√ Pengertian E-Commerce Menurut Para Ahli & Manfaatnya

Posted on

Pengertian E-Commerce Menurut Para Ahli & Manfaatnya – Di dalam kehidupan ini pastilah para Manusia menginginkan suatu barang untuk menjadi miliknya. Untuk dapat melakukan itu di haruskan melakukan pembelian barang kepada para penjual yang menjual atau memiliki barang tersebut.

Pembelian barang pada tahun ke tahun berbeda dan mengalami kemajuan. Kemajuan yang dapat di lihat pada jaman sekarang adalah dengan adanya E-Commerce.

Pengertian E-Commerce Menurut Para Ahli & Manfaatnya

E-commerce dapat membantu dalam melakukan penjualan atau pembelian barang. Untuk dapat mengerti tentang e-commerce akan di jelasakan berserta manfaatnya sebagai berikut:

Pengertian E-Commerce

E-commerce adalah suatu cara melakukan penjualan atau pembelian barang dan menggunakan layanan jasa dengan menggunakan media elektronik untuk dapat memesan dan membelinya. Banyak pada zaman sekarang perusahaan atau toko-toko yang menggunakan e-commerce dalam menjuualkan barang atau produk serta jasa yang mereka sediakan untuk di perjual belikan.

Dalam melakukan e-commerce ini ada beberapa tahapan yang harus di lalui untuk memasarkan produknya. Setiap media yang menyediakan layanan ini memiliki persyaratannya masing-masing dan pada umumnya memiliki satu peraturan yang sama.

Baca Juga:  √ Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli & Tugasnya

Pengertian E-Commerce Menurut Para Ahli

Pengertian e-commerce ini banyak memiliki arti tetapi pada umumnya menjurus pada satu kesimpulan yang sama. Untuk dapat mengerti lebih lanjut akan di jelaskan oleh para ahli sebagai berikut:

Buku Jony Wong

E-commerce adalah suatu pembelian, pemasaran, dan penjualan barang dan jasa dengan menggunakan media elektronik. Media yang di gunakan seperti radio, televisi, atau dengan internet. E-commerce lengkap menyangkut dengan transfer dana dengan cara elektronik, dengan pertukaran dan juga pengumpulan data-data.

Sunarto

E-commerce adalah suatu sarana di dalam menjualkan suatu produk atau barang dengan online menggunakan fasilitas internet atau dengan perdagangan dengan media elektronik yang memanfaatkan jaringan komunikasi yang paling utama dalah internet.

Mark Van Ketel dan Tim Nelson

E-commerce adalah suatu model bisnis atau usaha yang memb uat suatu perusahaan atau sautu individu dapat melakukan transaksi bisnis dengan menggunakan jaringan internet atau pralatan elektronik.

Pengertian E-Commerce Menurut Para Ahli Dan Manfaat E-Commerce Lengkap
Pengertian E-Commerce Menurut Para Ahli Dan Manfaat E-Commerce Lengkap

Manfaat E-Commerce

E-commerce memiliki banyak sekali manfaat bagi konsumen ataupun pebisnis dalam menjajakan barang atau produk yang di milikinya. Untuk dapat mengerti lebih jauh mengenai manfaat e-commerce akan di jelasakan sebagai berikut:

Bagi Pemilik Usaha

Bagi pemiliki usaha e-commerce memiliki manfaat sebagai berikut:

Penjualan Secara Global

Dengan menggunakan e-commerce pemilik usaha dapat menjajakan barang atau produknya ke seluruh dunia. Dangan demikian akan banyak konsumen yang membeli barang atau produk yang di jajakannya.

Mengurangi Infrastruktur Perusahaan

Dengan menggunakan e-commerce para perusahaan atau pemilik suatu usaha tidak perlu di pusingkan kembali dengan cabang penjualan atau distribusi barang.

Dapat Mengurangi Biaya Operasional

Dengan e-commerce perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk menyewa atau membeli sarana dan prasarana seperti took atau karyawan yang banyak.

Baca Juga:  √ Pengertian Web Server dan Fungsi Web Server (Terlengkap)
Pengurangan Harga Produk

Dengan e-commerce harga yang di berikan dapat di tekankan kembali kepada para konsumen karena beberapa factor di atas. Harga yang di tawarkan biasanya lebih murah di bandingkan harga yang ada di toko lain.

Bagi Konsumen

Bagi para konsumen e-commerce memiliki manfaat sebagai berikut:

Belanja 24 Jam Non Stop

Dengan e-commerce para konsumen dapat berbelanja, mengecek, atau memesan dan membeli barang yang di inginkan kapan pun dan di manapun selama 24 jam seminggu penuh.

Menghemat Waktu

Dengan e-commerce dapat menghemat waktu para konsumen untuk melakukan pembelian karena dapat dengan cepat membelinya hanya dengan mengklik saja tanpa harus keluar menuju tokonya.

Barang Atau Jasa Murah

E-commerce membuat barang yang di tawarkan oleh para pemilik usaha menjadisangat murah karena ada beberapa factor yang membuat para perusahaan memurahkan harga dari produk atau jasa tersebut.

Dapat Membandingkan Dengan Akurat

Dengan membuka e-commerce para konsumen dapat membangingkan barang atau produk yang di inginkan dengan sangat akurat dan tepat.

Pembelian lintas wilayah

Dengan e-commerce yang melakukan penjualan internasional maka perusahaan atau para penual dapat menjualkan barangnya hingga keseluruh wilayah.

Kekurangan E-Commerce

Ketika memiliki kelebihan pastinya memiliki kelemahan, kelemahan untuk e-commerce akan di jelaskan sebagai berikut:

  1. Barang dapat di gunakan setelah di kirim dan sampai di rumah konsumen.
  2. Barang yang di dapat harus tepat karena tidak dapat mencoba dan melihatnya secara langsung.
  3. Kondisi dari barang yang datang atau di tawarkan tidak dapat di nilai sebelum sampai atau di dapatkan.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian E-Commerce Menurut Para Ahli Dan Manfaat E-Commerce  yang di jelasakan oleh pustakaindo. Dengan adanya e-commerce dapat memepermudah para penjual dalam menjual atau menawarkan jasanya kepada para konsumen dan para konsumen dapat dengan mudah membeli atau memesan jasa yang di tawarkan oleh para pedagang. Terimakasih 🙂