√ Pengertian Entrepreneur Menurut Para Ahli dan Ciri-Cirinya

Posted on

Pengertian Entrepreneur Menurut Para Ahli dan Ciri-Cirinya– Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dimaksud dengan entrepreneur adalah orang yang berbakat atau pandai dalam menciptakan sebuah produk, menyusun cara baru dalam produksi, menata operasi dalam pengadaan produk baru, mengelola permodalan operasi kemudian memasarkan produk tersebut.

Seseorang yang ingin menjadi entrepreneur wajib memiliki kemampuan untuk bisa berpikir kreatif guna menciptakan ide-ide baru untuk produk yang akan dibuat, cara mengemas produk dengan menarik, membuat terobosan-terobosan baru, melihat peluang dengan jeli dan membuat sistem dalam menjalankan usahanya.

Pengertian Entrepreneur Menurut Para Ahli dan Ciri-Cirinya

Namun sebenarnya apakah yang dimaksud dengan entrepreneur? Mari kita memahami lebih lanjut pengertian entrepreneur dari sudut pandang para ahli berikut ini.

Pengertian Entrepreneur Menurut Para Ahli

Berikut pengertian entrepeneur dari ahlinya:

Arif F. Hadipranata

Arif F. Hadipranata memandang entrepreneur sebagai orang yang mampu mengambil resiko yang dibutuhkan dalam mengelola dan mengatur bisnis dan menerima keuntungan secara finasial maupun non finasial.

Kathleen

Kathleen menjelaskan bahwa entrepreneur adalah orang yang mengatur, melaksanakan dan menanggung resiko atas pekerjaan yang dilakukannya di bidang usaha.

Andrew J. Dubrin

Anfrew J. Dubrin mendefinisikan entrepreneur sebagai orang yang membangun dan menjalankan usaha yang inovatif.

Baca Juga:  √ 21 Pengertian Kompensasi Menurut Para Ahli (Lengkap Dan Detail)

Adi Putra Wijaya dan Aries Wiranata

Entrepreneur menurut Adi Putra Wijaya dan Aries Wiranata dalam sebuah buku berjudul “GarudaPreneur” adalah menjalani hidup tidak seperti kebanyakan orang sehingga manusia bisa menghabiskan hidup seperti yang tidak bisa dilakukan banyka orang lainnya.

Chandra Liang

Seorang CEO Esprecialo Group mengungkapkan bahwa entrepreneur tidak sama dengan berdagang. Entrepreneur melibatkan transaksi jual beli, tetapi berdagang hanya sebatas memperoleh keuntungan dari bergadang tanpa diserta konsep.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Entrepreneur di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diartikan sebagai orang yang pandai atau memiliki bakat dalam mengidentifikasi produk baru, menemukan cara baru dalam prosuksi, merancang operasi dalam mengadakan produk baru, mengelola permodalan operasi lalu memasarkan produk tersebut.

Robbin dan Coulter

Robbin dan Coulter menyatakan bahwa entrepreneur adalah proses yang dijalani individu atau sekelompok orang dalam melakukan usaha yang terorganisir dengan sarana untuk memperoleh kesempatan untuk membuat suatu nilai dengan memenuhi keinginan dan kebutuhan.

Hermawan Kartajaya

Menurut Hermawan Kartajaya, entrepreneur yaitu suatu upaya dalam pembuatan konteks nilai dengan melalui proses pemantauan di dalam kesempatan bisnis, membina manajemen untuk menghindari munculnya resiko dan kemampuan komunikasi serta pemanfaatan sumber daya yang ada.

Suryana

Entrepreneur menurut Suryana yaitu suatu proses penerapan keativitas dan inovasi yang digunakan dalam menemukan solusi untuk meberikan jalan keluar bagi masalah-masalah yang umum dihadapi semua orang di dalam kehidupan seharhari. Jreativitas merupakan sebuah kemampuan dalam menciptakan gagasan baru yang berupa memperbarui atau mengubah gagasan lama atau kombinasi.

Pengertian Entrepreneur Menurut Para Ahli dan Ciri-Cirinya Lengkap
Pengertian Entrepreneur Menurut Para Ahli dan Ciri-Cirinya Lengkap

Dari beberapa definisi di atas kita bisa mengetahui bahwa secara garis besar entrepreneur adalah orang yang pemberani untuk mengambil resiko atas perbedaan-perbadaan dalam menjalankan usahanya jika suatu saat mengalami kerugian hingga penolakan. Hal itu tentu tidak mudah dan tidak semua orang berani menempuh jalan tersebut. Hanya orang-orang yang berdedikasi tinggi yang bisa menjadi entrepreneur sebenarnya. Di sisi lain ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan seseorang dengan menjadi entrepreneur, seperti :

  1. Tidak terikat dengan orang lain, maksudnya kita bisa melakukan apa yang kita kehendaki. Kita tidak selalu mempertimbangkan orang lain atas apa yang ingin kita lakukan. Kita bisa mengatur dan mengelola usaha yang kita bangun.
  2. Seorang entrepreneur memiliki kesempatan untuk menciptakan lapangan kerja bagi orang-orang di sekitarnya.
  3. Seorang entrepreneur memiliki kesempatan untuk menjalin kerjasama dengan orang lain dalam rangka meningkatkan usaha yang saling menguntungkan satu sama lain.
  4. Seorang entrepreneur memiliki tidak memiliki ketergantungan kepada orang lain.
Baca Juga:  √ Pengertian Ekonomi Kerakyatan, Karakteristik, Tujuan & Contoh

Ciri-Ciri Entrepreneur

Sifat-sifat yang ada dalam diri seorang entrepreneur haruslah positif dan membangun sehingga ia mampu membuat suatu usaha yang berjalan dengan lancar. Seorang entrepreneur wajib memiliki ciri-ciri seperti berikut.

Mempunyai Pola Pikir Positif

Pola pikir seorang akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan yang dijalani termasuk dalam bidang bisnis. Seorang entreprenuer tidak saja mengurusi hal-hal teknis, misalnya menangani karyawan, klien dan produksi. Lebih dari itu, entrepreneur harus memiliki pola pikir yang positif, sebab jika seseorang berpikir sesuatu susah dilakukan, maka ia tidak akan bisa melakukan hal itu.

Mempunyai Rancangan Bisnis

Seorang entrepreneur harus selalu mempunyai rancangan bisnis yang meiliputi pembuatan konsep, menentukan merek atau brand, menyusun visi dan misi, menganalisis target pasar, memperkirakan kenaikan harga serta melihat peluang lain yang bisa dikembangkan di dalam usahanya sehingga mempunyai ciri khas.

Seorang entrepreneur akan melakukan sesuatu dengan maksimal, tidak hanya sekedar mempertimbangkan untung dan rugi. Selain itu, entrepreneur tidak akan cepat puas dan berhenti jika sudah mencapai suatu level.

Tidak Mudah Menyerah

Salah satu karakter yang pasti ditemui dalam diri seorang entrepreneur adalah sifat pantang menyerah jika menghadapi situasi yang sulit. Seorang entrepreneur tidak mengeluh dan kebingungan dalam mengambil keputusan atau tindakan yang harus dilakukan di dalam setiap situasi. Ia akan berusaha menghimpun solusi-solusi dengan melihat keuntungan dan resikonya. Aktif menemukan solusi sehingga masalah yang dihadapi dapat diselesaikan.

Menjadi seorang entrepeneur memang tidak mudah. Namun, tidak ada yang tidak mungkin jika kita tidak mencobanya. Menjadi entrepreneur tidak selalu harus memiliki modal yang besar, gedung usaha yang bear yang relasi yang luas. Kita bisa memulainya dari hal-hal kecil seperti membuka toko kelontong atau menggunakan internet untuk memasarkan usaha kecil kita.

Baca Juga:  √ Pengertian Ekonomi Liberal, Ciri, Kelebihan dan Kekurangan

Itulah penjelasan materi tentang Pengertian Entrepreneur Menurut Para Ahli dan Ciri-CirinyaSemoga artikel tersebut bisa menambah khazanah pengetahuan pembaca dalam bidang entrepreneur. Terima kasih telah membaca artikel kami. 🙂