√ 21 Pengertian Dividen Menurut Para Ahli (Dengan Pembahan Mendalam)

Posted on

21 Pengertian Dividen Menurut Para Ahli (Dengan Pembahan Mendalam) – Suatu bentuk pembagian laba atau keuntungan pada para investor dalam periode tertentu menurut besarnya saham yang dimiliki disebut dengan dividen.

21 Pengertian Dividen Menurut Para Ahli (Dengan Pembahan Mendalam)

Besaran dividen yang diterima setiap pemegang saham tidaklah sama sebab bergantung pada besarnya saham yang dimiliki di suatu perusahaan.

Pengertian Dividen

Dividen bisa pula diartikan sebagai sebuah pembayaran yang diberikan pada para pemilik saham yang diambil dari laba perusahaan. Kebijakan dividen sangat memengaruhi kas dan laba perusahaan yang relatif lebih menguntungkan para pemegang saham apabila tidak ada kebijakan pengelolaan yang baik dan benar.

Baca Juga:  √ Pengertian Ekonomi Sosialis, Sejarah, Faktor & Kelebihannya

Suatu perusahaan mungkin saja tidak memberikan dividen dengan tujuan pemakaian keuntungan guna melakukan pengembangan atau ekspansi bisnis. Tetapi, biasanya perusahaan mengeluarkan dividen guna meningkatkan kepercayaan para investor untuk jangka panjang dan menarik investor baru yang mencari pemasukan tetap.

Pengertian Dividen Menurut Para Ahli

Untuk bisa mendapat pemahaman lebih mengenai pengertian dividen, mari simak pendapat para ahli mengenai pengertian dividen berikut ini.

Skousen et al (2001: 757)

Dalam Manurung dan Siregar (2008: 3) disebutkan pendapat Skousen et al (2001: 757) mengenai dividen yakni pembagian keuntungan secara proporsional pada para pemilik saham menurut jumlah saham yang dimiliki.

Tangkilisan dan Hessel (2003: 227)

Dividen yakni bagian dari keuntungan bersih yangn didistribusikan ke para penanam modal atau pemilik modal sendiri (ekuitas).

Reeve dkk. (2010: 275)

Dividen dipandang sebagai arus kas yang dibayarkan para para pemilik saham.

Stice et al (2010: 787)

Stice et al berpandangan bahwa dividen yakni pembagian yang dilakukan pada pemilik saham sebuah perusahaan dengan berdasarkan nilai saham yang dipunya oleh setiap pemilik saham.

Rusdin (2006: 73)

Rusdin menyebut bagian laba yang diberikan pada pemilik saham sebagai dividen.

21 Pengertian Dividen Menurut Para Ahli (Dengan Pembahan Mendalam)
21 Pengertian Dividen Menurut Para Ahli (Dengan Pembahan Mendalam)

Black’s Law Dictionary

Dikutip dari Irham Fahmi (2012: 83) yang memuat pengertian dividen dari Black’s Law Dictionary yakni keuntungan yang dibagikan oleh perusahaan yang asalnya dari keuntungan yang dihasilkan oleh perusahaan.

Scott Besley dan Eugene F. Brigham (2005: 300)

Pembagian yang kas yang kepada para pemegang saham dari keuntungan perusahaan yang dihasilkan dalam periode berjalan maupun dari periode sebelumnya disebut Besley dan Brigham dengan dividen.

Jefferson P. Jones et al (2009: 515)

Dividen merupakan nominal yang wajib dibayarkan secara berkala pada para penanam odal oleh perusahaan sebagai bentuk pengembalian modal yang telah ditanamkan. Dividen yakni keuntungan bersih yang diakumulasikan.

Baca Juga:  √ Pengertian Revolusi Industri, Proses, Latar Belakang & Dampak

Peter Moles, Robert Parrino dan David S. Kidwell (2011: 785)

Dividen yakni pendistribusian sesuatu yang memiliki nilai pada para investor dengan pro rata atau sebanding dengan persentasi saham yang dimiliki dalam perusahaan.

Paud D. Kimmel, Jerry J. Weygandt dan donald E. Kieso (2011: 584)

Pembagian sesuatu yang berharga yang dilakukan perusahaan pada para penanam modalnya secara pro rata atau proporsional berdasarkan kepemilikan diberikan Kimmel, Weygandt dan Kieso sebagai pengertian dividen.

Jamie Pratt (2011: 561)

Pratt menyebutkan bahwa pembagian uang kas, saham atau properti ke pemilik modal suatu perusahaan dinamakan dividen. Hal itu termasuk di dalam resolusi resmi direksi korporasi (umumnya 3 bulanan) serta nilainya diberitahukan berdasarkan setiap saham.

Nikiforos k. Laopodis (2013: 300)

Pembayaran tunai yang diberikan oleh perusahaan pada penanam modal dinyatakan sebagai dividen menurut Laopodis.

Ridwan S. Sundjaja dan Inge Barlian (2003: 437)

Dalam pandangan Sundjaja dan Barlian, pembagian laba yang dilakukan perusahaan yang mengeluarkan saham berdasarkan laba yang dihasilkan perusahaan disebut dividen.

Warsono (2003: 271)

Sebagian keuntungan yang ada untuk para investor biasa (earning available for common stakeholders) yang diberikan pada para investor yang berupa uang tunai disebut Warsono dengan dividen.

Baridwan (1997)

Perusahaan membagikan keuntungan yang dihasilkannya kepada para pemilik saham yang nilainya sesuai dengan banyaknya lembar saham yang dimiliki dinamakan dividen. Pembagian dividen tersebut dilakukan supaya perusahaan tetap dapat mengalami perubahan dari dividen yang sebelumnya diberikan.

Campbell R. Harvey

Dividen yang berikan secara tunai atau kas kepada para pemilik saham perusahaan dan besarannya diberikan menurut tingkat profitabilitas perusahaan tersebut merupakan pengertian dividen menurut Harvey.

Steven M. Sheffrin (2003)

Sheffrin menyebutkan bahwa dividen merupakan cara pembayaran yang dilakukan menggunakan mata uang (currency) dengan menggunakan transfer dana elektronik atau transfer bank maupun melalui lembar cek.

Baca Juga:  √ Pengertian AFTA, Anggota, Tujuan, Latar Belakang dan Manfaat

Brealey, Myers dan Marcus (2008: 44)

Dividen yakni pembayaran kas perusahaan untuk para penanam modalnya menurut Bearley, Myers dan Marcus.

Parthington (1989)

Dividen yakni sebagian laba perusahaan publik yang diperjualbelikan atau wadah penanaman modal lainnya yang dibagikan ke setiap pemilik saham dalam bentuk kas menurut proporsi atau persentasi dari setiap pemegang saham tersebut. Pembayaran dividen kas bergantung pada likuiditas, profitabilitas, arus kas, kestabilan dividen dan earnings, juga investasi dan pembiayaan perusahaan terkait.

Wild et al (2005)

Wild menyatakan bahwa pembagian kas perusahaan kepada para penanam modal disebut dengan dividen.

Gitman (2009)

Gitman mengungkapkan bahwa perusahaan melakukan pembayaran yang berupa tunai atau kontan secara berkala (misalnya tahunan, enam bulan atau interinm, maupun triwulan) kepada para pemegang saham dinamakan dengan dividen.

Demikian penjelasan materi 21 Pengertian Dividen Menurut Para Ahli (Dengan Pembahan Mendalam). Semoga penjelasan materi di atas bisa mudah dimengerti serta memberikan pengetahuan bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih 🙂