√ 20 Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

20 Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli Terlengkap – Salah satu hal yang selalu dibutuhkan oleh setiap perusahaan yaitu dana untuk memenuhi kegiatan operasional sehari-hari ataupun untuk ekspansi perusahaan.

Kebutuhan dana bisa berupa pembelian aktiva ataupun modal kerja. Agar kebutuhan dana bisa terus terpenuhi, maka perusahaan harus bisa menemukan sumber dana di mana komposisinya menghasilkan beban biaya seminimal mungkin.

20 Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli Terlengkap

Secara garis besar, manajemen keuangan membahas segala hal yang ada kaitannya dengan uang di dalam perusahaan. Fokus dari manajemen keuangan yaitu uang dan pengelolaan keuangan. Pihak-pihak yang mengelola keuangan dalam perusahaan dinamakan manajer keuangan.

Pengertian Manajemen Keuangan

Kepentingan dari manajer keuangan yakni menentukan jumlah aktiva layak dari investasi di beragam aktiva pemilihan sumber-sumber dana guna mendanai kegiatan kegiatan tersebut. Manajer keuangan memegang peranan vital dalam urusan pengambilan keputusan perihal investasi dan pembiayaan.

Manajemen keuangan merupakan pengelolaan pada fungsi-fungsi keuangan. Fungsi keuangan sendiri ialah aktifitas utama yang wajib dilaksanakan oleh pihak-pihak yang mengemban tanggng jawab di bidang-bidang tertentu. Manajemen keuangan berfungsi dalam penempatan dana dan pemakaian dana.

Baca Juga:  √ Pengertian Manajemen Keuangan, Fungsi, Tujuan, Tugas Pokok, Prinsip & Lingkupnya Lengkap

Manajemen keuangan atau financial management merupakan semua kegiatan perusahaan yang ada hubungannya dengan cara perusahaan mendapatkan dana, memakai dana dan menglola aset sejalan dengan tujuan perusahaan secara keseluruhan.

Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Ahli

Pengertian manajemen keuangan bisa lebih dipahami dengan menyimak pendapat para ahli di bawah ini.

James Van Horne

Manajemen keuangan ialah seluruh aktifitas yang ada kaitannya dengan pengumpulan, pembiayaan dan pengolahan aktiva yang bertujuan seluruh kegiatan menurut James Van Horne.

Weston dan Copeland

Sebuah fungsi dan tanggung jawab dari manajer-manajer keuangan adalah pengertian manajemen keuangan menurut Weston dan Copeland. Manajemen keuangan memiliki fungsi pokok yang bersangkutan dengan penanaman modal, pendanaan aktifitas usaha serta pembagian dividen di sebuah perusahaan.

Sutrisno (2003: 3)

Manajemen keuangan ialah seluruh aktifitas perusahaan dengan upaya-upayanya dalam mendapatkan dana perusahaan dengan biaya yang minim dan usaha dalam penggunaan dan pengalokasian dana tersebut dengan efisien (Sutrisno, 2003: 3).

F. Bradley

Bidang manajemen bisnis yang diperuntukkan bagi pemakain model dengan bijaksana dan pemilihan secara seksama dari sumber modal yang membuka peluang bagi unit pengeluaran yang menuju ke arah pencapaian tujuan dikemukakan J. F. Bradley sebagai pengertian manajemen keuangan.

Agus Sartono (2001: 6)

Pengertian manajemen keuangan dalam buku “Manajemen Keuangan: Teori dan Aplikasi” karya Agus Sartono yaitu manajemen dana yang menyangkut dengan sebuah alokasi dana dalam berbagai bentuk investasi secara efektif atau sebuah usaha penghimpunan dana guna pendanaan investasi maupun pembelanjaan yang efisien.

Sonny S. (2003)

Manajemen keuangan merupakan aktifitas perusahaan yang ada kaitannya dengan cara untuk menghimpun dana, menggunakan dana serta mengelola aset sejalan dengan tujuan perusahaan secara keseluruhan.

Baca Juga:  √ 29 Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

Grestenberg

Metode dalam bisnis yang dijalankan guna mendapatkan dana, metode pemakaian dana dan metode pemakaian dana serta metode pendistribusian bisnis merupakan definisi manajemen keuangan menurut Grestenberg.

L. Massie

Manajemen keuangan bisa diartikan sebagai kegiatan operasional bisnis yang memiliki tanggung jawab untuk memperoleh juga menggunakan dana yang dibutuhkan bagi sebuah operasi secara efisien dan efektif.

20 Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli Terlengkap
20 Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli Terlengkap

Bambang Riyanto

Dalam buku “Dasar-Dasar Perbelanjaan Perusahaan” karya Bambang Riyanto terdapat definisi manajemen keuangan yaitu aktifitas-aktifitas perusahaan yang ada sangkutannya dengan sebuah usaha dalam memperoleh dana yang dibutuhkan dengan biaya yang sekecil mungkin serta keadaan yang paling menguntungkan juga usaha dalam memakai dana tersebut dengan sangat efisien.

Suad Husnan

Aktifitas manajemen pada fungsi-fungsi keuangan secara keseluruhan dikemukakan Suad Husnan sebagai pengertian manajemen keuangan.

Liehman

Manajemen keuangan diartikan sebagai usaha dalam mengadakan biaya dan memakai biaya itu guna mendapatkan aktiva atau aset menurut Liehman.

Martono dan Agus Harjito (2005: 4)

Pengertian manajemen keuangan yang ada dalam buku “Manajemen Keuangan” hasil karya Martono dan Harjito ialah kegiatan-kegiatan perusahaan yang ada hubungannya dengan cara perolehan dana, pemakaian dana, pengelolaan aset menurut seluruh tujuan perusahaan. Manajemen keuangan ialah tentang cara mendapatkan, membiayai serta mengelola aset sebagaimana tujuan perusahaan.

Suad Husnan dan Pudjiastuti (2006)

Buku “Dasar-Dasar Manajemen” tulisan Husnan dan Pudjiastuti memuat pengertian manajemen keuangan yakni aktifitas-aktifitas perencanaan, analisa dan kontrol aktifitas keuangan.

Prawironegoro (2007)

Manajemen keuangan diartikan sebagai kegiatan pemilik dan manajemen perusahaan guna mendapatkan modal yang dana seminimal mungkin dan memakainya dengan sangat produktf, efisien dan efektif guna menghasilkan keuntungan menurut Prawironegoro.

Farah Margaretha (2007: 2)

Manajemen keuangan berarti proses dalam menentukan keputusan sehubungan aset, pendanaan aset tersebut, pendistribusian dari semua arus kas (cash flow) yang potensial yang dihasilkan oleh aset tersebut.

Baca Juga:  √ Pengertian Kebijakan Fiskal, Tujuan, Fungsi, Jenis, Instrumen & Contoh Kebijakan Fiskal

Wikipedia

Manajemen keuangan berarti sebagai sebuah aktifitas merencanakan, menganggarkan, mengecek, mengelola, menontrol, mencari dan menyimpan dana yang ada dalam organisasi atau perusahaan menurut Wikipedia.

Arthur J. Keown, John D. Martin, J. William Petty dan David F. Scott Jr

Manajemen keuangan ialah tentang menciptakan dan memelihara nilai ekonomi atau kekayaan menurut Keown, Martin, Petty dan Scott Jr.

Departemen Pendidikan Nasional (2000)

Manajemen keuangan berarti sebagai perilaku ketatausahaan atau pengurusan keuangan yang mencakup kegiatan pencatatan, perencanaan, pelaksanaan, pertanggungjawaban dan pelaporan menurut Departemen Pendidikan Nasional.

Howard dan Upton

Implementasi dari fungsi perencanaan dan pengendalian fungsi keuangan diberikan Howard dan Upton sebagai pengertian manajemen keuangan.

Erlina, S. E.

Manajemen keuangan ialah manajemen atas fungsi-fungsi keuangan. Di dalam fungsi-fungsi keuangan tersebut ada aktifitas mendapatkan dana (raising of fund) dan cara yang dilakukan untuk mengontrol dana itu (allocation of fund).

Demikian penjelasan materi 20 Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli (Lengkap). Semoga penjelasan di atas bisa dipahami dengan mudah dan menambah pengetahuan para pembaca. Terima kasih 🙂