√ 21 Pengertian Kompensasi Menurut Para Ahli (Lengkap Dan Detail)

Posted on

21 Pengertian Kompensasi Menurut Para Ahli (Lengkap Dan Detail) – Kompensasi bisa diartikan sebagai semua yang diterima oleh seseorang yang biasanya menjadi objek baik yang berbentuk fisik atau non fisik serta wajib dihitung dan tidak termasuk dalam pajak pendapatan.

Memberikan kompensasi bukanlah perkara yang mudah sebab di dalamnya terdapat prinsip kelayakan, logia, rasional serta harus bisa dipertanggungjawabkan karena berkaitan dengan faktor emosial juga tenaga kerja.

21 Pengertian Kompensasi Menurut Para Ahli (Lengkap Dan Detail)

Pemberian kompensasi dilakukan dengan tujuan untuk menstimulus atau memotivasi para tenaga kerja agar bisa lebih meningkatkan prestasi kerja, efektifitas dan efisiensi produksi. Pemberian kompensasi haruslah benar sehingga tenaga kerja merasa puas dan semangat dalam mencapai target-target perusahaan.

Namun, apabila tenaga kerja menilai kompensasinya dirasa kurang, maka motivasi, prestasi kerja serta kepuasan kerja dapat menurun drastis sebab memang keberadaan kompensasi penting adanya untuk tenaga kerja sebagai cerminan dari ukuran nilai karya mereka. Oleh sebab itu, bagian personalia umumnya menyusun dan mengadministrasikan kompensasi tenaga kerja.

Baca Juga:  √ Pengertian Perdagangan Internasional, Manfaat & Kebijakannya

Pengertian Kompensasi Menurut Para Ahli

Agar para pembaca bisa lebih memahami mengenai pengertian kompensasi, berikut ini kami sajikan pendapat dari para ahli.

Anwar Prabu Mangkunegara (2001: 83)

Kompensasi yang dimaksud Mangkunegara yakni sesuatu yang dipertimbangkan sebagai sebuah yang senilai. Dalam hal kepegawaian, hadiah berupa uang adalah kompensasi yang diberikan pada para pekerja sebagai bentuk penghargaan atas pelayanan pekerja.

Agus Sunyoto (2008: 69)

Sunyoto menerangkan bahwa kompensasi yakni sebuah konsep yang lebih luas sebagai bentuk kembalian atau imbalan (return) keuangan, jasa-jasa fisik serta tujuan yang didapat sebagai bagian dari relasi kepegawaian.

Hasibuan (2003: 117)

Hasibuan menjelaskan bahwa biaya dan pengeluaran untuk perusahaan disebut dengan kompensasi.

Mutiara S. Panggabean (2004: 75)

Panggabean menyatakan bahwa tiap bentuk penghargaan yang diberikan untuk pekerja sebagai tanda balas jasa maupun kontribusi terhadap organisasi dinamakan kompensasi.

Wibowo (2007: 461)

Kontrak prestasi terhadap pemanfaatan jasa maupun tenaga yang sudah diberikan oleh para tenaga kerja disebut Wibowo sebagai kompensasi.

Gary Dessler (1997: 85)

Setiap bentuk imbalan atau pembayaran yang diberikan untuk karyawan dan muncul sebab dipekerjakannya karyawan tersebut merupakan definisi kompensasi menurut Dessler.

Husen Umar (2007: 16)

Semua hal yang diterima oleh pegawai apakah itu berupa upah, gaji, bonus, insentif, pengobatan, premi, asruansi atau lainnya yang serupa dan dibayarkan secara langsung oleh perusahaan dapat dikatakan sebagai kompensasi.

Sedarmayanti (2011: 239)

Sedarmayanti menyatakan bahwa semua hal yang diterima oleh pegawai sebagai tanda balas jasa atas pekerjaan mereka disebut dengan kompensasi.

Veitzhal Rivai (2008: 357)

Rivai menerangkan pengertian dari kompensasi yakni sesuatu yang diberikan kepada karyawan atas kontribusi yang diberikan kepada perusahaan.

Baca Juga:  √ Pengertian Pajak Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Malayu S. P. Hasibuan (2002: 54)

Seluruh pendapatan yang bisa berupa uang, barang langsung maupun barang tidak langsung yang diberikan kepada para karyawan sebagai imbalan dari jasa yng telah diberikan pada perusahaan disebut kompensasi.

21 Pengertian Kompensasi Menurut Para Ahli (Lengkap Dan Detail)
21 Pengertian Kompensasi Menurut Para Ahli (Lengkap Dan Detail)

Andrew

Pengertian kompensasi menurut Andrew sebagaimana tertulis dalam Mangkunegara (2009: 83) yakni sesuatu yang diberikan berdasarkan pertimbangan sebagai sesuatu yang memiliki nilai sebanding.

Ardana (2012: 153)

Dalam pandangan Ardana, kompensasi berarti sebagai segala sesuatu yang diterima karyawan sebagai bentuk balas jasa perusahaan atas sumbangsihnya pada organisasi atau perusahaan.

Sastrihadiwiryo

Mengutip dari tulisan Yuniarsih (2011: 125), kompensasi dinyatakan Sastrihadiwiryo sebagai balas jasa atau imbalan yang diberikan perusahaan untuk tenaga kerja sebab tenaga kerja sudah menyumbangkan pikiran dan tenaganya untuk kemajuan perusahaan serta mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan.

Wikipedia

Kompensasi yang dimuat dalam laman Wikipedia berarti sebagai segala sesuatu yang diterima baik berupa benda fisik maupun non fisik yang wajib dihitung lalu diberikan pada individu yang biasanya tidak dimasukkan ke dalam pendapatan.

Cardoso

Kompensasi dalam pandangan Cardoso yakni semua hal yang diterima oleh tenaga kerja dan merupakan tanda balas jasa atas kerjasamanya dengan organisasi atau perusahaan.

Marihot

Marihot mengungkapkan bahwa semua balas jasa yang diterima karyawan sebagai hasil atas pelaksanaan pekerjaan di dalam organisasi yang bisa diberikan dalam bentuk uang, upah, bonus, insentif, gaji serta tunjangan-tunjangan lain berupa hari raya, uang makan, kesehatan, uang cuti dan lain sebagainya.

Mangkuprawira

Sesuatu yang diperoleh karyawan sebahai imbalan dari kontribusi jasa mereka untuk perusahaan atau organisasi diberikan Mangkuprawira sebagai definisi kompensasi.

Handoko

Di dalam Septawan (2014: 5) disebutkan pengertian kompensasi yakni semua yang diterima para pekerja dalam rangka membalas jasa kerja keras mereka.

Baca Juga:  √ Pengertian Ekonomi Syariah, Ciri, Tujuan, Manfaat, Prinsip, Hukum dan Kerjasama Ekonomi Syariah

Daft (2000: 536)

Daft memberikan pandangannya mengenai kompensasi yaitu mengacu pada segala bentuk balas jasa yang berupa uang maupun barang ataupun komoditas yang dijadikan tanda untuk membalas jasa semua karyawan.

William B. Wearther dan Keith Davis

Dalam Hasibuan (2003: 119) tertulis pengertian tentang kompensasi menuru Wearther dan Davis yakni apa saja ya g diterima oleh para karyawan sebagai imbalan atas kerja mereka apakah itu berupa upah per jam atau gaji bulanan, bagian personalia uumumnya merancang serta mengadministrasikan perihal kompensasi karyawan.

Yani (2012: 139)

Kompensasi dalam pandangan Yani merupakab bentuk pembayaran yang dilakukan dalam bentuk insentif maupun manfaat guna memberikan motivasi untuk karyawan sehingga terjadi peningkatan produktivitas kerja.

Demikian penjelasan materi 21 Pengertian Kompensasi Menurut Para Ahli (Lengkap Dan Detail). Semoga para pembaca bisa memahami penjelasan di atas dengan mudah serta mendapatkan pengetahuan yang bermanfaat. Terima kasih 🙂