√ 33 Pengertian Budaya Menurut Para Ahli (Penjabaran Lengkap)

Posted on

33 Pengertian Budaya Menurut Para Ahli (Penjabaran Lengkap) – Kata budaya berasal dari bahasa Sansekerta “buddhayah” yang berarti semua yang berhubungan dengan akal dan budi manusia.

Budaya secara harfiah ialah cara hidup yang dipunyai oleh sekumpulan masyarakat yang diwariskan turun temurun pada generasi selanjutnya.

33 Pengertian Budaya Menurut Para Ahli (Penjabaran Lengkap)

Perbedaan antara suku, agama, politik, lagu, pakaian, bangunan, bahasa atau karya seni akan menjadikan sebuah budaya.

Pengertian Budaya Menurut Ahli

Berikut penjelasannya:

Koentjaraningrat

Koentjaraningrat menyatakan bahwa budaya ialah suatu sistem rasa dan pemikiran, suatu tindakan dan karya yang dihasilkan manusia dalam hidupnya dalam maysrakat yang dijadikan miliknya melalui proses belajar.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian budaya dalam KBBI ialah suatu ide, akal budi atau adat istiadat. Kebudayaan secara tata bahasa merupakan turunan dari kata budaya yang cenderung mengarah pada cara manusia berpikir.

Kluckhohn dan Kelly

Kluckhohn dan Kelly menyatakan bahwa budaya ialah semua konsep hidup yang tercipta secara sejarah yang eksplisit atau implisit, rasional dan irasional yang ada di suatu masa sebagai pedoman yang potensial bagi perilaku manusia.

Baca Juga:  √ 11 Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli (Terlengkap)

B. Taylor

Budaya mmenurut E. B. Taylor ialah sebuah keseluruhan kompleks mencakup kesusilaan, kepercayaan, adat istiadat, seni, kesanggupan, hukum dan kebiasaan lain yang umum dipelajari manusia sebagai bagian dari masyarakat.

Linton

Linton menyatakan bahwa budaya ialah semua sikap, pola perilaku dan pengetahuan yang menjadi sebuah kebiasaan yang dimiliki dan diwariskan oleah anggota masyarakat tertentu.

Soekomo

Soekomo menyatakan bahwa budaya ialah hasil usaha dan kerja manusia berupa buah pemikiran atau benda manusia selama hidupnya.

Edward T. Hall

Edward T. Hall mengungkapkan bahwa budaya yaitu komunikasi dan komunikasi merupakan budaya.

Geert Hofstede

Geert Hofstede mengartikan budaya sebagai pemrograman bersama atas ide yang membedakan anggota sebuah kelompok dengan anggota kelompok lain.

Jensen dan Trenholm

Jensen dan Trenholm berpendapat bahwa budaya ialah seperangkat nilai, norma, adat istiadat, kepercayaan kode dan aturan.

Fizee

Budaya menurut Fizee yaikni tingkat kecerdasan maksimal akal yang dihasilkan dalam sebuah masa sejarah bangsa di puncak perkembangannya. Budaya juga merupakan hasil yang dicapai sebuah bangsa dalam bidang falsafah, kesusastraan, kesenian dan ilmu pengetahuan. Selain itu, budaya pun merupakan way of life bangsa terlebih hubungannya dengan upacara keagamaan, adat istiadat, kebiasaan hidup masyarakat dan pemakaian bahasa.

Bounded et. al

Kebudayaan menurut Bounded et. al ialah hal yang terbentuk dari pengembangan kepercayaan manusia menggunakan simbol-simbol tertentu.

Francis Merill

Francis Merril mengungkapkan kebudayaan merupakan semua tingkah laku dan produk yang dihasilkan individu sebagai anggota masyarakat yang ditemukan dalam interaksi simbolis. Kebudayaan ialah pola-pola perilaku sebagai hasil interaksi sosial.

Wikipedia

Budaya dalam Wikipedia mempunyai arti sebagai sebuah cara hidup yang dimiliki dan berkembang secara komunal dari sekelompok orang dan diwariskan secara turun temurun.

Al Krueber (1958: 582 – 583)

Baca Juga:  √ Sejarah Sepak Bola Sampai Masuk ke Indonesia (Terlengkap)

Al Krueber menyatakan bahwa kebudayaan merupakan sebuah sistem dari pemikiran-pemikiran dan konsep-konsep. Kebudayaan adalah perwujudan serangkaian perilaku berpola dalam kegaiatan manusia.

33 Pengertian Budaya Menurut Para Ahli (Penjabaran Lengkap)
33 Pengertian Budaya Menurut Para Ahli (Penjabaran Lengkap)

Croydon (1973: 4)

Croydon menyatakan bahwa budaya ialah sebuah sistem pola terpadu yang mayoritas berada di alam bawah sadar tetapi semua yang mengatur tindakan manusia selayaknya senar yang dimanipulasi untuk mengontrol gerakan boneka.

K. Kupper

Kebudayaan menurut Dr. K. Kupper yaitu sistem ide yang menjadi tuntunan dan pengarah untuk manusia dalam berperilaku dan bertindak secara individu atau berkelompok.

Djojodigono (1958)

Djojodigono menyatakan kebudayaan ialah daya atas budi berupa karsa, cipta dan rasa.

Dawson

Kebudayaan dalam Age of the Gods karya Dawson ialah cara hidup bersama.

Moh. Hatta

Drs. Moh. Hatta menyatakan bahwa kebudayaan ialah karya hidup suatu bangsa.

Sidi Gazalba

Kebudayaan menurut Drs. Sidi Gazalba yaitu cara pikir dan merasa yang menyatakan diri dari semua segi kehidupan dari sekelompok manusia yang membentuk kesatuan sosial dalam sebuah ruang dan waktu.

Edward Spranger

Edward Spranger berpendapat kebudayaan yakni semua bentuk ekspresi kehidupan batin masyarakat. Peradaban merupakan bentuk kemajuan pola material dan teknologi kehidupan.

Herkovits

Herkovits mengungkapkan kebudayaan yakni sesuatu yang secara turun temurun dari generasi ke generasi lain yang disebut dengan superorganik.

Larson dan Smalley (1972: 39)

Larson dan Smalley menyatakan bahwa kebudayaan ialah cetak biru yang menuntun tindakan manusia dalam komunitas dan inkubasi dalam kehidupan lkeluarga. Kebudayaan mengatur tindakan manusia dalam kelompok, menjadikan manusia peka akan persoalan status dan membantu mansuia mengetahui tanggung jawabnya dalam kelompok. Perbedaan struktur budaya bisa mengkotak-kotakkan manusia.

Mitchell (Dictionary of Soriblogy)

Mitchell menyatakan bahwa kebudayaan ialah sebagian pengulangan kegiatan atau tindakan manusia dan produk hasil manusia yang secara sosial sudah memasyarakat dan tidak sekedar peralihan genetikal.

Mangunsarkoro

Mangunsarkoro menyatakan kebudayaan ialah semua hasil kerja dari jiwa manusia dalam pengertian seluas-luasnya.

Baca Juga:  √ Pengertian Hak Cipta, Fungsi, Ciri, Sifat, Hukum dan Contoh

Nostrand

Nostrand menyatakan bahwa kebudayaan ialah kepercayaan, sikap, tindakan, cara berpikir dan mengingat bersama oleh seluruh anggota kelompok itu.

Robert H. Lowie

Robert H. Lowie menyatakan bahwa kebudayaan yakni keseluruhan yang didapat seseorang dari masyarakat meliputi adat istiadat, kepercayaan, kebiasaan makan, norma-norma artistik, keahlian yang didapat bukan dari kreatifitasnya tetapi warisan masa lalu memlaui pendidikan formal maupun informal.

Ralph Linton (1945: 30)

Kebudayan dalam pandangan Ralph Linton yaitu semua cara hidup masyarakat manapun dan regular tidak saja tentang sebagian cara hidup masyarakatyan dipandang akan dibuat lebih.

Raymond Williams (1961: 16)

Raymond Williams menyatakan budaya merupakan semua kehidupan, intelektual, materi dan spiritual.

Sutan Takdir Alisyahbana

Sutan Takdir Alisyahbana mengungkapkan bahwa kebudayaan ialah manifestasi cara pikir.

William H. Haviland

William H. Haviland berpendapat bahwa kebudayaan ialah seperangkat norma dan aturaan yang secara bersama dimiliki anggota masyarakat yang apabila dijalankan oleh anggotanya akan menimbulkan perilaku yang dirasa layak serta bisa diterima masyarakat.

Ki Hajar Dewantoro

Kebudayaan menurut Ki Hajar Dewantoro yakni hasil perjuangan masyarakat akan zama dan alam yang menjadi bukti kejayaan dan kemakmuran hidup masyarakat dalam menghadaipi atau menyikapi rintangan dan kesulitan guna mencapa keselamatan, kemakmuran dan kebahagiaan hidup.

Lehman, Himstreet dan Batty

Lehman, Himstreet dan Batty menyatakan bahwa budaya merupakan kumpulan pengalaman hidup berupa perilaku, kepercayaan dan gaya hidup di sekelompok masyarakat tertentu.

Sekian penjelasan materi 33 Pengertian Budaya Menurut Para Ahli (Penjabaran Lengkap). Semoga penjelasan di atas bisa dipahami dengan mudah serta bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih 🙂