√ 13 Pengertian Energi Menurut Para Ahli dan Macam Bentuknya

Posted on

13 Pengertian Energi Menurut Para Ahli dan Macam Bentuknya – Di dunia ini banyak sekali hal yang dapat di pelajari dan menjadi ilmu pengetahuan baru dan dapat pula mengembangkannya menjadi lebih baik dan sempurna lagi.

13 Pengertian Energi Menurut Para Ahli dan Macam Bentuknya

semua kegiatan ini ada karena adanya suatu energi yang berkerja. untuk mengerti apa itu energi akan di jelaskan sebagai berikut:

Pengertian Energi

Energi dalam keilmuan fisika dipahami sebagai material fisik suatu objek yang bergerak dikarenakan adanya interaksi dasar yang bisa diubah tetapi tidak bisa dihancurkan maupun diciptakan. Satuan internasional (SI) dari energi adalah Joule (J).

Panas dan kerja adalah contoh mekanisme yang mampu memindahkan sejumlah energi. Sebagaimana hukum kedua termodinamika berbunyi bahwa membatasi jumlah pekerjaan yang didapatkan dengan proses pemanasan akan menghilang sebagai panas limbah.

Jumlah maksimal yang bisa digunakan untuk bekerja yang tersedia dinamakan energi. Suatu sistme misalnya makhluk hidup dan mesin membutuhkan energi. Ada banyak macam bentuk energi. Akan tetapi, masing-masing jenis energi wajib memenuhi berbagai syarat yang bisa dikonversi ke dalam bentuk lain dan memenuhi hukum kekekalan energi serta perubahan massa tubuh.

Bentuk signifikan dari energi potensial sebagai hasil dari deformasi atau panjang benda padat serta pelepasan energi kimia menjadi panas ketika bahan bakar digunakan. Masing-masing objek mempunyai massa stasioner, bisa memiliki massa energi yang sama dengan orang lain walaupun tidak dijabarkan dalan peristiwa sehari-hari dalam kajian ilmu fisika klasik.

Baca Juga:  √ Pengertian Limbah, Karakteristik, Jenis, Manfaat & Penangan

Merujuk pada keseimbangan massa energi bahwa semua bentuk energi berasal dari massa, misalnya jika menambahkan 90 megajoule atau 25 kw energi pada sebuah objek mampu meningkatkan massa sebesar 1 mikrogram.

Pengertian Energi Menurut Para Ahli

Berikut ini beberapa pengertian energi menurut para ahli.

Pardiyono

Energi menurut Pardiyono yaitu suatu bentuk kekuatan yang ada sebagai hasil atau perolehan dari sebuah benda.

Aip Sarupudin

Aip Saripudin menjelaskan bahwa energi adalah suatu kemampuan dalam melakukan bisnis atau urusan.

Sumantoro

Sumantoro menjelaskan bahwa energi adalah kemampuan dalam melakukan suatu pekerjaan yang bersifat memindahkan atau mendorong suatu objek atau benda.

Arif Alfatah dan Muji Lestari

Arif Alfatah dan Muji Lestari mengartikan energi sebagai suatu yang sangat diperlukan tubuh manusia agar mampu melakukan pekerjaan atau bisnis sebab dalam kenyataannya usaha yang dikerjakan selalu memperlihatkan perubahan.

Alvin Hadiwono

Alvin hadiwono menerangkan bahwa energi yaitu sesuatu yang mampu bergerak serta memiliki hubungan dengan waktu dan ruang.

Campbell, Reece dan Mitchell

Menurut Campbell, Reece dan Mitchell, energi yaitu suatu kemampuan dalam mengatur ulang materi atau secara sederhana dikatakan bahwa energi merupakan sebuah kapasitas atau kemampuan dalam mengerjakan suatu pekerjaan.

Robert L. Wolke

Enegri menurut Robert L. Wolke yaitu suatu kemampuan dalam mebuat sesuatu terjadi.

Young

Young menjelaskan bahwa energi adalah sesuatu yang menghasilkan pekerjaan, maksudnya pada saat melakukan pekerjaan tentu membutuhkan energi.

Einstein

Einsten memandang bahwa energi yaitu suatu produk yang dihasilkan dar kuadrat kecepatan cahaya dan massa.

Mikrajuddin

Energi sebagaimana dijelaskan oleh Mikrajuddin yaitu sebuah kemampuan dalam melakukan atau melaksanakan suatu objek pekerjaan.

Michael J. Moran

Michael J. Moran menjelaskan bahwa energi adalah suatu konsep dasar dari termodinamika yang menjadi unsur yang penting dalam analisa teknis.

Wikipedia

Energi sebagaimana didefinisikan dalam Wikipedia yaitu suatu properti fisika dari sebuah objek yang bisa berpindah melalui adanya interaksi fundamnetal yang bisa diubah bentuknya tetapi tidak bisa diciptakan ataupun dimusnahkan.

Baca Juga:  √ Rumus Kapasitor, Cara Kerja, Prinsip, Rangkaian & Kapasitas

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Energi sebagaimana tercantum dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yaitu suatu kemampuan dalam melakukan pekerjaan (seperti energi mekanika dan listrik) atau kekuatan (daya) yang bisa dimanfaatkan untuk melaksanakan berbagai macam proses aktivitas, misalnya menjadi bagian sebuah bahan atau tidak terikat pada bahan, contohnya tenaga atau sinar matahari.

13 Pengertian Energi Menurut Para Ahli dan Macam Bentuknya
13 Pengertian Energi Menurut Para Ahli dan Macam Bentuknya

Macam-Macam Bentuk Energi dan Contohnya

Di dalam ilmu fisika diketahui bahwa energi memiliki banyak macam bentuk. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

Energi Listrik

Energi listrik dihaslkan dari terjadinya perpndahan muatan-muatan listrik. Listrik merupakan salah satu bentuk energi yang paling banyak serta yang paing besar penggunaannya. Hal itu terjadi sebab manusia selalu menggunakan listrik setiap hari, contohnya untuk menyalakan lampu, menyalakan mesin air, memasak nasi, mencuci baju atau menyetrika pakaian.

Energi Cahaya

Salah satu sumber energi cahaya yang terbesar yaitu matahari. Matahari merupakan salah satu sumber kehidupan makhluk hidup di bumi. Cahaya matahari sangat diperlukan dan memberikan pengaruh yang besar terhadap kehidupan yang ada.

Contohnya, tumbuhan memerlukan sinar matahari yang cukup untuk melakukan proses fotosintesis sehingga menghasilkan oksigen.

Energi Kinetik

Energi kinetik adalah energi yang berasal dari suatu objek atau benda yang bergerak. Contoh energi kinetik, misalnya mobil yang bergerak menimbulkan hembusan angin, baling-baling kipas yang bergerak menyebabkan angin atau bola yang dilepmar mampu memecahkan kaca.

Energi Potensial

Energi potensial yaitu eneri yang dimiliki suatu benda sebab kedudukan benda tersebut. Suatu objek atau benda yang berada di atas muka bumi mempunyai energi potensial sebab adanya gravitasi bumi, misalnya jatuhnya buah kelapa dari atas pohon menuju permukaan tanah.

Energi Nuklir

Energi nuir umunya ada dari reaksi fusi di dalam atom serta unsur radioaktif. Energi nuklir dapat dimanfaatkan menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN).

Energi Bunyi

Energi bunyi yaitu energi yang dihasilkan oleh gesekan atau getaran suatu benda, misalnya bunyi dapat dihasilkan dari senar gitar yang berdesekan dengan jari atau dawai biola dengan tongkat. Bunyi membuat manusia mendengar melalui getaran di gendang telinga.

Baca Juga:  √ Pengertian Matahari, Susunan, Lapisan, Spektrum dan Manfaat

Jika bunyi yang dihasilkan sangat keras, maka ada kemungkinan mampu memecahkan kaca.

Energi Kimia

Energi kimia dihasilkan dari reaksi bahan-bahan yang mengandung zat kimia,  misalnya jarum jam yang bergerak sebab energi dari baterai, motor yang dapat berjalan jika bensinnya terisi atau kompor yang hidup sebab terdapat minyak tanah.

Energi Kalor

Energi kalor disebut juga eneri panas dihasilkan dari energi listrik, misalnya panas dari solder listrik adan setrika listrik.

Energi Otot

Energi otot bersumber dari tubuh manusia yang menggerakkan bagian-bagian tubuhnya. Misalnya, saat manusia mengangkat kursi menggunakan energi yang dihasilkan oleh otot-otot di tubuhnya.

Energi Internal

Energi internal (energi dalam) adalah energi kinetik yang terhubung dengan energi gerak serta energi potensial dihubungkan dengan getaran rotasi serta energi listrik.

Tenaga Angin

Tenaga angin berasal dari pergerakan udara. Kapasitas generator bertenaga angin mencapai angka 58.982 megawatt pada tahun 2005 dan jumlah tersebut kurang dari 1% penggunaan listrik dunia. Angin mampu menghasilkan tenaga lebih dari empat kali lipat di tahun 1999 dan 2005.

Energi Panas Bumi

Energi panas bumi terbentuk di muka bumi. Suhu di bawah muka bumi akan meningkat seiring bertambahnya kedalaman. Suhu di pusat bumi kurang lebih 5.400oC. panas bumi adalah sumber energi panas yang terdapat di air panas, uap air serta bebatuan mineral dan gas yang tidak bisa dipisahkan secara genetik dan keseluruhan dan dimanfaatkan melalui proses penambangan.

Itulah penjelasan materi 13 Pengertian Energi Menurut Para Ahli dan Macam Bentuknya. Semoga pengetahuan para pembaca bertambah melalui artikel ini. Terima kasih. 🙂