Pengertian Kebutuhan Manusia, Jenis, Sifat, Macam, Alat & Faktornya

Pengertian Kebutuhan Manusia, Jenis, Sifat, Macam, Alat & Faktornya – Pembahasan kali ini kita akan mulai membahas mengenai kebutuhan manusia. Tentu banyak sekali kebutuhan manusia selama hidupnya, dan banyak jenisnya dari kebutuhan manusia itu sendiri.

Sehingga kita akan membahas mengenai kebutuhan manusia dan jenisnya. Karena di dalam hidup manusia tentu saja memiliki kebutuhan di dalam kehidupannya baik itu sandang, pangan dan papan.

Pengertian Kebutuhan Manusia, Jenis, Sifat, Macam, Alat & Faktornya

Untuk bisa lebih jelas membahas tentang arti yang sesungguhnya dari kebutuhan manusia, untuk itu kita langsung saja mulai pembahasan untuk dapat mengerti penjelasan yang akan diberikan dan juga sama-sama menyimak pembahasan berikut ini.

Pengertian Kebutuhan Manusia

Kebutuhan manusia merupakan suatu keinginan manusia terhadap barang atau juga jasa yang dapat memenuhi segala kepuasan jasmani serta rohani demi untuk kelangsungan hidup. Ada juga definisi yang lain mengenai kebutuhan manusia adalah kebutuhan merupakan suatu keinginan agar bisa menikmati serta memiliki kegunaan dari suatu barang atau juga jasa yang dapat memenuhi dari suatu kebutuhan jasmani serta rohani agar mampu mencapai suatu kemakmuran hidup.

Jika semua dari kebutuhan itu sudah bisa terpenuhi sehingga dapat dikatakan kehidupan manusia sudah mencapai kemakmuran. Oleh karena itu kemakmuran adalah sebuah situasi bagi manusia yang mana sebagian besar dari kebutuhannya sudah bisa terpenuhi. Suatu kemakmuran tentu saja berbeda dengan kekayaan, karena kemakmuran dapat diartikan sebagian besar dari kebutuhan manusia sudah terpenuhi, namun jika kekayaan merupakan hal yang menunjukan jumlah harta (barang atau juga jasa) yang dimiliki oleh seseorang. Dan bisa juga di katakan bahwa setiap kebutuhan dari setiap manusia itu tidaklah sama atau berbeda.

"<yoastmark

Jenis-Jenis Kebutuhan Manusia

Di dalam semua kebutuhan manusia memiliki jenisnya yang ada di dalamnya, apa saja jenis-jenis dari kebutuhan manusia untuk itu langsung saja kita melanjutkan pembahasan artikel kali ini tentang jenis-jenis dari kebutuhan manusia.

  1. Primer, kebutuhan yang paling utama yang harus dipenuhi oleh manusia.

  2. Sekunder adalah kebutuhan yang sifatnya sebagai pelengkap kebutuhan primer.

  3. Tersier, suatu kebutuhan yang timbul ketika kebutuhan primer dan juga sekunder sudah terpenuhi.

Sifat Kebutuhan Manusia

Di dalam kebutuhan manusia mempunyai beberapa sifat yang ada di dalamnya, untuk bisa mengetahui apa saja dari sifat yang ada pada kebutuhan manusia, mari kita lanjutkan pembahasannya dan sama-sama kita lanjutkan menyimak dan membahas artikel berikut ini.

  1. Jasmani contohnya adalah makan, minum, pakaian, berolahraga, pendidikan dan juga yang lainnya.

  2. Rohani contohnya adalah rekreasi, beribadah dan juga yang lainnya.

Kebutuhan Manusia Berdasarkan Subjeknya

Di dalam suatu kebutuhan manusia ada kebutuhan dengan berdasarkan subjeknya, supaya dapat lebih jelasnya mari kita lanjutkan agar kita bisa mengetahui apa saja kebutuhan yang berdasarkan subjeknya mari kita melanjutkan pembahasan tentang artikel ini.

  1. Kebutuhan Individu.

  2. Kebutuhan Sosial ataupun Bersama

Macam-Macam Kebutuhan Manusia

Kebutuhan-kebutuhan manusia yang sangat beragam dan tak terbatas bisa diklasifikasikan menjadi beberapa kategori yaitu kebutuhan manusia berdasarkan intensitasnya, waktu, sifat dan subjek.

Kebutuhan Manusia Berdasarkan Intensitas

Dibedakan lagi menjadi kebutuhan primer, sekunder dan tersier.

Kebutuhan Primer

Yaitu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi, seperti makan, minum, pakaian dan tempat tinggal.

Kebutuhan Sekunder

Adalah kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer tercukupi namun belum termasuk kebutuhan tersier. Kebutuhan sekunder misalnya lemari, kalender, sepatu.

Kebutuhan Tersier

Merupakan kebutuhan yang pemenuhannya dilakukan setelah dua kebutuhan sebelumnya terpenuhi dengan baik. Kebutuhan tersier termasuk dalam kebutuhan mewah, seperti perhiasan.

Kebutuhan Manusia Berdasarkan Waktu

Bisa dibedakan menjadi kebutuhan sekarang, masa yang akan datang, tak terduga dan sepanjang waktu.

Kebutuhan Sekarang

Adalah jenis kebutuhan yang pemeuhannya tidak dapat ditunda atau harus segera dipenuhi. Contohnya pada saat haus harus segera minum dan pada saat lapar harus segera makan.

Kebutuhan Masa yang Akan Datang

Jenis kebutuhan yang pemenuhannya bisa dilakukan di masa mendatang dan tidak harus segera dipenuhi, contohnya tabungan.

Kebutuhan Tak Terduga

Adalah kebutuhan yang tidak bisa diperkirakan dan harus dipenuhi pada saat dibutuhkan. Kebutuhan ini bersifat tiba-tiba. Contohnya, seseorang yang mengalami kecelakaan harus segera diberikan pertolongan pertama atau dibawa ke rumah sakit.

Kebutuhan Sepanjang Waktu

Jenis kebutuhan yang besifat tidak terbatas tetapi masih bisa dipenuhi. Contohnya, kebutuhan manusia akan ilmu pengetahuan yang bisa dipenuhi dengan membaca buku dan mengikuti kursus.

Kebutuhan Manusia Beradasarkan Sifat

Sifatnya dibedakan menjadi kebutuhan jasmani dan rohani.

Kebutuhan Jasmani

Keinginan manusia yang berhubungan dengan fisiknya, misalnya makan, minum, pakaian dan tempat tinggal.

Kebutuhan Rohani

Yaitu kebutuhan manusia yang berhubungan dengan kejiwaan manusia seperti rasa aman, ibadah, ketenangan dan rasa nyaman.

Kebutuhan Manusia Berdasarkan Subjek

Dapat dibedakan menjadi kebutuhan individu dan kebutuhan bersama.

Kebutuhan Individu

Ialah kebutuhan yang diperlukan dan dilakukan perseorang, misalnya sikat gigi, handuk, dan sepatu.

Kebutuhan Bersama

Yaitu kebutuhan yang pemenuhannya ditujukan untuk masyarakat, seperti jalan raya, fasilitas rumah sakit dan fasilitas pendidikan.

Alat Pemuas Kebutuhan Manusia

Manusia mempunyai kebutuhan akan barang atau jasa. Alat pemuas kebutuhan manusia yang bebentuk barang merupakan jenis alat pemuas kebutuhan yang bisa dilihat, diraaba atau dipegang serta ditimbang. Alat pemuas kebutuhan manusia yang berbentuk jasa merupakan jenis alat pemuas kebutuhan yang tidak dapat dilihat, dipegang tetapi bisa dirasakan.

Benda-benda pemuas kebutuhan manusia bisa dibedakan berdasarkan beberapa hal yaitu, berdasarkan cara memperoleh, tujuan kegunaan, proses pembuatan, hubungan dengan benda lain, segi jaminan dan kualitasnya.

Benda Berdasarkan Cara Memperoleh

Dibedakan lagi menjadi benda ekonomi, non ekonomi dan illith.

Benda Ekonomi

Kuantitasnya lebih sedikit dari jumlah kebutuhan manusia sehingga untuk memperolehnya diperlukan pengorbanan.

Benda Non Ekonomi

Bebas jumlahnya tak terbatas sehingga untuk memperolehnya tidak harus berkorban atau tidak memerlukan biaya.

Benda Illith

Tersedia dalam jumlah yang berlimpah tetapi cenderung merugikan manusia.

Benda Berdasarkan Tujuan Kegunaan

Memperoleh dibedakan lagi menjadi benda konsumsi dan benda produksi.

Benda Konsumsi

Yaitu benda yang siap digunakan dan tidak harus melalui proses olah sebelumnya.

Benda Produksi

Yang dipakai dalam proses produksi untuk menghasilkan benda lainnya.

Benda Berdasarkan Proses Pembuatan

Dbedakan lagi menjadi benda mentah, setengah jadi dan siap pakai.

Benda Mentah

Berupa bahan baku yang belum diolah.

Benda Setengah Jadi

Bahan baku yang telah mengalami pengolahan tetapi belum menjadi produk akhir atau siap pakai.

Benda Siap Pakai

Yaitu barang yang sudah mengalami pengolahan dan siap untuk dikonsumsi.

Benda Berdasarkan Hubungan dengan Benda Lain

Cara memperoleh dibedakan lagi menjadi benda komplementer dan substitusi.

Benda Komplementer

Pelengkap akan bisa digunakan apabila dipakai secara bersamaan dan memberikan manfaat, misalnya mobil yang memiliki bensin akan bisa digunakan.

Benda Substitusi

Atau pengganti yaitu benda yang menggantikan manfaat benda lain, misalnya manusia memakan umbi-umbian apabila tidak ada nasi.

Benda Berdasarkan Segi Jaminan

Berdasarkan cara memperoleh dibedakan lagi menjadi benda bergerak dan tidak bergerak.

Benda Bergerak

Barang-barang yang bisa dipindahkan dan dapat dijaminkan untuk kredit dengan jangka waktu pendek.

Benda Tidak Bergerak

Merupakan barang-barang yang tidak bisa dipindahkan tetapi bisa digunakan sebagai jaminan pinjaman jangka panjang.

Benda Berdasarkan Kualitas

Cara memperoleh dibedakan lagi menjadi benda superior dan benda inferior.

Benda Superior

Yaitu benda yang mempunyai mutu sangat tinggi dengan harga yang mahal dan umumnya menjadi konsumsi masyarakat kelas menengah atas.

Benda Inferior

Benda yang memiliki mutu rendah dengan harga yang lebih terjangkau dan umumnya menjadi konsumsi masyarakat menengah ke bawah.

Faktor yang Memengaruhi Kebutuhan Manusia

Manusia mempunyai kebutuhan yang berbeda dengan manusa lainnya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan perbedaan kebutuhan manusia. Faktor-faktor tersebut adalah :

Peradaban

Perkembangan zaman berpengaruh pula terhadap perkembangan kebutuhan. Ada sebuah zama dimana manusia fokus dalam memenuhi kebutuhan primernya dan dilakukan dengan cara yang sederehana. Namun, seiring perkembangan zaman, manusia masa kini lebih cenderung menginginkan hal yang bervariasi serta menggunakan bahan-bahan berkualitas baik.

Lingkungan

Lingkungan tempat manusia tingaal turut berpengaruh terhadap kebutuhan manusia. Orang-orang yang tidak di pantai memiliki kebutuhan yang berbeda dengan orang-orang yang tinggal di gunung. Begitu juga dengan orang-orang di negara tropis memiliki kebutuhan berbeda dengan penduduk negara 4 musim.

Adat Istiadat

Adat istiadat atau tradisi memengaruhi kebutuhan manusia. Misalnya, lelaki Jawa biasa memakai blangkon, namun tidak demikian halnya dengan lelaki yang tidak bersuku Jawa.

Agama

Agama yang di dalamnya terdapat ritual dan aturan-aturan berbeda menyebabkan para pemeluknya memiliki kebutuhan yang berbeda. Misalnya, seorang muslim membutuhkan mukena untuk beribadah, perlu pergi berhaji jika mampu dan perlu mengeluarkan sedekah. Sedangkan, penganut agama Hindu membutuhkan bunga dan buah untuk sesajen serta tidak memakan daging sapi.

Sekian penjelasan yang bisa diberikan oleh mengenai Pengertian Kebutuhan Manusia, Jenis, Sifat, Macam, Alat & Faktornya, sebuah kebutuhan adalah hal yang sudah tentu saja sangat di perlukan didalam kehidupan manusia. Baik itu suatu kebutuhan primer, sekunder atau juga tersier jika dari seluruh kebutuhan manusia sudah tercapai maka bisa di katakan bahwa kebutuhan jasmani ataupun rohaninya akan bisa mendapatkan kemakmuran, semoga bermanfaat bagi para pembaca artikel ini, terimakasih 🙂