√ Pengertian Jamur, Ciri, Reproduksi Dan Peranannnya Lengkap

Posted on

Pengertian Jamur, Ciri, Reproduksi Dan Peranannnya Lengkap – Di dalam kehidupan ini banyak sekali jenis makhluk hidup yang ada dan hidup. Jenis dari makhluk hidup ini pun beragam ada yang berupa tumbuhan, hewan dan juga manusia.

Tumbuhan adalah salah satu makhluk hidup yang banyak sekali tersebar di seluruh tempat dan di seluruh wilayah di muka bumi ini. Ada yang hidup di darat ada juga yang dapat hidup di air, baik itu air asin atau air tawar.

Pengertian Jamur, Ciri, Reproduksi Dan Peranannnya Lengkap

Salah satu tumbuhan yang ada yaitu adalah jamur. Jamur sendiri banyak sekali kita jumpai di sekitar kita bahkan ada beberapa jamur yang dapat memberikan manfaat yang sangat kita perlukan. Berikut adalah pengertian mengenai jamur.

Pengertian Jamur

Jamur atau fungi merupakan suatu organisasi yang memiliki sel tunggal atau juga banyak akan tetapi tidak memiliki klorofil. Jamur juga dapat di sebut sebagai organisme eukariotik. Sifat dari jamur adalah uniseluler dan juga multiseluler.

Jamur dapat dengan mudah kita lihat dan temui di sekitar kita yang dapat tumbuh dengan cepat khususnya ketika musim hujan dengan cuaca yang lembab. Jamur dapat kita jumpai pada tempat-tempat yang memiliki materi organik. Cabang dari ilmu yang di dalamnya mempelajari tentang jamur di sebut dengan mikologi.

Pengertian Jamur Beserta Ciri-Ciri, Reproduksi Dan Peranannnya Lengkap
Pengertian Jamur Beserta Ciri-Ciri, Reproduksi Dan Peranannnya Lengkap

Tubuh atau talus dari jamur sangatlah sederhana ketika kita amati, dengan tidak adanya akar, batang, dan juga daun di tubuhnya. Jamur sendiri tidak memiliki klorofil yang membuatnya tidak memerlukan sinar matahari untuk dapat membuat makanannya sendiri. Maka dari itu jamur sendiri bersifat heterotrof parasit atau juga heterotrof saprofit.

Baca Juga:  √ Manfaat Tumbuhan Untuk Kehidupan Manusia Pembahasan Lengkap

Jamur sebagai heterotrof parasit mendapatkan bahan organik yang berasal dari inang yang di tempatinya, sedangkan sebagai heterotrof saprofit mendapatkan bahan dari sampah-sampah yang diraikan seperti bangkai. Tetapi ada pula jamur yang hidup dengan menerapkan simbiosis mutualisme yang berarti dapat hidup dengan organisasi lain dengan cara saling menguntungkan.

Ciri – Ciri Jamur

Jamur pada umumnya memiliki karakteristik atau ciri yang dapat membedakannya dengan yang lain. Berikut adalah ciri atau karakteristiknya:

  1. Tidak memiliki klorofil di tubuhnya
  2. Dapat bereproduksi dengan vegetatif dan generatif
  3. Merupakan organisme eukariotik
  4. Memiliki sifat multiseluler dan uniseluler
  5. Tidak terdapat flagela yang ada di dalam alur kehidupannya
  6. Tubuhnya sendiri terdiri dari benang-benang atau hifa
  7. Jamur tumbuh di dalam habitat yang lembab dengan banyak kandungan zat organiknya, sedikit asam dan juga jauh dari cahaya atau kurang dari cahaya matahari.
  8. Di dinding selnya tidak ada selulosa tetapi terdapat karbohidrat kompleks yang termasuk dengan kitin

Reproduksi Jamur

Jamur seperti di atas dapat berkembang biak dengan uniseluler, dengan seksual membentuk spora askus dan dengan aseksual membentuk tunas.

Jamur dengan reproduksi multiseluler dapat terbentuk dari rangkaian sel yang selanjutnya membentuk benang-benang berbentuk kapas yang di sebut dengan benang hifa. Cara perkembang biakannnya dengan aseksual adalah dengan memutuskan benang hifanya atau melakukan fragmentasi yang selanjutnya terbentuk zoospora, konidia dan juga endospora.

Cara seksualnya adalah dengan melalui peleburan yang terjadi di antara inti jantan dan juga inti betina yang membentuk spora askus atau juga spora sidium.

Peranan Jamur

Jamur di dalam kehidupan ini memiliki beberapa peranan yang diantaranya ada yang merugikan dan ada yang menguntungkan. Berikut beberpa macam jamurnya :

Baca Juga:  √ 8 Alat Pernapasan Manusia dan Fungsi Alat Pernapasan Manusia

Peranan Jamur Menguntungkan

  1. Aspergillus oryzae : Dapat mengempukkan adonan
  2. Neurospora crassa : Dapat membuat oncom
  3. Rhizopus stolonifer : Dapat membuat tempe
  4. Ganaoderma lucidum : Dapat untuk membuat obat

Peranan Jamur Merugikan

  1. Candinda albicans : Infeksi vagina
  2. Epidermophyton floccosum : Penyakit kaki yang di derita para atlet
  3. Microsporum sp, dan Trichophyton sp : Dapat menyebabkan kurap dan juga panu
  4. Ustilago maydis : Parasit pada tumbuhan tembakau dan jagung.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Jamur, Ciri, Reproduksi Dan Peranannnya Lengkap yang di jelasakan oleh pustakaindo. Dengan adanya peranan jamur di alam sekitar kita, kita dapat merakan berbagai manfaat dan juga kerugian yang di timbulkannya. Terimakasih 🙂