√ Pengertian Fisika Menurut Para Ahli, Hakikat & Cabang Ilmu

Posted on

Pengertian Fisika Menurut Para Ahli, Hakikat & Cabang Ilmu – Fisika memiliki asal kata dari bahasa Yunani yaitu “physic” yang berarti aam sehingga ilmu fisika bisa diartikan sebagai sebuah bidang ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang fenomena atau gejala alam beserta sifat-sifatnya dan interaksi yang ada di dalamnya.

Ketika mempelajari fenomena-fenomena alam, sudut pandang ilmu fisika menggunakan rangkaian pengamatan, pengukuran, analisa serta penarikan kesimpulan.

Pengertian Fisika Menurut Para Ahli, Hakikat & Cabang Ilmu

Kesimpulan harus ditarik sesuai dengan sikap ilmiah, objektif, jujur, menghargai fakta, tidak mudah menyerah, ulet, teliti dan sabar.

Pengertian Fisika Menurut Para Ahli

Berikut ini pendapat dari para ahli tentang pengertian fisika. Mari kita simak.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian fisika dalam KBBI yaitu sebuah ilmu yang mempelajari tentang energi (panas, cahaya, bunyi dan lain-lain) serta zat-zat.

Ensiklopedia

Pengertian fisika dalam ensiklopedia yaitu sebuah ilmu yang mempelajari tentang sebuah benda beserta dengan gerakan-gerakan dan manfaatnya dalam kehidupan.

Baca Juga:  √ Pengertian Kalor, Jenis, Rumus, Kapasitas & Perpindahannya

Bambang Ruwanto

Fisika menurut Bambang Ruwanto yaitu salah satu bagian dari ilmu dasar yang juga menjadi salah satu ilmu fundamental.

Efrizon Umar

Fisika menurut Efrizon Umar yaitu salah satu ilmu yang dasarnya adalah macam-macam besaran yang ada di dalam ilmu fisika.

Mikrajuddin

Mikrajuddin memandang fisika sebagai cabang utama dalam ilmu sains.

Young, Hough D.

Young, Hough D. menyatakan bahwa fisika yaitu cabang kelimuan yang mendasar dari ilmu-ilmu lain.

Osa Pauliza

Osa Pauliza menyatakan bahwa fisika yaitu sesuatu yang bisa diukur dan mempunyai nilai-nilai yang dinyatakan dalam bentuk satuan.

Brockhaus

Brockhaus berpendapat bahwa fisika adalah kajian mengenai fenomena alam yang dapat berpeluang menjadi suatu eksperimen, penelitian, pengukuran yang dilakukan berdasarkan peraturan umum dan disajikan secara sistematis.

Gerthsen

Garthsen memandang bahwa fisika yaitu suatu teori yang menjabarkan tentang gejala-gejala alam secara sederhana dan berusaha menemukan kaitan setiap faktanya.

Dahmen

Dahmen mnegungkapkan bahwa fisika adalah suatu uraian tertutup tentang kejadian-kejadian fisik sesuai hukum dasar.

Deruxes

Deruxes berpandangan bahwa fisika yaitu sebuah ilmu pengetahuan yang berupaya mengjabarkan dan menjelaskan hukum alam dan segala fenomenanya secara logika.

Wizacher

Menurut Wizacher fisika yaitu teori yang bertujuan memperoleh banyak alternatif yang empiris melalui eksperimen yang berbeda-beda.

Budikase dan Nyoman

Budikase dan Nyoman memberikan pengertian fisika sebagai suatu ilmu yang membutuhkan banyak pemahaman daripada hafalan.

Kusuma

Kusuma menjelaskan bahwa fisika yaitu sebuah bidang keilmuan yang mengkaji gejala alam yang terjadi di materi (energi) yang mengisi ruang dan mempunyai massa.

Supriyanto, M. Si.

Drs. Supriyanto, M. Si. Mengungkapkan bahwa fisika yaitu ilmu dasar yang berperan sebagai tulang punggung perkembangan setiap ilmu pengetahuan.

Manfaat Belajar Fisika

Manfaat mempelajari ilmu fisika, antara lain :

Melatih Berpikir Logis

Ilmu fisika membutuhkan cara berpikir yang logis dan sistematis agar mampu menganalisa suatu fenomena secara runtut.

Memahami Fenomena Alam

Melalui ilmu fisika, manusia bisa memprediksi fenomena alam yang membawa pengaruh terhadap kelangusngan hidup manusia, seperti mekanika kuantum, astrofisika dan struktur atom.

Baca Juga:  √ Pengertian Udara, Manfaat, Jenis dan Cara Menjaga Udara

Relevan dengan Bidang Sains Lainnya

Ilmu fisika menjadi dasar bagi perkembangan ilmu sains lain, misalnya bidang ilmu kedokteran dan teknik.

Mengikuti Perkembangan Teknologi

Ilmu fisika berperan dalam kemajuan teknologi seperti nuklir dan roket. Manusia bisa memahami perkembangan teknologi terbaru melalui pemahamannya akan fisika.

Tantangan Intelektual

Tak bisa dipungkiri fisika menjadi ilmu yang menjadi momok bagi banyak orang sebab tingkat kerumitannya. Di sisi lain, ilmu fiiska membawa tantangan bagi orang yang mau mempelajarinya dan akan membawa banyak manfaat.

Hakikat Fisika

Fisika merupakan salah satu cabang ilmu sains yang di dalamnya mempelajari energi, materi serta interasi yang terjadi di antara keduanya. Fisika mempunyai hakikat seperti berikut ini.

Fisika Sebagai Produk (A Body of Knowledge)

Fisika sebagai produk (a body of knowledge) yaitu fisika sebagai suatu keumpulan pengetahuan yang terdiri dari konsep, fakta, hukum, prinsip, model, rumus dan teori.

Pengertian Fisika Menurut Para Ahli, Hakikat & Cabang Ilmu
Pengertian Fisika Menurut Para Ahli, Hakikat & Cabang Ilmu

Fisika Sebagai Sikap (A Way of Thinking)

Fisika sebagai sikap (a way of thinking) berarti bahwa produk yang dihasilkan ilmu fisika berupa fenomena alam yang meilputi energi, materi beserta interaksi keduanya sebagai sebuah proses. Proses tersebut memrlukan tahapan-tahapan seperti pengamatan, perumusan masalah, penyusunan hipotesis dengan percobaan, analisa data lalu penarikan kesimpulan.

Fisika Sebagai Proses (A Way of Investigating)

Fisika sebagai proses (a way of investigating) berarti bahwa dibutuhkan sikap ilmiah yang baik seperti rasa percaya, keingintahuan, ketelitian, kreativitas, objektifitas, kejujuran, keterbukaan, kerjasama, serta mau menerima masukan orang lain.

Cabang Ilmu Fisika

Ilmu fisika sangat luas cakupannya sehingga dapat dibagi menjadi beberapa cabang supaya dapat lebih fokus dalam mempelajarinya. Berikut ini beberapa cabang ilmu fisika yang bisa dipelajari.

Mekanika

Mekanika adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari tentang gerakan benda yang dapat dibagi lagi menjadi dua macam yaitu kinematika dan dinamika. Kinematika mempelajari gerak benda tanpa mengetahui alasan objek tersebut bergerak. Dinamika mempelajari gerakan benda beserta alasannya bergerak.

Baca Juga:  √ 23 Pengertian Tanah Menurut Para Ahli (Bahasan Lengkap)

Fisika Quantum

Fisika quantum mempelajari tentang atom dan sub atom yang meliputi model molekul, model pergerakan, teori model atom serta kecepatan geraknya.

Mekanika Fluida

Mekanika fluida mempelajari tentang zat atau benda (gas dan zat cair) yang bisa mengalami perubahan bentuk sebab dikenai gaya tertentu.

Elektronika

Elektronika mempelajari tentang listrik dan magnet (partikel bermuatan listrik atau elektron dan magnet). Cakupan elektronika yang sangat luas membuatnya dipecah kembali menajdi beberapa cabang ilmu, di antaranya teknik elektro, elektrostatis, elektrodinamis dan bioelektromagnetik.

Termodinamika

Termodinamika mempelajari tentang energi dan perpindahan panas, misalnya berapa banyak kalor yang dibutuhkan supaya suatu benda dapat berubah wujudnya.

Optika Geometris

Optika geometris membahas tentang benda-benda yang berkaitan dengan pemanfaatan sifat cahaya yang bisa dipantulkan, dengan kata lain mempelajari alat-alat yang mampu membantu penglihatan manusia.

Astronomi

Astronomi membahas tentang segala hal yang berhubungan dengan benda-benda di luar angkasa dan perbintangan.

Fisika Medis

Fisika medis yaitu ilmu terkait dunia kedokteran dan kesehatan. Fisika media diketahui ada tiga macam yakni biomekanika (mempelajari gaya dan hukum fluida tubuh makhluk hidup), Biooptik (membahas mata manusia serta alat-alat optik yang mampu membantu meningkatkan fungsi mata manusia) dan biolistrik (membahas tentang kelistrikan di jaringan makhluk hidup).

Fisika Radiasi

Fisika radiasi membahas proses gerak energi di dalam ruang yang diserap oleh benda lain.

Fisika Lingkungan

Fisika lingkungan berkaitan dengan keseluruhan cakupan yang ada di lingkungan hidup manusia, seperti hidrologi, gempa, laut dan atmosfer.

Itulah tadi penjelasan materi Pengertian Fisika Menurut Para Ahli, Hakikat & Cabang Ilmu. Semoga materi di atas bisa menambah wawasan para pembaca, terima kasih:)