√ Pengertian Batuan Malihan (Batuan Metamorf) dan Jenisnya

Posted on

Pengertian Batuan Malihan (Batuan Metamorf) dan Jenisnya– Pada pembahasan sebelumnya sudah disampaikan materi tentang batuan sedimen dan batuan beku. Dalam kesempatan ini, akan disampaikan materi tentang batuan malihan atau batuan metamorf.

Pengertian Batuan Malihan (Batuan Metamorf) dan Jenisnya

Batuan ini akan di jelaskan sebagai berikut

Pengertian Batuan Malihan

Batuan malihan atau metamorf ialah jenis batuan yang mengalami perubahan bentuk susunan fisik ataupun susunan kimianya sehingga ada perbadaan dengan batuan induknya. Dalam proses perunahan batuan metamorf melibatkan suhu yang  tinggi dan tekanan dalam kurun waktu yang sangat panjang.

Pengertian Batuan Malihan (Batuan Metamorf) Beserta Jenisnya Lengkap
Pengertian Batuan Malihan (Batuan Metamorf) Beserta Jenisnya Lengkap

Jenis Batuan Malihan

Batuan malihan diklasifikasikan menjadi 3 jenis, yaitu :

Batuan Metamorf Kontak

Batuan metamorf kontak bisa terbentuk oleh adanya pengaruh intrusi magma di temperatur yang sangat tinggi. Temperatur yang tinggi diakibatkan dekat dengan magma.

Batuan metamorf kontak dipengaruhi oleh letakn intrusi, apabila letak intrusinya makin jauh, maka derajat metamorfosisnya semakin berkurang. Batuan metamorf kontak, misalnya batuan lakolit, batuan sill dan batuan batolit.  

Batuan Metamorf Dinamo

Batuan metamorf dinamo bisa terbentuk sebagai akibat akibat dari tekanan yang sangat tinggi dan dalam jangka waktu yang kurang lebih sama dan dibentuk dalam proses pembentukan kulit bumi dari tenaga endogen.

Jenis batuan metamorf dinamo umunya terjadi bagian atas kerak bumi. Tekanan yang berlawanan menyebabkan perubahan butiran-butiran mineral menjadi pipih dan ada pula yang kembali ke bentuk kristal. Ada beberapa jenis batuan metamorf yang berubah menjadi batuan hablur, misalnya batuan serpih dan batuan serbuk.

Baca Juga:  √ Pengertian Geografi Sosial Menurut Para Ahli dan Contohnya

Batuan Metamorf Pneumatolitis Kontak

Batuan metamorf pneumatolitis kontak dapat terbentuk sebab pengaruh dari gas di dalam magma. Gas panas tersebut menyebabkan perubahan susunan kimiawi mineral dari batuan jenis ini. Batuan metamorf jenis ini contohnya batu kuarsa dengan gas boirum menghasilkan batu turmalin, sejenis batu permata.

Demikian penjelasan materi tentang Pengertian Batuan Malihan (Batuan Metamorf) dan Jenisnya,. Semoga artikel di atas bisa menambah khazanah pengetahuan pembaca. Baca juga artikel kami lainnya. 🙂