√ Pengertian Gopher, Fungsi, Cara Kerja, Contoh, Kelebihan Dan Kekurangan Gopher Lengkap

Posted on

Pengertian Gopher, Fungsi, Cara Kerja, Contoh, Kelebihan Dan Kekurangan Gopher Lengkap – Di zaman sekarang yang serba canggih ini di perlukan beberapa keahlian yang dapat membuat kita tidak ketinggalan akan update atau sesuatu yang baru.

Pengertian Gopher, Fungsi, Cara Kerja, Contoh, Kelebihan Dan Kekurangan Gopher Lengkap

Salah satu bentuk kemajuannya yaitu adanya gopher yang memberikan banyak sekali kegunaan khususnya di bagian informasi dan data. Ini akan memberikan banyak sekali kemudahan dan memberikan banyak manfaat untuk para pemakainya. Berikut penjelasannya:

Pengertian Gopher

Gopher merupakan suatu bentuk aplikasi perangkat lunak yang di dalamnya tersusun atas menu dan system pencarian informasi. Situs pengguna layanan atau juga protocol dari gopher sebenarnya hanya berbentuk menu yang di dalamnya berisi informasi dan data.

Di dalam system ini terdapat menu yang merupakan daftar isi untuk dapat mengolah dan juga menunjukan informasi tertentu. Layanan dari gopher ini menggunakan FTP yang menjadi cara pertukaran file dan juga Telnet yang ada pada beberapa koneksi servernya.

Walaupun pada saat ini yang menggunakan layanan ini sangat jarang di temui akan tetapi ada beberapa orang yang aktif menggunakannya sebagai server aktif.

Protocol yang ada di gopher ini memberikan beragam macam fitur yang dapat menarik pemakai akan tetapi tidak di dukung dengan adanya Native Web. Walaupun demikian gopher menggunakan hirarki yang kuat di dalam memproses data informasi di dalamnya.

Baca Juga:  √ Pengertian ROM, Fungsi ROM Dan Jenis ROM (Terlengkap)

Gopher ini memiliki system yang berbasis menu dengan menyediakan konektivitas di bagian paling dasarnya. Basis menu ini sendiri akan memiliki keterhubungan antara file satu dengan yang lainnya di dalam computer-komputer di internet. Lalu file tersebut akan berubah seperti direktori berseri yang ada di antara menu gopher, walau sebenarnya file tersebut ternyata ada di computer lain.

Tidak hanya sebatas itu saya, gopher di sini menyediakan juga akses menuju dokumen teks yang berguna untuk suara digital dan juga grafik. Akses itu hanya akan dapat di masukan ke dalam suatu kumpulan dokumen yang telah di download lebih dahulu ke dalam computer lokal.

Setelahnya barulah kita dapat melihat apa itu program gopher dan dapat juga menggunakan untuk mengakses fasilitas lainnya yang ada di internet seperti Telnet yang dapat memberikan kemudahan dalam melakukan komunikasi jarak jauh.

Fungsi Gopher

Aplikasi gopher ini memiliki fungsi untuk dapat mengetahui alamat khusus di dalam komputer yang di gunakan. Aplikasi ini sendiri adalah suatu sistem yang dapat di gunakan oleh para penggunakan untuk dapat mengakses segala situs yang ada.

Tidak hanya demikian saja, gopher sendiri merupakan suatu sistem yang memiliki otomatisasi yang membuat penggunanya dapat mengakses beragam informasi yang terdaat di dalamnya menggunakan sistem hirarki.

Cara Kerja Gopher

Gopher memiliki cara kerja seperti mencari dokumen atau data yang berdasar kepada teks atau juga text base. Tetapi dalam melakukan itu sebelunya komputer harus dapat di hubungkan dengan lebih dahulu ke koneksi internet yag ada di dalam gopher server dan selanjutnya dapat menyimpan informasi dan data tersebut.

Pengertian Gopher, Fungsi, Cara Kerja, Contoh, Kelebihan Dan Kekurangan Gopher Lengkap
Pengertian Gopher, Fungsi, Cara Kerja, Contoh, Kelebihan Dan Kekurangan Gopher Lengkap

Protokol yang ada di gopher ini memang terlalu rumit yang menjad penyebab para penggunanya mulai meninggalkan layanan ini. Pengembangan dari aplikasi gopher ini di lakukan di beberapa mahasiswa yang ada di universitas Minnesota, Amerika Serikat.

Baca Juga:  √ Pengertian Web Server dan Fungsi Web Server (Terlengkap)

Sebenarnya arti protokol gopher sendiri adalah suat protokol publikasi informasu dengan basis karakter dimana untuk dapat mengakses teks pengguna itu harus dapat menggunakan hirarki menu. Di dalam tampilan sistem gopher ini hampir sama seperti Telnet.

Contoh Protokol Gopher

Contoh ini dapat kita temukan sendiri di dalam suatu perangkat seperti pada modem dan juga router. Yang menjadi perbedaan gopher dengan web yakni adanya penggunaan portnya saja. Pada web pada umumnya menggunakan port 80 dan memiliki tampilan gambar, tetapi pada gopher menggunakan port 70 dan hanya terdapat tampilan teks saja.

Kelebihan dan Kekurangan Gopher

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan dari Gopher

Kelebihan dari gopher adalah:

  1. Pengguna tidak memerlukan alamat khusus di dalam suatu komputer yang akan di gunakan.
  2. Dapat dengan mudahnya mengakses informasi dengan sistem hirarki.
  3. Sistem menu yang terdapat di dalam aplikasi gopher sangatlah simple tetapi sangat interaktif.
  4. Telah berkerja sama dengan pihak gopher indonesia yang membuat traffic menjadi sangat meningkat di dalam situs yang menggunakannya sebagai bisnis online. Dan ini tentu akan memberikan suatu dampak positif untuk kelancara bisnis udaha.
  5. Target iklannya yang terpasang akan menjadi sangat terarah.
  6. Dapat membuat pemasaran meluas untuk setiap perusahaan atau pelaku bisnis.

Kekurangan Gopher

Kekurangan yang di miliki gopher adalah:

  1. Fasilitas yang ada di dalamnya hanya dapat mengakses informasi dalam bentuk teks saja, sehingga untuk bentuk multimedia tidak dapat di tampilkan.
  2. Tidak menarik dalam hal tampilan, tidak seperti yang ada di www.
  3. Hanya beberapa orang yang dapat ahli menggunakannya.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Gopher, Fungsi, Cara Kerja, Contoh, Kelebihan Dan Kekurangan Gopher Lengkap yang di jelaskan oleh pustaka indo. Terimakasih 🙂