√ 20 Pengertian Kebijakan Publik Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

20 Pengertian Kebijakan Publik Menurut Para Ahli Terlengkap – Di dalam konsep yang sederhana, inti dari pengertian kebijakan publik ialah konsep yang menjadi dasar dari rencana organisasi pemerintah atau publik dalam hal mengatur kepentingan umum atau orang banyak.

Kemudian, di samping konsep sederhana tersebut, secara umum pengertian kebijakan publik ialah semua hal yang dilakukan ataupun tidak dilakukan oleh pemerintah bagi kepentingan umum. Di dalam konteks ini, istilah “semuahal” merujuk pada tiap aturan yang ada di dalam kehidupan bersama hubungan antara warga dengan pemerintah maupun sesama warga.

20 Pengertian Kebijakan Publik Menurut Para Ahli Terlengkap

Terdapat bentuk-bentuk kebijakan publik yang sudah dicantukam di dalam aturan perundang-undangan misalnya dalam peraturan daerah atau peraturan presiden.

Pengertian Kebijakan Publik Menurut Ahli

Berikut pengertian kebijakan publik dari para ahlinya:

David Easton (1969)

David Easton (1969) menyatakan bahwa kebijakan publik ialah penentuan akan nilai-nilai kekuasaan bagi seluruh lapisan masyarakat di mana kehadirannya mengikat dan hanya pemerintah yang dapat melakukan tindakan terhadap masyarakat.

Tindakan tersebut merupakan perwujudan dari yang sudah dipilih oleh pemerintah sebagai hasil dari alokasi nilai terhadap masyarakat. Definisi kebijakan publik menurut Easton ini termasuk dalam proses manajemen yang merupakan langkah dari rangkaian kerja pejabat publik.

Baca Juga:  √ Tugas Bea Cukai, Fungsi Bea Cukai dan Aspek Bea Cukai

Definisi ini pun termasuk wujud campur tangan pemerintah karena hanya pemerintah yang dapat menindak masyarakat untuk menyelesaikan persoalan publik.

Thomas R. Dye (1981)

Thomas R. Dye (1981) mengungkapkan bahwa kebijakan publik ialah hal-hal yang dilakukan ataupun tidak dilakukan oleh pemerintah.

20 Pengertian Kebijakan Publik Menurut Para Ahli Terlengkap
20 Pengertian Kebijakan Publik Menurut Para Ahli Terlengkap

Chandler dan Plano (1988)

Chandler dan Plano (1988) berpendapat bahwa kebijakan publik merupakan pemanfaatan yang strategis akan semua sumber daya yang ada dalam mencari jalan keluar bagi persoalan-persoalan publik maupun pemerintah.

Jonnes (1977)

Jonnes (1977) memandang bahwa kebijakan publik ialah sebuah kelanjutan akan aktifitas pemerintah di masa lampau dengan hanya mengubahnya sedikit demi sedikit.

Anderson (1975)

Anderson (1975) mendefinisikan kebijakan publik sebagai kebijakan-kebijakan yang diambil oleh badan-badan atau pejabat-pejabat di pemerintahan.

Chief J. O. Udoji (1981)

Kebijakan publik sebagaimana diungkapkan oleh Chief J. O. Udoji (1981) ialah sebuah tindakan yang memiliki sanksi yang mengarah pada sebuah tujuan tertentu dan diarahkan ke sebuah masalah maupun sekelompok persoalan tertentu yang saling berhubungan dan memengaruhi sebagian besar masyarakat.

Edward

Edward memberikan pandangannya terhadap pengertian kebijakan publik sebagai apa yang dinyatakan serta dilakuakn ataupun tidak dilakukan oleh pemerintah dikatakan sebagai kebijakan publik.

Woll (1966)

Woll (1966) mengungkapkan bahwa kebijakan publik ialah sekumpulan kegiatan pemerintah guna memecahkan masalah yang ada di masyarakat secara langsung atau melalui lembaga-lembaga yang memberikan pengaruh untuk kehidupan masyarakat.

N. Dunn

N. Dunn berpendapat bahwa kebijakan publik ialah sebuah daftar tindakan yang saling terkait dan disusun oleh pejabat atau instansi pemerintah di antaranya dalam bidang kesehatan, pertahanan, kesejahteraan, pendidikan, pembangunan perkotaan dan pengendalian kriminalitas.

Irfan Islami

Menurut Irfan Islami, kebijakan publik ialah suatu rangkaian tindakan yang ditetapkan dan dijalankan ataupun tidak dijalankan oleh pemerintah yang bertujuan atau memiliki orientasi pada tujuan tertentu untuk kepentingan seluruh masyarakat.

Baca Juga:  √ Pengertian Hukum Agraria dan Asas-Asas Hukumnya Terlengkap

Thomas Dye

Thomas Dye menyatakan bahwa kebijakan publik merupakan segala hal yang dilakukan dan tidak dilakukan oleh pemerintah, alasan dibalik sebuah kebijakan wajib dilaksanakan atau manfaat yang dirasa untuk kehidupan bersama wajib dipertimbangkan secara holistik supaya kebijakan itu memberikan manfaat berarti untuk warga negara serta memiliki dampak kecil dan tidak menimbulkan permasalahan yang merugikan.

Meskipun begitu, pasti ada pihak yang diuntungkan juga dirugikan sehingga inilah yang harus menjadi perhatian pemerintah untuk lebih bijaksana dalam mengambil sebuah kebijakan.

Robert Eyestone

Robert Eyestone menyatakan bahwa kebijakan publik ialah kaitan sebuah unit pemerintah dengan lingkungannya.

Sulaiman (1998: 5)

Sulaiman (1998: 5) mengungkapkan bahwa kebijakan publik ialah kebijakan pemerintah atau negara yang dikembangkan oleh lembaga, badan dan pejabat pemerintah.

Bill Jenkins

Pengertian kebijakan publik yang diberikan oleh Bill Jenkins ialah sebuah keputusan yang didasarkan pada hubungan aktifitas yang dilakukan oleh para pelaku politik untuk menentukan tujuan serta memperoleh hasil menurut pertimbangan kondisi tertentu.

Peters

Peters memandang bahwa kebijakan publik ialah sekumpulan aktifitas pemerintah yang dikerjakan secara sendiri ataupun melalui lembaga yang akan memberikan pengaruh dalam kehidupan masyarakat.

Carl Friedrich

Menurut Carl Frierich, kebijakan publik merupakan suatu usulan akan arah tindakan atau suatu kebijakan yang diusulkan individu, kelompok atau pemerintah supaya mampu mengatasi hambatan atau untuk memanfaatkan peluang dalam lingkungan tertentu guna mencapai tujuan atau mewujudkan sebuah target.

Henz Eulau dan Kenneth Previt

Henz Eulau dan Kenneth Previt menyatakan bahwa kebijakan publik merupakan sebuah keputusan yang tetap dan ditandai oleh tindakan yang berkaitan serta berulang terhadap para pembuat kebijakan serta bagi yang menjalankannya.

Amara Raksasataya

Amara Raksasataya menyebutkan kebijakan publik yaitu suatu rangkaian aktifitas akan sebuah tindakan yang saling berkaitan.

Baca Juga:  √ Pengertian Kode Etik dan Tujuan Kode Etik (Bahas Terlengkap)

Wikipedia

Pengertian kebijakan publik dikutip dari laman Wikipedia yaitu kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemerintah sebagai pembuat kebijakan guna meraih tujuan-tujuan tertentu di masyarakat yang dalam penyusunannya melewati banyak tahapan.

Leo Agustino (2008: 7)

Kebijakan publik menurut Leo Agustino (2008: 7) yakni suatu rangkaian aktifitas atau tindakan yang diajukan oleh seseorang, sekelompok atau pemerintah di sebuah lingkungan tertentu yang di dalamnya ada kesulitan-kesulitan serta peluang-peluang di mana kebijakan itu diajukan sehingga memberikan manfaat untuk mengatasi dan mencapai mencapai tujuan yang diharapkan.

Sekian penjelasan materi 20 Pengertian Kebijakan Publik Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga penjelasan di atas bisa dipahami dengan mudah serta menjadi tambahan pengetahuan bagi para pembaca. Terima kasih 🙂