√ Pengertian Definisi Menurut Para Ahli, Syarat & Contohnya

Posted on

Pengertian Definisi Menurut Para Ahli, Syarat & Contohnya – Di dalam bahasa Indonesia banyak sekali kata yang terdapat di dalamnya. Kata tersebut sangat banyak dan luas serta memiliki fungsinya masing-masing.

Di dalam suatu kata terdapat makna yang mendalam. Kata yang di sebutkan oleh orang lain memeiliki banyak penjelasan. Pengertian yang ada di dalam kata dapat di artikan atau di jabarkan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Pengertian Definisi Menurut Para Ahli, Syarat & Contohnya

Pengertian dari kata tersebut dapat di namakan definisi. Untuk lebih mengenal tentang pengertian definsi akan di jelasakn sebagai berikut.

Pengertian Definisi

Definisi adalah berupa pernyataan tentang ciri penting dari suatu hal yang di dalamnya lebih kompleks dari pada arti, makna, atau juga pengertian daru suatu hal. Berbagai jenis definisi yang ada dan salah satunya adalah definisi perkataan di dalam kamus.

Definisi terbagi menjadi 3 yaitu

Definisi normaslis

Definisi praktis

Definisi realis

Pengertian Definisi Menurut Para Ahli

Definisi memiliki berbagai macam pengertian. Pengertiannya berbeda-beda tetapi terdapat satu tujuan yang pasti. Pengertian definisi tersebut adalah sebagai berikut.

Solomon

Definisi merupakan pernyataan yang dapat memberi arti pada suatu kata atau frase.

Rescher

Definisi merupakan suaut penjelasan yang menjelaskan tentang arti dari suatu kata. Penjelasan tersebut di haruskan membuat jelas tentang maksud kata dan definisi berhubungan dengan kata tidak dengan benda.

Baca Juga:  √ Pengertian Workshop, Jenis Dan Tata Pelaksanaan Workshop

Poespoprodjo

Definisi merupakan suatu perumusan singkat, padat, jelas, serta tepat dalam menerangkan “apa sebenarnya itu” sehingga dapat lebih jelas dan dapat memberi suatu perbedaan dari kata lain.

Syarat Definisi

Definisi memiliki keterangan lain sebagai menganalisis jenis dan sifat pembeda yang telah di kandungnya. di dalam definisi harus dapat memberi suatu pengertian yang menjelasakan tentang kata terbut memiliki tujuan seperti apa. Untuk lebih memahami definisi memiliki syarat sebagai berikut.

  1. Menjelaskan lengkap, jelas, dan singkat dari unsur pokok hal tersebut.
  2. Unsur yang di perlukan harus cukup untuk dapat menjelaskan kata tersebut.
Pengertian Definisi Menurut Para Ahli Beserta Syarat, Bagian Dan Contoh Definisi Lengkap
Pengertian Definisi Menurut Para Ahli Beserta Syarat, Bagian Dan Contoh Definisi Lengkap

Bagian Definisi

Definisi memiliki 2 bagian yaitu adalah

Definiendum

Definiendum adalah Sesuatu yang di definisikan

Definiens

Definiens adalah penjelasan yang dapat menjelasakan sesuatu

Contoh Definisi

contoh dari definisis anatara lain adalah

  1. Ayah adalah orang tua berjenis kelamin laki-laki.
  2. Ibu adalah orang tua berjenis kelamin perempuan.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Definisi Menurut Para Ahli, Syarat & Contohnya yang di jelasakan pustakaindo. Dengan melihat definisi kita dapat lebih mengerti tentang arti dari kata yang ada di dalam bahasa kita. Terimakasih 🙂