√ Pengertian Bola Voli, Sejarah dan Peraturan Permainannya

Posted on

Pengertian Bola Voli, Sejarah dan Peraturan Permainannya – Bola voli merupakan olahraga permainan yang dimainkan oleh dua grup di mana tiap-tiap grup saling berlawanan dan beranggotakan enam orang.

Bola voli selain bisa dimainkan secara berkelompok, bisa juga divariasikan dengan berpasangan atau satu lawan satu. Permainan bola voli dimainkan dengan cara melemparkan bola dari atas net supaya jatuh di dalam arena bermain lawan serta mencegah lawan melakukan serangan balik pada regu.

Olahraga voli pada tingkat internasional berada dalam naungan Federation Internationale de Volleyball (FIVB) dan olahraga voli di Indonesia menjadi urusan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI).

Pengertian Bola Voli, Sejarah dan Peraturan Permainannya

Permainan voli membutuhkan kelincahan pemain dan kerja sama tim yang baik. Tiap pemain akan melakukan serangan atau smash juga bertahan menghadapi serangan lawan, dibutuhkan pula kesigapan pemain sehingga tim bola voli bisa tangguh bertahan.

Pengertian Bola Voli

Permainan bola voli adalah salah satu cabang olahraga bola besar dan dimainkan dengan cara menjatuhkan bola ke dalam lapangan lawangan agar meraih nilai yang lebih besar dari lawan. Ada penghalang yang disebut net sebagai pembatas dan penghalang masuknya bola ke lapangan lawan.

Gerakan dalam olahraga bola voli dinamakan mem-volley yaitu gerakan memukul bola sebelum bola jatuh dan mengenai lapangan. Gerakan mem-volley dan memantulkan bola ke atas melibatkan semua anggota tubuh dengan ketentuan pantulannya atau sentuhannya haruslah sempurna. Ada dua regu dalam satu pertandingan bola voli dengan enam orang pada setiap regunya.

Baca Juga:  √ Asal Legenda Candi Prambanan ( Bahasan Terlengkap )

Sejarah Permainan Bola Voli

Permainan bola voli semula bernama mintonette yang ditemukan oleh William G. Morgan di tanggal 9 februari 1895 di Holyke, Amerika Serikat. Morgan merupakan pembina atau instruktur pendidikan jasmani (Director of Physical Education) di Young Men Christain Association (YMCA).

William G. Morgan lahirdi Lockport, New York di tahun 1870 dan tutup usia di tahun 1942. Organisasi YMCA sendiri dibentuk pada 6 Juni 1884 di London, Inggris. Pertemuannya dengan James Naismith (pencipta bola basket pada 6 November 1861 yang tutup usia pada 28 November 1939) melahirkan permainan voli ini.

Nama mintonette berganti nama menjadi voli di tahun 1896 lebih tepat ketika dilakukan demonstrasi pertama di International YMCA Training School. Menilik perkembangan bola voli yang pesat, maka YMCA mulai menggelar kejuaraan bola voli nasional hingga akhirnya terjadi penyebaran bola voli ke seluruh dunia.

Permainan bola voli pertama kalinya diadakan di Polandia athun 1974 dengan jumlah peserta yang cukup banyak. Kemudian, federasi bola voli internasional dibentuk tahun 1985 beranggotakan 15 negara dengan kedudukan berada di Paris, Perancis. Selanjutnya, International Volley Ball Federation (IVBF) menjadi induk permainan voli internasional.

Peraturan Permainan Bola Voli

Permainan bola voli memiliki berepa aturan antara lain :

Ukuran Lapangan

Sesuai standar yang diberikan oleh IVBF ukuran lapangan bola voli yaitu 9 m x 18 m dan garis batas serang pemain belakang berjarak 3 meter diukur dari garis tengah. Garis tepi lapangan voli adalah 5 cm.

Bola Voli

Standar bola voli yang dipakai dalam permainan mempunyai kriteria berbentuk bulat yang dibuat dari bahan sintetis atau kulit lunan serta berdiameter 65 sampai 67 cm dan beratnya 260 sampai 280 gram. Selain itu, bola voli harus dibuat dengan kombinasi warna.

Baca Juga:  √ Pengertian Tanam Paksa, Sejarah dan Tujuannya (Terlengkap)
Pengertian Bola Voli, Sejarah dan Peraturan Permainannya
Pengertian Bola Voli, Sejarah dan Peraturan Permainannya

Pakaian

Masing-masing pemain bola voli wajib menggunakan atribut-atribut berikut :

  1. Jersey, baju atau kaos bernomor dada dan bernomor punggung.
  2. Kaos kaki dan sepatu karet.
  3. Celana pendek dengan nomor di bagian paha kanan.

Penilaian

Ada dua kriteria yang dipakai dalam penilaian permainan bola voli yakni kemenangan dalam setiap set dan kesalahan reli. Faktor-faktor dalam penilaian adalah :

  1. Apabila pemain servis memenangkan reli, maka regunya memperoleh satu poin dan wajib melanjutkan servis.
  2. Apabila pemain servis tidak berhasil melakukan reli, maka regu lawan memperoleh satu poin dan berhak melakukan servis.
  3. Sebuah set, terkecuali set V, dimenangkan oleh sebuah regu yang memperoleh angka 25 lebih dulu dengan selisih minimum dua angka.
  4. Apabila permainan seri (24-24), maka permainan dilanjutkan hingga poin mencapai selisih dua angka.
  5. Apabila kedudukan kemenangan set 2-2, maka dalam set penentuan (V), dilanjutkan sampai poin menyentuh angka 15 dan selisihnya minimal dua angka.
  6. Apabila satu regu menolak bermain sesudah dipanggil, maka regu itu dinyatakan kalah 0-3 dan 0-25 pada tiap set.

Sistem Pertandingan

Permainan voli memakai sistem setengah kompetisi yang terdiri dari 8regu dan didistribusikan dalam 2 kelompok dengan 4 regu dalam tiap kelompok. Tiap regu mempunyai 10 pemain di mana 6 orang adalah pemain inti dan 4 orang adalah pemain cadangan. Pergantian pemain inti dengan cadangan tidak dibatasi saat pertandingan berjalan.

Jumlah Pemain

Jumlah minimal pemain yang dapat bermain yakni 4 orang. Jika kurang dari 4 orang, maka regu itu dinyatakan kalah. Tiap pertandingan dilangsungkan dengan 3 babak (Best of Three), kecuali dalam babak  sudah dapat dipastikan pemenangnya maka tidak perlu dilanjutkan ke babak 3.

Sistem hitungan yang dipakai yaitu 25 reli poin. Apabila poin seri (24-24) maka pertandingan ditambah 2 poin. Regu yang pertama kali unggul dengan selisih 2 angka menjadi pemenangnya.

Baca Juga:  √ Sejarah Sepak Bola Sampai Masuk ke Indonesia (Terlengkap)

Kemenangan dalam pertandingan penyisihan memperoleh 1 poin. Jika terdapat dua regu atau lebih dengan poin yang sama, maka pemenang ditentukan dengan melihat mutu poin dalam setiap set yang dimainkan. Tiap regu harus berpindah tempat di babak terakhir.

Jika dilakukan babak penentuan (set 3), maka regu yang bernilai rendah bisa meminta berpindah lapangan ketika regu lawan memperoleh 13 poin.

Time Out

Time out permainan voli hanya dilakukan 1 kali dalam tiap babak dan berlangsung 1 menit saja. Di luar aturan yang ditetapkan di sini, peraturan permainan mengikuti aturan internasional.

Sekian penjelasan materi Pengertian Bola Voli, Sejarah dan Peraturan Permainannya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah wawasan para pembaca. Terima kasih sudah membaca artikel kami 🙂