan dari zaman paleolitikum serta hasil dari budaya Ngandong.

Artefak Anak Panah

Artefak dalam gambar tersebut ialah anak panah yang dibuat dari batuan gamping. Artefak anak panah ditemukan di beberapa wilayah misalnya di Gua Kadang dan Gua Gede (Tuban) dan Gua Lawa (Sampung).

Baca Juga:  √ Pengertian OPEC, Sejarah, Tujuan dan Anggota OPEC (Lengkap)

Alat Serpih

Alat serpih merupakan sisa dari pembuatan kapak genggam yang kemudian ditajamkan. Alat serpih dipakai untuk banyak hal seperti sebagai penusuk, gurdi, serutan serta pisau. Alat ini banyak mendapat perhatian sebab dapat dipakai untuk banyak kegiatan bermanfaat. Alat serpih bisa ditemukan di Solo sampai ke Flores.

Demikian penjelasan materi Pengertian Artefak, Jenis, Contoh dan Gambarnya Lengkap. Apakah ada contoh artefak lainnya yang ditemukan di wilayah sekitar tempat tinggalmu ataukah kamu sudah melihat lebih banyak lagi contoh artefak yang tidak disebutkan dalam contoh di atas? 🙂