√ Pengertian Energi, Bentuk dan Manfaatnya Untuk Kehidupan

Posted on

Pengertian Energi, Bentuk dan Manfaatnya Untuk Kehidupan – Keberadaan energi sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan hidup manusia.

Pengertian Energi, Bentuk dan Manfaatnya Untuk Kehidupan

Tanpa adanya energi yang memadai, maka manusia akan terganggu dalam melaksanakan aktivitasnya.

Pengertian Energi

Energi merupakan sebuah objek yang dapat berpindah melalui interkasi fundamental yang dapat diubah bentuknya namun tidak bisa dimusnahkan atau diciptakan. Energi dinyatakan dalam sebuah satuan internasional (SI) yakni Joule (J).

Pengertian lain energi yakni sebuah kemampuan dalam melaksanakan sebuah tindakan atau pekerjaan atau usaha. Energi memiliki asal kata dari bahasa Yunani yakni “egon” yang berarti “kerja”. Pada saat melakukan sebuah pekerjaan, secara sadar atau tidak, akan selalu membutuhkan energi, seperti ketika berjalan saja sudah membutuhkan energi yang cukup.

Namun, masing-masing kegiatan membutuhkan jumlah serta bentuk energi yang tidak sama. Energi tidak tampak oleh mata secara langsung, tetapi pengaruh energi bisa dirasakan. Energi dapat mengalami perubahan bentuk dari bentuk yang satu ke dalam bentuk lainnya, misalnya ketika menggunakan kompor listrik maka perubahan energi yang terjadi adalah energi listrik berubah menjadi energi panas.

Energi ditemukan oleh James Presscot Joule dan untuk menghormati jasanya, maka satuan internasional untuk energi ialah Joule (J) atau satuan energi lain yang juga sering digunakan yakni Kalori (Kal). Satuan Joule dan Kalori mempunyai hubungan seperti berikut :

1 Kalori = 4,2 Joule atau 1 Joule = 0,24 Kalori

Baca Juga:  √ Macam-Macam Energi, Rumus, Sifat dan Contohnya (Lengkap)

Kemudian, hubungan Joule dengan satuan internasional dasar yang lainnya yakni seperti berikut :

1 Joule = 1 Newton-Meter atau 1 Joule = 1 kg m² s-²


Hukum Kekekalan Energi

Terdapat sebuah hukum tentang kekekalan energi yang bunyinya “energi tidak bisa dimusnakan atau diciptakan”. Energi hanya bisa mengalami perubahan bentuk dari suatu bentuk menjadi bentuk lainnya sehingga jumlah total energi dalam sebuah sistem hanya bisa berubah jika terdapat masuk atau keluarnya sebuah energi.

Bentuk-Bentuk Energi

Energi bisa hadir dalam berbagai macam bentuk. Berikut ini bentuk-bentuk energi yang mungkin sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Energi Mekanik

Energi mekanik ialah bentuk energi yang terdapat dalam sebuah benda sebab sifat geraknya. energi mekanik dapat bedakan menjadi dua macam yaitu energi potensial dan energi kinetik.

Energi Potensial

Energi potensial ialah bentuk energi yang ada pada sebuah benda sebab kedudukan atau posisinya. Artinya pada saat benda itu berada dalam posisi diam dalam keadaan tertentu. Energi potensial mempunyai beberapa contoh sebab semua bentuk energi potensial berhubungan dengan sebuah jenis gaya yang bekerja pada kondisi fisik sebuah materi.

Contoh energi potensial yaitu ketika sebuah karet direnggangkan, maka akan nampak perubahan sifat fisik dikarenakan adanya gaya elastis, hal itulah yang dinamakan energi potensial elastis. Energi potensial dapat dicari dengan menggunakan rumusan berikut.

Keterangan :

Ep        : energi potensial (Joule atau Kalori)

m         : massa (kg)

g          : gravitasi (m/s²)

h          : ketinggian (m)

Energi Kinetik

Energi kinetik ialah energi yang dimiliki oleh sebuah benda dikarenakan kelajuan atau pergerakannya. Artinya ialah energi kinetik merupakan sebuah kemampuan untuk melakukan usaha supaya mampu menggerakkan benda dengan berat tertentu hingga sampai dengan kecepatan tertentu.

Energi kinetik akan semakin besar jika kecepatan sebuah benda semakin tinggi. Contoh energi kinetik yaitu suatu kendaraan yang sedang melaju dengan kecepatan tertentu dtitambah kecepatannya sehingga kendaraan tersebut memiliki energi kinetik yang semakin besar juga. Besarnya nilai energi kinetik dapat diketahui dengan menggunakan rumusan berikut ini :

Baca Juga:  √ Pengertian Fisika Menurut Para Ahli, Hakikat & Cabang Ilmu

Keterangan :

Ek        : energi kinetik (Joule atau Kalori)

m         : massa (kg)

v          : kecepatan (m/s)

Berdasarkan dua rumusan di atas, maka dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa energi mekanik dapat diperoleh dengan rumus :

Keterangan :

Em       : energi mekanik

Ep        : energi potensial

Ek        : energi kinetik

Energi Bunyi

Energi bunyi ialah sebuah energi yang diperoleh dari gtaran-getaran dai partikel-partikel udara di sekitar sumber bunyi. Setiap getaran terjadi di suatu benda pasti akan menghasilkan energi bunti. Tetapi, bunyi tidak selalu dapat didengar manusia.

Apabila getaran yang terjadi semakin kuat akan membuat energi bunyi yang dihasilkan semakin besar pula.  Contoh dari energi bunyi yaitu pada saat sebuah gendang dimainkan, maka akan menghasilkan bunyi yang semakin kencang jika pukulan pada gendang semakin kuat dan membuat kulit gendang bergetar makin keras.

Energi Cahaya

Energi cahaya adalah energi yang diperoleh dari suatu gelombang elektromagnetik. Contoh energi cahaya yakni sebuah lampu yang jika berada semakin jauh dari sumber cahaya, maka pengaruh cahaya akan semakin mengecil terhadap penglihatan.

Pengertian Energi, Bentuk dan Manfaatnya Untuk Kehidupan
Pengertian Energi, Bentuk dan Manfaatnya Untuk Kehidupan

Energi Kalor (Panas)

Energi kalor atau panas ialah bentuk energi yang bisa terjadi sebab adanya pergerakan internal partikel-partikel penyusun di dalam sebuah benda. Energi kalor ialah suatu energi yang mampu berpindah dari sebuah partikel yang bersuhu tinggi menuju partikel yang bersuhu rendah.

Contoh energi kalor yaitu air yang dipanaskan di atas api akan mendapatkan kalor dari api dan pada akhirnya akan mendidih. Suhu api semula lebih tinggi daripada suhu air.

Energi Nuklir

Energi nuklir ialah bentuk energi yang berasal dari reaksi inti hasil bahan radioaktif. Energi dihasikan dari inti atom yang membelah ataupun dua atom yang menyatu. Proses pembelahan atau penyatuan tersebut menghasilkan sebentuk energi yang amat besar sebab adanya perubahan yang terjadi di inti atom. Contoh energi atom yaitu penggunaan bom nuklir.

Baca Juga:  √ Pengertian Hukum Archimedes, Rumus, Penerapan & Soalnya

Energi Kimia

Energi kimia ialah energi yang dihasilkan dari interaksi kimiwai dari rekasi kimia yang berlangsung. Contoh energi kimia yaitu ketika makanan yang kita konsumsi masuk ke tubuh mengeluarkan unsur kimia serta mengalami poses kimia yang bisa dimanfaatkan oleh tubuh dan terjadilah energi kimia.

Manfaat Energi Untuk Kehidupan

Selama kehidupan ini berlangsung, maka keberadaan energi akan selalu dibutuhkan dan dimanfaatkan. Berikut ini beberapa contoh pemanfaatan energi dalam kehidupan sehari-hari :

  1. Perubahan energi listrik menjadi energi panas dalam penggunaan kompor listrik.
  2. Perubahan energi kimia menjadi energi mekanik (gerak) dalam tubuh dari makanan sebagai sumber energi gerak.
  3. Perubahan energi listik menjadi energi bunyi dalam pemakaian bel listrik.
  4. Perubahan energi mekanik (gerak) menjadi energi kalor pada kedua telapak tangan yang saling digosokkan sehingga timbul panas.
  5. Perubahan energi listrik menjadi energi mekanik (gerak) dalam penggunaan kipas angin.
  6. Perubahan energi cahaya menjadi energi kimia dalam pemanfaatan cahaya matahari.

Sekian penjelasan materi Pengertian Energi, Bentuk dan Manfaatnya Untuk Kehidupan. Contoh perubahan energi apa lagi yang dapat kamu temukan melalui benda-benda di sekitar mu? Coba amati dan temukan agar kamu bisa lebih paham 🙂