√ 16 Pengertian Ekonomi Syariah Menurut Para Ahli Bahas Lengkap

Posted on

16 Pengertian Ekonomi Syariah Menurut Para Ahli Bahas Lengkap– Perekonomian saat ini menjadi suatu hal yang penting untuk dapat melanjutkan kehidupan kita semua di hari esok.

16 Pengertian Ekonomi Syariah Menurut Para Ahli Bahas Lengkap

Ekonomi yang baik akan memberikan dampak yang baik pula bagi kehidupan kita esok hari, berikut penjelasan ekonomi syariah yang akan memberikan kita gambaran mengenai bagaimana ekonomi tersebut.

Pengertian Ekonomi

Ekonomi syariah merupakan sebuah cabang ilmu pengetahuan yang berusaha untuk melihat, memberikan analisa yang pada akhirnya menuntaskan berbagai persoalan ekonomi menggunakan tuntunan Islam yang didasarkan dengan ajaran yang tertuang dalam kitab suci Al-Quran dan Sunnah Nabi.

Pengertian Ekonomi Syariah Menurut Ahli

Ekonomi syariah bisa dimengerti sebagai implementasi nilai-nilai Islam dalam kegiatan kehidupan manusia dalam upaya merealisasikan kesejahteraan umat manusia di dunia hingga akhirat. Oleh sebab itu, istilah ekonomi Islam adalah penamaan guna mencerminkan identitas tanpa perlu mengubah memengaruhi pengertian ekonomi itu sendiri.

Pemakain istilah ekonomi syariah dilakukan secara bergantian serta bermakna sama dengan ekonomi Islam sehingga definisi ekonomi Islam pun sama dengan makna ekonomi syariah.

Terdapat para tokoh ekonomi syariah yang saling berbeda satu sama lain perihal makna ekonomi syariah yang sebenarnya memiliki landasan pada 3 perkara utama yaitu metodologi yang digunakan dalam pembangunan ekonomi syariah dan sistem ekonomi syariah. Ke dua, adanya penafsiran konsep ekonomi yang berbeda misalnya interpretasi pengertian khilafah yang berbeda dan implikasi kepemilikan. Ke tiga, penasifarn pembangunan sistem ekonomi yang tidak sama.

Baca Juga:  √ Pengertian Akuntansi Perbankan, Pedoman, Dasar,  Metode, Penerapan, Tujuan & Persamaan Lengkap

Pengertian ekonomi syariah atau ekonomi Islam yang dikemukakan oleh para tokoh berikut ini akan membuat pemahaman para pembaca lebih baik.

Muhammad Abdullah Al-Arabi (1980: 11)

Muhammda Abdullah Al-Arabi memandang ekonomi syariah sebagai kumpulan dari dasar-dasar ekonomi secara umum yang disimpulkan dari As-Sunah dan Al-Quran. Ekonomi syariah ialah perekonomian yang dibangun di atas dasar-dasar itu yang sejalan dengan setiap masa dan lingkungan.

A. Mannan

A. Mannan menjelaskan bahwa ilmu ekonomi syariah merupakan sebuah ilmu pengetahuan sosial yang di dalamnya membahas tentang berbagai masalah ekonomi rakyat yang diinspirasi dari nilai-nilai ajaran Islam.

Monzer Kahf

Monzer Kahf menjelaskan pengertian ekonomi Islam dalam buku “The Islamic Economy” yang masih merupakan bagian dari ilmu ekonomu yang sifat interdisipliner dalam artian kajian ekonomi syariah tidak bisa berdiri sendiri, namun memerlukan penguasaan yang baik serta mendalam pada ilmu-ilmu syariah disertai ilmu-ilmu penunjang yang fungsinya sebagai alat analisa misalnya statistik, matematika, ushul fiqih dan logika.

16 Pengertian Ekonomi Syariah Menurut Para Ahli Bahas Lengkap
16 Pengertian Ekonomi Syariah Menurut Para Ahli Bahas Lengkap

Wikipedia

Ekonomi Islam dalam Wikipedia berarti ilmu pengetahuan sosial yang membahas pelbagai masalah ekonomi rakyat yang terinspirasi dari nilai-nilai dalam Islam.

Yusuf Qardhawi

Ekonomi syariah ialah ilmu ekonomi yang dilandasi oleh ketuhanan menurut Yusuf Qardhawi.

Umer Chapra

Umer Chapra menjelaskan definisi ekonomi syariah sebagai cabang ilmu pengetahuan yang berguna membantu manusia dalam merealisasikan kesejahteraan melalui distribusi dan alokasi beragam sumber daya langka menurut tujuan yang ditentukan dengan dasar al-iqtisad al-syariah tanpa membatasi kebebasan perorangan dengan berlebihan, menciptakan kesenjangan dan ekologi makroekonomiatau memperlemah kekompakan keluarga juga sosial dan ikatan moral yang tercipta di masyarakat.

M. Hasanuzzaman

M. Hasanuzzaman mengartikan ekonomi Islam yaitu ilmu dan penerapan semua ajaran dan peraturan yang menghindarkan dari ketidakadilan dalam pencarian dan penggunaan sumber daya untuk memberikan kepuasan untuk manusia dan membuka kemungkinan bagi manusia untuk menjalankan kewajibannya pada masyarakat dan Allah.

Louis Cantori

Ekonomi syariah ialah usaha untuk merumuskan ilmu ekonomi yang berfokus pada manusia dan masyarakat yang tidak menerima ekses paham individual di dalam ekonomi klasik.

Baca Juga:  √ 11 Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli (Terlengkap)

Akram Khan

Ilmu ekonomi syariah mempelajari kesejahteraan manusia atau falah yang diraih dengan mengorganisasikan sumber daya bumi berdasarkan keikutsertaan dan kerjasama.

Khursid Ahmad

Ilmu ekonomi syariah diartikan Khursid Ahmad sebagai sebuah usaha sistematis dalam mengerti persoalan ekonomi dan tindakan manusia yang berhubungan dengan persoalan tersebut dari kacamata Islam.

Andi Buchari dan Veitzhal Rivai

Buchari dan Rivai sepakat dengan ilmu interdisiplin atau multidimensi, terintegrasi dan lengkap yang memuat ilmu islam yang berasal dari Quran dan Sunah serta ilmu-ilmu rasional sebagai definisi ekonomi syariah. Ilmu tersebut membuat manusia bisa meraih kebahagiaan dengan sumber daya yang terbatas.

Syauqi Al-Faujani

Ekonomi Islam merupakan keseluruhan kegiatan ekonomi termasuk segala peraturannya yang berlandaskan pada pokok-pokok ajaran ekonomi dalam Islam.

M. Metwally

Ekonomi syariah merupakan ilmu yang membahas tindakan umat muslim yang beriman di dalam masyarakat Islam yang mengamalkan Al-Qur’an, Hadits, Qiyas dan Ijma.

Nejatullah Ash-Shiddiqi

Ekonomi syariah merupakan suatu respon atau tanggapan dari para cendekiawan muslim atas beragam tantangan ekonomi di era tertentu. Dalam hal ini, para cendekiawan muslim berpedoman pada Al-Qur’an, As-Sunnah, pengalaman serta ijtihad (akal).

Zianuddin Ahmad

Ekonomi syariah ialah suatu usaha mengalokasikan sumber daya guna menghasilkan barang dan jasa sesuai petunjuk Allah dan mendapatkan ridho-Nya.

Mardani

Ekonomi Islam merupakan aktifitas atau upaya yang ditempuh oleh pasar perorangan atau kelompok orang atau badan usaha yang memiliki atau tidak memiliki badan hukum untuk mencukupi kebutuhan yang sifatnya komersial maupun non komersial sesuai prinsip syariah.

Berdasarkan pengertian-pengertian yang diberikan oleh para tokoh di atas tentang ekonomi Islam atau syariah, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa ekonomi syariah ialah sebuah pengetahuan praktis dari aktifitas ekonomi yang berlandaskan ajaran Islam yaitu ajaran yang sejalan dan tidak berlawana dengan Al-Qur’an dan hadits yang esensi tujuannya yaitu merealisasikan kesejahteaan dan kebahagiaan manusia di dunia sampai akhirat.

Baca Juga:  √ 11 Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Kemudian, kebutuhan manusia yang beragam dapat dipenuhi dengan menciptakan berbagai jenis sistem kehidupan salah satunya sistem ekonomi yang dalam pandangan ekonomi syraiah, ada kebebasan yang dibatasi oleh aturan main (rule of the game) yang jelas dan kebutuhan (needs) yang dibatasi sumber daya yang tak terbatas. Keinginan (want) yang tidak terbatas, bukan kebutuhan.

Demikian penjelasan materi 16 Pengertian Ekonomi Syariah Menurut Para Ahli Bahas Lengkap. Semoga penjelasan di atas bisa dipahami dengan mudah serta memberikan manfaat bagi para pembaca. Terima kasih 🙂