√ Pengertian Geografi Sosial Menurut Para Ahli dan Contohnya

Posted on

Pengertian Geografi Sosial Menurut Para Ahli dan Contohnya – Kajian ilmu geografi secara umum menerangkan interaksi yang terjadi antara manusia dengan lingkungan sosialnya yang berupa manusia atau kelompok manusia lain di sekitarnya.

Pengertian Geografi Sosial Menurut Para Ahli dan Contohnya

Hal itu berarti bahwa manusia akan membutuhkan lingkungan sekitarnya dalam rangka memenuhi segala kebutuhannya.

Pengertian Geografi Sosial Menurut Ahli

Di bawah ini beberapa ahli yang mengungkapkan pandangannya mengenai pengertian geografi sosial.

Watson (1957)

Geografi sosial menurut Watson (1957) adalah sebuah identifikasi wilayah (region) yang didasarkan pada kumpulan gejala sosial sehubungan dengan keseluruhan lingkungan.

Phal

Geografi sosial dalam pandangan Phal (1965) adalah kajian mengenai pola dan proses sosial penduduk di ruang lingkup tertentu.

Buttimer (1968)

Buttimer (1968) mengartikan geografi sosial sebagai sebuah kajian tentang pola keruangan dan hubungan fungsional kelompok masyarakat pada konteks lingkungan sosial, struktur internal dan eksternal dalam aktivitas penduduk dan jalur-jalur komunikasinya.

Eyless

Eyless (1974) mengungkapkan bahwa geografi sosial adalah analisa pola dan proses sosial yang muncul dari persebaran dan keterjangkauan sumber daya yang langka yang orientasinya terletak pada masalah. Dengan kata lain, georafi sosial harus bisa mengatasi persoalan keruangan (sosio spasial) dari kelangkaan dan persebaran sumber daya yang tak wajar yang bisa bermanfaat, seperti pelayanan dan fasilitas umum serta barang.

Baca Juga:  √ Pengertian Lapisan Bumi, Struktur & Karakteristiknya Lengkap

Jones (1975)

Jones (1975) menyatakan bahwa geografi sosial adalah ilmu yang berguna untuk mengetahui pola-pola yang muncul dari kelompok masyarakat yang menggunakan ruang dan mengetahui proses pembentukan serta perubahan pola-pola yang ada.

Bintarto (1968)

Geografi sosial menurut Bintarto (1968) yaitu ilmu yang mengkaji hubungan dan pengaruh timbal balik penduduk dan keadaan alam supaya tercapai kesejahteraan dan kemakmuran.

Nursid Sumaadmadja (1981)

Nursid Sumaadmadja (1981) menyatakan bahwa geografi sosial yaitu salah satu cabang ilmu geografi manusia yang studinya berfokus pada aspek keruangan dengan karakteristik organisasi, penduduk, organisasi sosial, unsur kemasyarakatan dan kebudayaan.

Wikipedia

Mengutip Wikipedia, diketahui geografi sosial adalah cabang studi geografi yang mengkaji fenomena sosial terkait sosiologi dan geografi.

Ciri-Ciri Geografi Sosial

Mazhab Perancis sudah memberikan ajaran geografi sosial terkait geografi manusia di awal abad 20. Paul Vidal De Lablace menekankan pentingnya interaksi manusia dengan alam. Ciri-ciri geografis sebagaimana diutarakan oleh Paul Vidal De Lablace, yaitu :

  1. Ciri khas wilayah merupakan hasil eksplorasi sumber daya alam oleh masyarakat.
  2. Masyarakat akan mengeluarkan reaksi terhadap habitatnya.
  3. Manusia mengorganisir dirinya dan menjalin interaksi dengan manusia lain.

Unsur-Unsur Geografi Sosial

Geografi tersusun atas unsur-unsur seperti di bawah ini.

  1. Manusia yakni sekumpulan orang yang saling bergantung satu sama lain dan sudah mengembangkan pola organisasi yang menjadikan mereka untuk mungkin hidup berdampingan serta mampu mempertahankan diri sebagai kelompok yang tersusun dari komunitas dan masyarakat.
  2. Lingkungan alam yang meliputi lapisan tanah, topografi, relief, kondisi geologi, tumbuhan, serta fenomena alam lain.
  3. Interaksi, relasi serta ineterlasi manusia dengan alam.

Konsep Geografi Sosial

Konsep geografi sosial mempunyai 3 konsep seperti di bawah ini.

Baca Juga:  √ Pengertian Abrasi, Faktor Penyebab, Dampak dan Pencegahannya

Ruang

Ruang yang dimaksud dalam konteks georafi sosial yaitu semua permukaan bumi yang termasuk lapisan biosfer dan menjadi tempat hidup untuk semua makhluk hidup (manusia, tumbuhan, hewan juga organisme lain). Ruang memiliki arti mendalam dalam konteks geografi sosial, yakni :

  1. Ruang menjadi wadah atau tempat untuk perilaku dan benda-benda.
  2. Ruang menjadi tempat yang bisa dimanfaatkan untuk aktivitas usaha.
  3. Ruang merupakan sesuatu yang bisa dimanfaatkan dan diatur oleh dan bagi manusia.
Pengertian Geografi Sosial Menurut Para Ahli, Ciri dan Contohnya
Pengertian Geografi Sosial Menurut Para Ahli, Ciri dan Contohnya

Proses

Proses yaitu perilaku manusia dalam proses adaptasi dan memanfaatkan lingkungan. Proses dibedakan dalam pandangan makro dan mikro. Proses sosial mikro mempunyai titik tekan pada aktivitas individu dan kelompok masyarakat. Sedangkan, proses sosial makro yaitu proses yang mempunyai titik tekan pada masyarakat pada umumnya.

Pola

Pola yaitu proses yang berulang. Pola maksudnya adalah kehidupan dan penghidupan yang memiliki perbedaan di masing-masing wilayah yang menunjukkan perbedaan sifat-sifat wilayah dan penduduknya sehingga tercipta bentang sosial yang berbeda juga. Bentang sosial yaitu satu atau beberapa kelompok penduduk si sebuah wilayah dengan pemikiran yang sama dengan lingkungannya.

Ada banyak jenis kegiatan sosio kultural dan sosio ekonomi di wilayah yang lebih luas dan keadaan geografi yang berbeda dan menyebabkan struktur pekerjaan. Struktur pekerjaan menunjukkan niai-nilai sosial, di mana nilai-nilai sosial kemlopmok pekerjaan merupakan kekuataan perubahan yang bisa memunculkan perbedaan bentang di darat. oleh sebab itu, akan ada bentang budaya (cultural landscape) dan menunjukkan tingakt kemajuan (development stage) penduduk.

Ruang Lingkup Geografi Sosial

Ruang lingkup geografi sosial ada 3 yaitu lingkungan ekonomi, lingkungan budaya serta lingkungan sosial. Cakupan kajian geografi sosial, antara lain :

Geografi Pembangunan

Geografi pembangunan yang merujuk pada standar dan mutu hidup manusia, studi lokasi, distribusi dan organisasi spasial kegiatan ekonomi di dunia.

Baca Juga:  √ Pengertian Hutan Suaka Alam, Manfaat, Fungsi, Ciri & Contoh

Geografi Ekonomi

Geografi ekonomi pada geografi sosial berhubungan dengan hubungan sistem ekonomi dan manusia, negara, lingkungan biofisik dan aktor-aktor lain.

Geografi Kesehatan

Geografi kesehatan dalam geografi sosial berhubungan dengan persepktif, aplikasi informasi geografi serta metode dalam meneliti penyakit, kesehatan dan perawatan kesehatan.

Geografi Sejarah

Geografi sejarah mencakup kajian seputar kondisi manusia, fiksi, fisik, “nyata” dan teoritis geografi di masa lalu. Geografi sejarah mengulas beragam topik dan isu dengan tema yang umum yaitu studi geografi di masa lampau serta bagaimana wilayah tersebut berubah seiring waktu. Ahli-ahli geografi sejarah mempelajari pola geografi melalui waktu dan cara manusia berinteraksi dengan lingkungan lalu membentuk bentang budaya.

Geografi Politik

Geografi politik mempelajari hasil rata spasial proses politik dengan metode proses politik yang mendapat pengaruh dari struktur ruang, misalnya geopolitik, strategi militer dan geografi pemilu.

Geografi Kependudukan

Geografi kependudukan mempelajari varian metode spasial dalam komposisi, distribusi, pertumbuhan populasi dan migrasi terkait karakteristik wilayah serta perwilayahan Indonesia.

Geografi Pariwisata

Geografi pariwisata mempelajari pariwisata dan perjalan dalam skala industri, kegiatan manusia dan tempat yang berbasis pengalaman.

Contoh Geografi Sosial

Contoh kajian geografi sosial, antara lain :

  1. Pola pemukiman masyarakat di dekat sungai dengan pola memanjang searah aliran sungai.
  2. Kepadatan penduduk di wilayah sehubungan relief permukaan tanah.
  3. Relasi antara tingkat kesuburan tanah dengan aktivitas ekonomi masyarakat.

Demikian penjelasan materi Pengertian Geografi Sosial Menurut Para Ahli dan Contohnya. Semoga bermanfaat bagi para pembaca dan terima kasih sudah mengungjungi artikel kami. 🙂