√ Pengertian Bentuk Muka Bumi Pada Peta dan Simbolnya Lengkap

Posted on

Pengertian Bentuk Muka Bumi Pada Peta dan Simbolnya Lengkap – Permukaan bumi terdiri dari bentuk-bentuk yang hampir sama maupun sangat berbeda. Salah satu bentuk muka bumi yaitu dataran tinggi dengan suhu yang sejuk dan terletak ribuan meter di atas permukaan laut. Ada juga dataran rendah yang berdekatan dengan pantai dan suhu udaranya rendah.

Kita akan lebih paham jika melihat bentuk-bentuk muka bumi secara langsung. Namun, terkadang tak semua bentuk muka bumi bisa disaksikan secara langsung. Salah satu cara mengetahui bentuk muka bumi dengan melalui peta. Penggambaran bentuk buka bumi bisa dilakukan melalui dua jenis peta yakni peta umum dan peta tematik (khusus).

Pengertian Bentuk Muka Bumi Pada Peta dan Simbolnya Lengkap

Peta umum yaitu sebuah peta yang memberi gambaran muka bumi secara umum. Peta umum menggunakan simbol-simbol untuk menggambarkan kenampakan bentuk muka bumi. Peta khusus atau tematik adalah jenis peta yang memberikan gambaran kenampakan-kenampakan geosfer tertentu secara fisik atau sosial budaya.

Pengertian Bentuk Muka Bumi

Bentuk muka bumi adalah penampakan muka bumi yang ada di daratan dan di perairan. Bentuk muka bumi di daratan tidak sama rata, namun berupa dataran rendah, dataran tinggi, gunung, lembah dan basin. Ada banyak bentuk muka bumi di perairan.

Baca Juga:  √ Pengertian Erosi, Dampak, Proses, Jenis & Cara Pencegahannya

Penggambaran bentuk muka bumi dilakukan dengan dua jenis peta yakni peta biasa yang biasanya berwarna dan peta khusus. Peta merupakan sebuah gambaran bumi di bidang datar menggunakan skala tertentu yang melalui sistem proyeksi. Penggambaran bentuk muka bumi dilakukan menggunakan simbol-simbol yang tidak bisa ditampilkan sebagaimana mestinya.

Bentuk-Bentuk Muka Bumi di Peta

Bentuk-bentuk muka bumi yang digambarkan dalam peta, antara lain :

Daratan

Daratan adalah bentuk muka bumi yang secara tetap atau permanen tidak ditutupi air.

Dataran Rendah

Dataran rendah adalah bentuk muka bumi yang berada pada ketinggian kurang lebih 0 sampai 400 m.

Dataran Tinggi

Dataran tinggi yaitu bentuk muka bumi yang berada pada ketinggian kurang lebih 400 sampai 1.000 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Perbukitan atau Pegunungan

Perbukitan atau pegunungan adalah bentuk bumi yang mempunyai sudut kemiringan lereng yang relatif lebih besar daripada daratan yang berada di ketinggian lebih dari 1.000 mdpl.

Danau, Rawa dan Waduk

Danau adalah wilayah daratan yang luas dan cekung yang terisi oleh air. Rawa adalah daratan yang berada di wilayah rendah (umumnya pantai) dan digenangi air secara periodik ataupun tetap. Waduk adalah sebutan bagi danau yang dibentuk oleh manusia.

Sungai

Sungai adalah sebuah jalur atau tempat penampungan air yang dilalui air yang mulanya dari hulu menuju hilir. Sungai biasanya mempunyai sumber air pada bagian hulu di wilayah pegunungan dan muaranya berada di laut.

Gunung

Gunung adalah bentuk muka bumi yang keberadaannya menonjol. Gunung biasanya da di ketinggian di atas 1.000 mdpl.

Kota

Kota merupakan pusat pemukiman dan aktivitas penduduk dengan batas daerah administrasi yang diatur dalam undang-undang dan menmpunyai ciri khas kehidupan perkotaan.

Baca Juga:  √ Pengertian Batuan Sedimen, Jenis, Proses Dan Warna Lengkap

Lautan

Lautan merupakan laut dengan skala yang lebih luas. Lautan adalah bentuk muka bumi yang terdiri dari kumpulan air asin yang menutupi permukaan bumi secara sambung menyambung.

Dangkalan

Dangkalan adalah bentuk muka bumi yang terdapat di perairan dengan bentuk melandai ke arah laut dan mempunyai kedalaman lebih dari 200 m. contoh dangkalan di Indonesia, misalnya Dangkalan Sunda dan Dangkalan Sahul.

Lereng

Lereng dalah bentuk muka yang ada di dasar laut dengan kedalaman kurang lebih 200 sampai 400 m. lereng adalah keanjutan dari dangkalan.

Palung Laut

Palung laut atau trench adalah bentuk muka bumi di dasar laut yang kedalamannya mencapai lebih dari 5.000 m. keadaan palung laut yaitu sempit, curam, memanjang dan dalam.

Lubuk Laut

Lubuh laut atau basin adalah bentuk muka bumi di dasar laut yang berbentuk cekungan bulat sebagai hasil dari naiknya permukaan air laut (ingresi).

Gunung Laut

Gunung laut adalah bentuk muka bumi yang berupa gunung yang timbul dari dalam laut mengarah ke permukaan dan kaki gunung tersebut ada di dasar laut.

Punggung Laut

Punggung laut adalah sebuah perbukitan yang berada di dasar laut yang sewaktu-waktu bisa muncul ke permukaan dan menjadi pulau-pulau.

Ambang Laut

Ambang laut adalah sebuah bentuk muka bumi yang ada di dasar laut yang dangkal dan keberadaannya menjadi pemisah laut yang kedalamannya berbeda.

Pengertian Bentuk Muka Bumi Pada Peta dan Simbolnya (Terlengkap)
Pengertian Bentuk Muka Bumi Pada Peta dan Simbolnya (Terlengkap)

Simbol Muka Bumi di Peta

Di dalam peta terdapat banyak simbol dan warna yang masing-masing menjelaskan fenomena geosfer tertentu. Warna dan simbol dalam peta, antara lain :

Warna Hijau

Warna hijau di peta berarti wilayah yang ketinggiannya kurang dari 200 m dan sebagian besar merupakan dataran rendah.

Warna Hijau Muda

Warna hijau muda di peta berarti wilayah dengan ketinggian 200-400 mdpl. Bentuk muka bumi dengan warna hijau muda yaitu daerah landai dan bergelombang serta bukit.

Baca Juga:  √ Pengertian Tenaga Eksogen, Jenis dan Contohnya (Lengkap)

Kuning

Warna kuning di peta berarti wilayah di ketinggian 400 sampai 1.000 mdpl. Bentuk muka bumi berwarna uning didominasi perbukitan dan pegunungan rendah.

Coklat Muda

Warna coklat muda di peta berarti wilayah dengan ketinggian 1.000 sampai 1.500 mdpl dan didominasi wilayah pegunungan sedang yang disekitarnya terdapat gunung-gunung rendah.

Coklat

Warna coklat di peta berarti wilayah dengan ketinggian di atas 1.500 mdpl yang didominasi oleh gunung-gunung tinggi.

Biru Keputihan

Warna biru di peta berarti wilayah perairan. Warna biru keputihan berarti wilayah perairan dengan kedalaman kurang adri 200 m dan didominasi oleh bentuk lereng yang landai. Wilayah ini disebut zona neritik dan ada di sekitar pantai.

Biru Muda

Warna biru muda di peta menunjukkan wilayah laut dengan kedalaman mencapai 200 sampai 2.000 m dan didominasi oleh bentukan lereng yang cukup terjal dan merupakan terusan zona neritik.

Biru Tua

Warna biru tua di peta berarti wilayah laut yang kedalamannya di atas 2.000 m yang berupa palung laut, lubuk laut dan drempel.

Segitiga Merah

Segitiga merah di peta berarti gunung api aktif. Biasanya di dekat segitiga ada nama gunung dan angka ketinggian gunung.

Segitiga Hitam

Segitiga hitam di peta menunjukkan gunung berapi yang sudah tidak aktif. Nama dan ketinggian gunung disertakan di dekat simbol segitiga hitam.

Demikian penjelasan materi Pengertian Bentuk Muka Bumi Pada Peta dan Simbolnya Lengkap. Semoga artikel tersebut bisa menambah pengetahuan para pembaca. Terima kasih sudah mengunjungi website kami. 🙂