√ Pengertian Letak Geografis dan Letak Geografis Indonesia

Posted on

Pengertian Letak Geografis dan Letak Geografis Indonesia – Indonesia berada pada jalur perdagangan internasional yang membawa beberapa keuntungan bagi Indonesia sendiri. Selain itu, wilayah laut Indonesia yang dilintasi kapal-kapal asing rawan akan pencurian ikan di laut Indonesia.

Pengertian Letak Geografis dan Letak Geografis Indonesia

Beberapa hal di atas merupakan dampak dari letak geografis Indonesia. Apakah letak geografis itu? Supaya lebih jelas, mari kita simak penjelasan seputar letak geografis di bawah ini.

Pengertian Letak Geografis

Letak geografis adalah kedudukan suatu wilayah sesuai dengan fakta dan kondisi alam di sekitarnya. Letak geografis selalu diidentikkan dengan letak fisiologis, letak astronomis, letak geomorfologis dan letak geologis.

Letak Geografis Indonesia

Letak geografis Indonesia yaitu di antara benua Asia dan Australia dan diapit oleh Samudera Pasifik dan Hindia. Selain itu, Indonesia juga berbatasan dengan negara-negara lain. Di sebelah utara Indonesia berbatasan dengan Singapura, Malaysia dan Filipina.

Di sebelah selatan Indonesia berbatasan dengan Australia, sebelah timur berbatasan dengan Papua Nugini dan sebelah barat berbatasan dengan Samudera Hindia.

Pengaruh Letak Geografis Indonesia

Letak geografis Indonesia membawa pengaruh bagi kondisi alam Indonesia. Pengaruh-pengaruh tersebut, antara lain :

Indonesia Memiliki Dua Musim

Letak Indonesia secara fisik dilewati oleh angin muson yang dua kali dalam setahun berganti arah hembusannya. Adanya angin muson menjadikan Indonesia hanya memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan.

Baca Juga:  √ Pengertian Batuan Beku, Macam, Proses Dan Contohnya Lengkap

Wilayah Indonesia Strategis

Secara geografis Indonesia berada di antara dua benua dan dua samudera dan membuat Indonesia menjadi wilayah yang strategis karena termasuk dalam jalur perdagangan internasional melalui laut atau udara. Hal tersebut membuat kemungkinan potensi ekonomi Indonesia akan meningkat.

Indonesia Kaya Budaya

Letak geografis Indonesia ternyata juga membawa pengaruh dalam bidang budaya. Kekayaan budaya ini berasal dari berbagai macam negara yang ada di sekeliling Indonesia yang masuk dan kemudian terasimilasi. Sebagai hasilnya kebudayaan di Indonesia amat beragam dan unik.

Indonesia Termasuk Jalur Perdagangan Internasional

Posisi strategis di mana Indonesia berada yaitu jalur perdagangan internasional yang bisa menjadi peluang besar dalam pengembangan potensi-potensi di Indonesia.

Indonesia Menjadi Jalur Lalu Lintas Internasional

Indonesia berada pada jalur transit dan lintas internasional yang membuatnya selalu saja disinggahi kendaraan-kendaraan asing saat sedang melakukan perjalanan menuju negara atau benua lain.

Indonesia Salah Satu Negara Maritim Terbesar

Terdapat kurang lebih 17.000 pulau yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan keberadaan pulau-puau tersebut menjadikan Indonesia dijuluki sebagai negara maritim. Menurut data yang diperoleh dari Kementerian Kelautan dan Perikanan potensi laut Indonesia yang dimanfaatkan baru sebesar 6,7 juta ton atau sekitar 48%.

Keberagaman Hayati Indonesia Melimpah

Indonesia berada dalam kawasan beriklim tropis dan menjadikan Indonesia memiliki hasil hutan yang berlimpah. Selain itu, banyak jenis flora dan fauna yang hanya bisa ditemukan di Indonesia. Total luas hutan hujan tropis Indonesia sekitar 120,35 juta hektar merupakan hutan tropis terbesar ke tiga setelah Zaire dan Brazil.

Hutan berperan sebagai paru-paru dunia dan memelihara keseimbangan iklim global.

Indonesia Negara Agraris Terbesar

Tanah Indonesia sangat subur akibat sinar matahari yang diperoleh sepanjang tahun dan curah hujan yang tinggi. Tanah yang amat subur itu bisa dimanfaatkan dalam bidang perkebunan dan pertanian.

Potensi Pariwisata Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara dengan pulau-pulau indah dan alami yang bisa dijadikan sebagai tempat wisata. Tak hanya pulau, banyak pantai Indonesia yang menjadi destinasi turis lokal dan mancanegara.

Baca Juga:  √ Pengertian Piramida Penduduk, Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Dampak Letak Georafis Indonesia

Letak geografis Indonesia tentu membawa dampak baik positif dan negatif dalam berbagai bidang kehidupan. Beberapa dampak positif yang didapat dari letak geografis Indonesia, antara lain :

Bidang Ekonomi

Jalur perdagangan internasional di mana Indonesia termasuk membawa keuntungan tersendiri bagi Indonesia di bidang ekonomi, misalnya hasil alam Indonesia seperti sayur mayur, buah-buahan dan beras bisa dimanfaatkan untuk aktivitas ekspor dan impor.

Kemudian, dari sektor perhutanan Indonesia mempunyai hutan hujan tropis yang termasuk dalam deretan hutan terbesar di dunia. Kayu-kayu hutan bisa dimanfaatkan dengan cara tebang pilih agar kelstarian tetap terjaga dan kegiatan ekonomi bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Pemanfaatan kayu hutan bisa menajdi tambahan devisa negara. Lalu, dari sektor kelautan ada hasil-hasil laut yang bisa diekspor ke luar negeri dan wisata bahari yang sudah mempunyai daya tarik tersendiri di mata wisatawan asing.

Pengertian Letak Geografis dan Letak Geografis Indonesia
Pengertian Letak Geografis dan Letak Geografis Indonesia

Bidang Transportasi

Indonesia sebagai lalu lintas perdagangan internasional bisa menerima kemajuan transportasi modern dari negara-negara maju. Transportasi laut dan udara adalah pilar utama dalam dunia perdagangan internasional. Dari teknologi transportasi modern yang ada, Indonesia bisa meningkatkan transportasi dalam negeri untuk memaksimalkan pendistribusian barang-barang ke berbagai wilayah.

Bidang Komunikasi

Salah satu upaya yang bisa digunakan dalam komunikasi dengan para pedagang asing adalah dengan menguasai bahasa Inggris. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasioan yang banyak digunakan oleh negara-negara di dunia. Kemampuan akan bahasa Inggris bisa digunakan dalam menjalin kerja sama.

Bidang Sosial dan Budaya

Kekayaan adat dan budaya Indonesia yang begitu istimewa dengan masing-masing ciri khasnya menarik para wisatawan asing untuk mau mempelajarinya. Budaya Indonesia bisa dipadukan dengan budaya-budaya lain dan menghasilkan suatu kebudayaan yang baru.

Baca Juga:  √ Pengertian SIG, Jenis Data, Lingkup, Aplikasi & Cara Kerja

Dengan banyaknya wisatawan asing yang mempelajari kebudayaan Indonesia, maka kebudayaan Indonesia akan lebih mudah tersebar.

Bidang Pariwisata

Setiap wilayah di Indonesia memiliki ciri khas dan pesonanya tersendiri. Apabila dimanfaatkan dan dieksplor lebih jauh, maka kita akan menemukan banyak sekali tempat-tempat wisata yang bisa dikunjungi. Upaya yang bisa dilakukan pemerintah Indonesia yaitu membuka tempat wisata dengan harga terjangkau.

Bali merupakan destinasi wisata paling banyak menarik wisatawan asing. Tidak hanya laut dan pantai, banyak pula gunung di Indonesia yang menjadi tempat wisata, misalnya Gunung Bromo, Gunung Rinjani dan Gunung Jaya Wijaya.

Selain keuntungan, letak geografis Indonesia juga membawa beberapa dampak negatif, seperti berikut ini.

  1. Banyak kasus pencurian ikan yang terjadi di wilayah perbatasan laut Indonesia dengan negara lain yang disebabkan rendahnya pengawasan di zona laut Indonesia.
  2. Adanya titik-titik tertentu yang menjadi sarang pasar gelap yang mengakibatkan munculnya kecurangan bidang-bidang tertentu.
  3. Para warga negara asing yang menetap di Indonesia tanpa memenuhi aturan-aturan yang berlaku.
  4. Adanya persaingan global yang tidak sehat.
  5. Masyarakat Indonesia menjadi lebih konsumtif.
  6. Pudarnya norma-norma yang ada di masyarakat sebagai akibat dari budaya asing yang masuk.

Sekian penjelasan materi tentang Pengertian Letak Geografis dan Letak Geografis Indonesia. Semoga bisa menambah khazanah pengetahuan para pembaca. Terima kasih. 🙂