√ Pengertian Danau, Macam, Jenis, Contoh, Proses & Manfaatnya

Posted on

Pengertian Danau, Macam, Jenis, Contoh, Proses & Manfaatnya – Air adalah salah satu sumber daya alam yang mempunyai peranan vital sehingga sumber-sumber air sangat penting adanya. Beberapa sumber air misalnya laut, samudera dan danau.

Pengertian Danau, Macam, Jenis, Contoh, Proses & Manfaatnya

Ada sumber air yang terjadi secara alami ataupun buatan manusia. Dalam pembahasan ini sumber air yang akan dibahas yaitu danau.

Pengertian Danau

Danau dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mempunyai arti genangan air yang sangat luas dan dikelilingi daratan. Danau dikenal juga dengan nama tasik atau telaga. Definisi lain menyebutkan bahwa danau adalah genangan air yang ditampung di dalam cekungan bumi dengan volume yang besar. Kemudian, mengutip dari Wikipedia diketahui bahwa danau yaitu sejumlah genangan air, baik tawar maupun asin, yang terkumpul dalam satu tempat yang luas.

Air yang ada di danau dapat berasal dari hujan, aliran sungai atau mata air yang keluar dari dalam tanah. Danau pun dapat juga dibentuk oleh manusia dengan membendung aliran sungai atau air. Danau bendungan umum disebut dengan waduk atau bendungan. Sebagian besar danau di dunia memiliki air tawar.

Macam-Macam Jenis Danau dan Contohnya

Danau dapat diklasifikasikan menurut proses pembentukannya. Namun, secara umum danau dibagi ke dalam dua kategori yaitu danau alami dan danau buatan. Danau alami adalah danau yang pembentukannya terjadi tanpa bantuan manusia dan benar-benar proses alam. Beberapa jenis danau alami dan buatan, di antaranya :

Baca Juga:  √ Pengertian Sungai, Klasifikasi, Fungsi, Manfaat & Contoh

Danau Tektonik

Danau tektonik adalah danau yang pembentukannya terjadi karena proses tektonik yang berupa patahan, lipatan atau gerakan lempeng bumi yang menjadikan sebagian tanah di permukaan bumi menjadi menurun. Danau tektonik contohnya yaitu Danau Toba di Sumatera Utara.

Danau Vulkanik

Danau vulkanik yaitu danau yang proses pembentukannya terjadi karena aktivitas vulkanik atau letusan gunung api. Erupsi gunung berapi dapat mengubah bentuk gunung yang semula kerucut menjadi bentuk cekungan. Danau vukanik contohnya yaitu Danau Matana di Sulawesi, Dana Karimutu di Flores dan Danau Maninjau di Sumatera Barat.

Danau Karst

Danau karst adalah danau yang pembentukannya merupakan akibat dari larutnya bahan kapur di dalam air sehingga terbentuk suatu cekungan. Danau karst contohnya yaitu Danau Lokva Bendogede di Gunung Kidul.

Danau Erosi

Danau erosi adalah danau yang proses terbentuknya karena erosi atau pendalaman dasar lembah oleh kumpulan es atau gletser dengan berat (massa) es yang besar. Danau erosi contohnya yaitu Danau Finger di New York dan The Great Lake di Amerika Utara.

Danau Tapal Kuda

Danau tapa kuda adalah danau yang pembentukannya dari aliran air sungai yang berkelok-kelok melalui daratan dan mengambil jalan pintas sehingga membentuk ptotongan-potongan. Kelokan-kelokan yang terbentuk dan terpotong kemudian menjadi sebuah danau. Danau tapal kuda contohnya yaitu danau-danau di daerah hilir Sungai Mahakam di Kalimantan.

Danau Bendungan Alami

Danau bendungan alami yaitu dana yang pembentukannya merupakan akibat tebing yang longsor dan menutupi aliran sungai tersebut. Danau bendungan alami contohnya yaitu Telaga Sarangan di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah serta Danau Pengilon di Dieng.

Danau Sungai Mati

Danau sungai mati atau oxbow lake adalah danau yang pembentukannya disebabkan adanya aliran sungai yng terputus sebagai akibat dari proses pembelokan arah aliran sungai atau mendering. Danau sungai mati umumnya terdapat pada bagian hilir sungai. Contoh danau sungai mati yaitu danau-danau di sekitar Sungai Barito di Kalimantan.

Baca Juga:  √ 10 Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Cirques

Danau cirques adalah danau yang pembentukannya bermula dari mencairnya es. Danau cirques banyak terdapat di daerah pegunungan tinggi yang sebagian tubuh gunung tersebut diselimuti oles massa es.

Danau Laguna

Danau laguna atau haff adalah danau yang pembentukannya terjadi karena proses pengendapan materi yang dibawa oleh arus sungai yang ada di sekitar pantai. Arus sungai yang terbendung oleh laut bebas membnetuk genangan air. Genangan air tersebut adalah campuran air tawar dan air laut. Danau laguna sangat jarang terdapat di Indonesia. Beberapa danau laguna di Indonesia mempunyai ukuran yang amat kecil.

Danau Glasial

Danau galasial adalah jenis danau yang pembentukannya terjadi karena proses erosi glasial atau erosi di gletser. Erosi yang terjadi membentuk suatu cekungan dan terisi air sehingga terciptalaha danau glasial. Danau glasial umum dijumpai di wilayah beriklim kutub. Danau glasial contohnya yaitu Danau St. Laurence di Kanada, Danau Michigan di Amerika dan Danau Mc. Kanzie.

Pengertian Danau, Macam, Jenis, Contoh, Proses dan Manfaatnya
Pengertian Danau, Macam, Jenis, Contoh, Proses dan Manfaatnya

Proses Pembentukan Danau

Danau adalah sebuah ckungan besar yang ada didaratan yang berisi air tawar ataupun air asin. Danau bisa terjadi akibat beberapa fenomena, seperti berikut ini :

  1. Turunnya permukaan bumi karena terjadi pergeseran atau patahan lempengan bumi
  2. Aktivitas vulkanik
  3. Terbentuknya lembah sungai sebagai hasil dari aliran lava ketika terjadi erupsi
  4. Melarutnya tanah kapur
  5. Pencairan es di wilayah yang semula daerah yang ditutupi es

Manfaat Danau

Danau memberikan bebrapa manfaat bagi ekosistem, antara lain :

  1. Danau bisa menjadi sumber air untuk pertanian
  2. Danau bisa menjadi sumber air minum untuk masyarakat
  3. Danau bisa menjadi sumber air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari
  4. Dana bisa dimanfaatkan sumber pembangkit listik tenaga air
  5. Danau bisa membantu dalam proses produksi barang
  6. Danau bisa dimanfaatkan menjadi tempat wisata
  7. Danau bisa dimanfaatkan untuk tempat budidaya ikan maupun tumbuhan
  8. Danau bisa dijadikan sarana pengembangan nilai-nilai budaya
  9. Danau dapat menjadi sarana penelitian dan edukasi
  10. Danau dapat menjadi sarana pelestarian keanekaragaman hayati
  11. Danau merupakan wadah meresapnya air tanah sekaligus tempat menampung air supaya tidak terjadi erosi tanah dan banjir
  12. Danau turut membantu dalam proses pembentukan tanah
Baca Juga:  √ Pengertian Kota Menurut Para Ahli Dan Ciri Kota Lengkap

Itulah penjelasan materi Pengertian Danau, Macam, Jenis, Contoh, Proses & Manfaatnya. Yuk baca juga artikel-artikel kami lainnya. Terima kasih 🙂