√ Pengertian Makalah dan Jenis-Jenis Makalah (Terlengkap)

Posted on

Pengertian Makalah Beserta Jenis-Jenis Makalah (Terlengkap)– Dalam setiap tugas bagi mahasiswa pastinya ada beberapa yang di minta untuk di buat menjadi makalah oleh dosen. Tidak hanya mahasiswa biasanya para murid SMP dan SMA pun di beri tugas demikian.

Membuat suatu makalah biasanya berasal dari suatu permasalahan yang akan di bahas atau yang di berikan oleh para pengajar atau kerika kita melakukan perjalanan dengan tujuan studi. Pembahasan yang di lakukan menyangkut dengan permasalahan yang sering gihadapi oleh kebanyakan orang.

Pengertian Makalah dan Jenis-Jenis Makalah (Terlengkap)

Tidak banyak yang mengerti ternyata makalah memiliki jenis-jensinya yang beragam tidak hanya makalah ilmiah saja. Untuk dapat mengerti tentang apa itu makalah dan jenis-jensi dari makalah akan di jelaskan sebgai berikut :

Pengertian Makalah

Makalah adalah suatu karya tulis ilmiah yang di dalamnya membahas tentang permasalahan tertentu yang telah mencangkup ruang lingkup tertentu. Makalah dapat di artikan sebagai suatu karya akademis yang diterbitkan dan di publiskan biasanya.

Tanjung dan Ardinal memberikan pendapat bahwa makalah adalah sautu karya tulis ilmiah yang didalamnya terkandung pemikiran dari suatu masalah yang membahas topic tertentu dan di tulis dengan menggunakan cara sistematis dan analisis yang logis serta objektif dalam menulisnya.

Surakhmad mengartikan bahwa makalah adalah segala jenis dari tugak kuliah yang harus di selesaikan dengan baik mau itu tertulis sebagai pembahasan buku atau pun sebagai hasil dari karangan pokok permasalahan. Dengan demikian makalah diartikan seabgai karya tulis yang di tulis dengan menggunakan analisis yang logis serta objektif dengan membahas permasalahan tertentu dan di tulis dengan metode sistematis.

Baca Juga:  √ Sejarah Drama Dan Jenis-Jenis Drama (Pembahasan Terlengkap)

Jenis-Jenis Makalah

Makalah memiliki jenisnya yang di bagi menjadi 3 jenis, jenis-jenis tersebut adalah:

Makalah Deduktif

Makalah ini didasarkan kepada kajian teoritis yang relevan terhadap permasalahan yang akan di bahas.

Makalah Induktif

Makalah ini didasarkan tentang data empiris yang sifatnya objektif berdasar kepada apa yang di perolehnya di lapangan.

Makalah Campuran

Makalah ini didasarkan pada kajian teoritis dan data empiris. Makalah ini terbagi lagi menjadi beberapa jenis yang diantaranya:

Pengertian Makalah Beserta Jenis-Jenis Makalah Lengkap
Pengertian Makalah Beserta Jenis-Jenis Makalah Lengkap
Makalah ilmiah

Makalah ini didasarkan pada hasil studi ilmiah dan jensi dari makalah ini tidak berdasar pendapat penulis yang sifatnya subyektif.

Makalah Kerja

Makalah ini didasarkan pada hasil dari sebuah penelitian dan dapat memungkinkan penulis berargumen di dalamnya tentang apa yang menjadi permasalahan.

Makalah Kajian

Makalah ini didasarkan pada sarana untuk memecahkan suatu permasalahan yang sifatnya kontroversial.

Makalah posisi

Makalah ini didasarkan pada permintaan dari suatu pihak dan fungsinya adalah sebagai alternative dalam memecahkan masalah yang kontroversial.

Makalah analisis

Makalah ini didasarkan pada sifat yang ada di makalah ini adalah obyektif empiris.

Makalah Tanggapan

Makalah ini didasarkan pada tugas kuliah yang di gunakan mahasiswa yang berisi reaksi terhadap suatu bacaan.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Makalah dan Jenis-Jenis Makalah (Terlengkap)yang di jelaskan oleh pustakaindo. Makalah yang di buat dapat memberikan data tentang permasalah yang di bahas di dalam makalah tersebut dan di harap dapat menjadi solusi permasalahan lain. Terimakasih 🙂