√ Pengertian Iklim dan Cuaca, Faktor, Persamaan & Perbedaan

Posted on

Pengertian Iklim dan Cuaca, Faktor, Persamaan & Perbedaan – Cuaca dan iklim secara sederhana dipahami sebagai kondisi fisik atomsfer atau properti fisik atmosfer yang meliputi, kelembaban, curah hujan, temperatur, arah dan kecepatan angin.

Perbedan iklim dan cuaca terletak pada skala ruang dan waktu. Iklim adalah kondisi atmosfer pada jangka waktu yang panjan serta wilayah yang luas. Iklim disebut juga sintesis atau statistik cuaca.

Pengertian Iklim dan Cuaca, Faktor, Persamaan & Perbedaan

World Meteorological Organization (WMO) menyatakan bahwa jangka waktu ilkim yaitu minimal 30 tahun, contohnya suatu daerah bisa dinyatakan mempunyai iklim tropis dan itu merupakan sintesis dari data kondisi atmosfer dalam jangka waktu minimal 30 tahun.

Pengertian Cuaca dan Iklim

Cuaca yaitu kondisi udara yang terjadi di waktu dan wilayah tertentu. Cuaca bisa berubah-ubah setiap waktu. Ilmu untuk mempelajari tentang cuaca disebut dengan meteorologi. Iklim yaitu kondisi rata-rata cuaca di sebuah wilayah yang luas dan berlangsung dalam kurun waktu yang lama. Ilmu tentang iklim disebut dengan klimatologi.

Iklim bersifat tetap, berlaku dalam jangka waktu yang lama dan meliputi wilayah yang luas. Cuaca dan iklim terdiri dari elemen-elemen yang sama, beberapa di antaranya, seperti kelembaban udara, suhu udara, curah hujan, tekanan udara, awan dan angin.

Baca Juga:  √ Penyebaran Fauna Di Indonesia Menurut Ahli (Bahas Lengkap)

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Iklim dan Cuaca

Faktor-faktor yaang memengaruhi iklim dan cuaca, antara lain :

Suhu Udara

Suhu udara yaitu kondisi dingin atau panasnya udara.

Intensitas Penyinaran Matahari

Penyinaran matahari disebut 100% apabila matahari menyinari suatu wilayah selama kurang lebih 8 jam yang artinya wilayah tersebut cerah dan tidak ditutupi awan. Lamanya penyinaran matahari dapat diukur dengan menggunakan sebuah alay yaitu heliograf. Semakin lama penyinaran matahri makan permukaan bumi akan semakin panas.

Sudut Datang Sinar Matahari

Sudut datang sinar matahari yaitu sudut yang terbentuk dari arah datangnya sinar matahari ke permukaan bumi. Bulatnya bentuk bumi sangat berpengaruh pada sudut datang sinar matahari ke permukaan bumi.

Relief Permukaan Bumi

Relief permukaan bumi yang berbeda berpengaruh terhadap perbedaan suhu dibumi.

Kejernihan Atmosfer

Kejernihan atmosfer memengaruhi besar kecilnya panas matahari yang sampai di permukaan bumi. Hal tersebut terjadi sebab gas-gas yang ada di atmosfer memengaruhi pantulan sinar matahari.

 

 

 

Pemanasan Langsung

Matahari adalah sumber panas terbesar di bumi. Pemanasan udara bisa terjadi secara langsung maupun tidak langsung. Proses pemanasan langsung akan melalui proses-proses berikut ini :

Proses Absorbsi

Proses absorbsi yaitu proses menyerapnya unsur-unsur radiasi matahari, seperti sinar X, sinar ultraviolet (UV) dan sinar gama. Radiasi matahari tersebut diserap oleh unsur-unsur seperti nitrogen, oksigen, hidrogen, ozon dan debu.

Pengertian Iklim dan Cuaca, Faktor, Persamaan & Perbedaan
Pengertian Iklim dan Cuaca, Faktor, Persamaan & Perbedaan
Proses Refleksi

Proses refleksi yaitu proses pemanasan matahari kepada udara dan dipantulkan kembali ke angkasa oleh butiran-butiran air (H2O), awan serta partikel-partikel lain yang ada di atmosfer.

Proses Difusi

Proses difusi yaitu difusi sinar matahari dalam bentuk sinar gelombang pendek biru dan lembayung yang menyebar ke semua arah. Proses difusi menyebabkan warna biru di langit.

Pemanasan Tidak Langsung

Proses pemanasan tidak langsung terjadi melalui cara seperti berikut :

Baca Juga:  √ Pengertian Erosi Tanah, Proses, Jenis-Jenis dan Cara Mencegahnya
Konduksi

Konduksi yaitu lapisan udara bagian abwah yang diberi panas matahari lalu lapisan udara tersebut menyalurkan panas ke lapisan udara yang ada di atasnya. Molekul-molekul udara yang memanas akan memengaruhi molekul udara yang masih belum panas sehingga menjadi sama panasnya.

Konveksi

Konveksi yaitu panas yang diberikan oleh gerakan udara yang mengarah ke atas. Panas yang menyebar tersebut bisa terjadi sebab gerakan udara vertikal sehingga udara yang ada di atas yang belum panas akan memanas sebab panas yang dibawa oleh udara di bawahnya.

Adveksi

Adveksi yaitu panas yang diberikan oleh udara yang bergerak secara horizontal. Panas menyebar secara horizontal akibat gerakan udara yang horizontal membuat molekul-molekul udara di sekelilingnya ikut memanas.

Turbulensi

Turbulensi yaitu panas yang diberikan oleh gerakan udara yang tak teratur dan berputar-putar ke atas dan ada juga sebagian panas yang dipantulkan kembali menuju atmosfer.

Persamaan Cuaca dan Iklim

Cuaca dan iklim memeiliki beberapa persamaan, seperti berikut ini :

  1. Cuaca dan ilkim mempunyai kesamaan yang paling dasar yaitu unsur-unsur pembentuknya seperti kelembaban, suhu udara, curah hujan dan kecepatan serta arah angin.
  2. Cuaca dan iklim juga diukur menggunakan alat yang sama, misanya penakar hujan, anemometer dan higrometer.
  3. Cuaca dan iklim gambaran dari keadaan atmosfer

Perbedaan Cuaca dan Iklim

Selain persamaan yang sudah disebutkan di atas, cuaca dan iklim tentu memiliki perbedaan seperti di bawah ini.

  1. Cuaca terjadi di lingkup wilayah yang sempit dan dalam waktu yang singkat, sedangkan iklim berada di skala wilayah yang lebih luas dan waktu yang panjang.
  2. Perolehan data cuaca dan iklim berbeda. Data tentang cuaca didapat seketika pada saat pengamatan atau pengukuran atmosfer sedang dilakukan. Sedangkan, data iklim didapatkan dari data-data cuaca yang sudah dikumpulkan dalam kurun waktu yang panjang.
  3. Ilmu yang mempelajari tentang iklim dang cuaca berbeda namun masih saling berhubungan. Ilmu tentang iklim yaitu klimatologi, sedangkan ilmu tentang cuaca adalah meteorologi.
Baca Juga:  √ Pengertian Aurora, Proses, Jenis, Akibat dan Fakta Uniknya

Demikianlah penjelasan materi tentang Pengertian Iklim dan Cuaca, Faktor, Persamaan & Perbedaan. Semoga materi tersebut bisa menambah pengetahuan para pembaca. Terima kasih sudah membaca artikel kami. Baca juga artikel-artikel kami lainnya… 🙂