√ Pengertian Kota Menurut Para Ahli Dan Ciri Kota Lengkap

Posted on

Pengertian Kota Menurut Para Ahli Dan Ciri Kota Lengkap – Pada suatu daerah yang memiliki potensi yang tidnggi dan memeiliki penduduk yang tinggi menjadi lahan yang tepat untuk dapat menghidupkan usaha yang telah di rencanakan.

Usaha yang di dirikan dan sesuai dengan lokasi atau tempat di dirikannya akan mempengaruhi pendapatan yang akan di dapatkan yang merupakan hasil dari usahanya tersebut. Maka di perlukan perkotaan yang menjadi pusat dari industri atau usaha yang didirikan.

Pengertian Kota Menurut Para Ahli Dan Ciri Kota Lengkap

Untuk dapat mengerti tentang pengertian kota menurut para ahli dan ciri kota akan di jelaskan sebagai berikut:

Pengertian Kota

Kota adalah suatu daerah yang di padati dengan penduduknya dengan banyaknya industri atau usaha yang ada di daerah itu. Dalam kota terdapat banyak sekali penduduk yang mendiami tempat tersbut ada yang membuka usaha, ada yang memberikan pelayanan sosial, dan masaih banyak lagi kegiatan yang ada di dalam kota.

Pengertian Kota Menurut Para Ahli

Untuk mengerti tentang kota akan di jelaskan menurut beberapa ahli di bidangnya. Pengertian kota menurut para ahli adalah sebagai berikut:

Baca Juga:  √ Pengertian Batuan Malihan (Batuan Metamorf) dan Jenisnya

Bintarto

Kota adalah suatu jaringan kehidupan dari menusia yang di tandai kepadatan penduduknya yang sangat tinggi dan di warnai dengan beragam strata sosial ekonomi secara heterogen dengan coraknya yang meterialistis. Masyarakat yang mendiami kota tersebut terdiri dari pendatang atau warga asli yang tinggal di daerah tersebut.

Kamus Tata Ruang

Kota adalah suatu pemukiman yang memiliki penduduk yang relatif besar, daerah yang umumnya non-agraris, luas area terbatas, dan memiliki kepadatan penduduk yang tinggi.

UU No. 22 th. 1999 Tentang Otonomi Daerah

Kota adalah suatu kawasan yang memiliki kegiatan utama tetapi bukan pertanian, dengan susunan fungsi kawasan yang di gunakan sebagai pelayanan atas jasa pemerintahan, kegiatan ekonomi, dan pelayanan sosial.

Louis Wirth

Kota adalah suatu permukiman yang relatif besar, permanen, dan juga padat yang di huni oleh orang-orang heterogen dengan kedudukan sosialnya.

Max Weber

Kota adalah tempat yang penghuninya memenuhi hampir seluruh kebutuhan ekonomi di pasar lokal. Kota menurutnya memiliki ciri sebagai benteng yang memiliki sistem hukum sendiri dan memiliki sifat kosmopolitan.

Arnold Tonybee

Kota menurutnya tidah hanya tentang pemukiman khusus tetapi dapat menjadi suatu kekomplekan yang khusus dan di setiap kotanya dapat menunjukkan perwujudan kepribadiannya masing-masing.

Ir. Sutami

Kota menurut pandangannya sebagai koldip atau koleksi, distribusi, dan juga promosi.

National Urban Development Strategy

Kota adalah suatu pusat pelayanan kegiatan distribusi, produksi, derta jasa-jasa yang mendukung tentang pertumbuhan ekonomi pada wilayah di sekitarnya.

John Brickerhoff Jackson

Kota adalah tempat tinggal manusia yang dapat di manifestasi dari perencanaan dan juga perancangan yang terpenuhi oleh berbagai unsur yang terkandung di dalamnya seperti bangunan, jalan serta ruang terbuka hijau.

Baca Juga:  √ Penyebaran Fauna Di Indonesia Menurut Ahli (Bahas Lengkap)

Kostof

Kota adalah suatu tujuan dan juga kenangan terakhir dari suatu perjuangan dan kemulian kita. Dia adalah diamana ketika kebanggaan dari masalalu yang dapat di pamerkan.

Pengertian Kota Menurut Para Ahli Dan Ciri Kota Lengkap
Pengertian Kota Menurut Para Ahli Dan Ciri Kota Lengkap

Ciri-Ciri Kota

Untuk dapat di sebut dengan kota sebuah daerah di butuhkan ciri-ciri yang menunjangnya. Ciri-ciri dari kota tersebut akan di jelasakn oleh beberapa ahli sebagai berikut:

Bintarto

Menurutnya ciri-ciri kota di bedakan manjadi dua yaitu :

Ciri-Ciri Fisik

Ciri fisik tersebut diantaranya adalah:

  1. Terdapat sarana perekonomian seperti supermarket.
  2. Memiliki tempat perkir yang memadai.
  3. Memiliki tempat rekreasi dan olahraga.
  4. Memiliki alun-alun.
  5. Memiliki Gedung Pemerintahan.
Ciri-Ciri Sosial
  1. Masyarakat yang mendiaminya adalah masyarakat heterogen.
  2. Bersifat materialistis atau individualistis.
  3. Mata pencahariannya bersifat non-agraris.
  4. Kehidupan sosialnya mulai pudar.
  5. Terjadi suatu kesenjangan sosial antara golongan masyarakat.
  6. Norma agama yang ada tidak terlalu ketat.
  7. Pandangan tentang kehidupan menjadi sangat rasional.
  8. Menetapkan strategi keruangan yang sangat tegas.

Jorge E. Hardoy

Menurutnya ciri-ciri kota adalah sebagai berikut:

  1. Bersifat permanen.
  2. Ukuran dan jumlah dari penduduknya yang besar akan masa dan tempatnya.
  3. Kepadatannya minimun terhadap masa dan juga tempat.
  4. Struktur dan juga tata ruangnya seperti di tujukan oleh jalur jalan dan juga ruang-ruang perkotaan yang sangat nyata.
  5. Tempat masyarakat untuk tinggal dan berkerja.
  6. Fungsi dari perkotaan yang minimum di perincikan seperti pasar, pusat administratif, pusat militer, pusat keagamaan, atau pusat aktivitas intelektual dengan kelembagan yangsama.
  7. Bersifat heterogenitas dan membedakan bersifat hirarkis dengan masyarakat.
  8. Pusat perekonomian perkotaan dapat menghubungkan dengan daerah pertanian dengan membahas bahan untuk pemasaran yang lebih luas lagi.
  9. Pusat pelayanan yang terbagi dan terdapat di daerah lingkungan setempat.
  10. Pusat penyebaran, dapat memiliki suatu falsafah hidup yang berlaku di perkotaan pada masa dan tempat tersebut.
Baca Juga:  √ Pengertian Global Warming, Dampak & Cara Penanggulangannya

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Kota Menurut Para Ahli Dan Ciri Kota Lengkap yang di jelasakan oleh pustakaindo. Dengan adanya kota kita dapat di permudah mencari barang yang di inginkan dan menjalankan usaha yang telah di rencanakan dengan matang dan mengubah perekonomian yang ada. Terimakasih 🙂