√ Pengertian Manajemen Organisasi, Tujuan dan Fungsi Manajemen Organisasi

Posted on

Pengertian Manajemen Organisasi, Tujuan dan Fungsi Manajemen Organisasi – Manajemen organisasi iaah sebuah proses merencanakan, mengorganisasikan dan mengendalikan sumber daya dalam organisasi yang  bermaksud untuk meraih tujuan organisasi.

Tujuan organisasi bisa saja beragam bergantung dari jenis organisasi tersebut.

Pengertian Manajemen Organisasi, Tujuan dan Fungsi Manajemen Organisasi

Manajemen organisasi yang akan dibahas dalam kesempatan ini lebih erat kaitannya dengan suatu seni dalam mengelola sumber daya manusia (SDM) dalam perusahaan yakni karyawan. Mari simak penjelasannya.

Pengertian Manajemen Organisasi

Definisi manajemen organisasi pada dasarnya merujuk pada metode yang digunakan oleh seorang manajer organisasi untuk mengelola dan memimpin sumber daya perusahan yang sangat banyak dan beragam serta membangun kerjasama dan koordinasi antar tim secara efektif.

Beberapa tokoh memberikan definisi tentang manajemen organisasi berikut ini.

George Terry

George R. Terry menungkapkan bahwa manajemen organisasi ialah aktifitas merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan dan mengawasi yang keseluruhan akitifitas tersebut memiliki tujuan untuk memenuhi target organisasi.

Luther M. Gulick

Menurut Luther M. Gulick, manajemen organisasi merupakan hal-hal yang berhubungan dengan proses merencanakan, mengorganisir, melengkapi tenaga kerja, tujuan terarah, penyelarasan atau pengoordinasian, pelaporan dan penyusunan anggaran.

Baca Juga:  √ Pengertian Kualitas Audit, Pengukuran, Indikator & Faktornya

Henry Fayol

Manajemen organisasi dalam pandangan Henry Fayol ialah kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, mengoordinasikan dan mengawasi di mana rangkaian kegiatan tersebut tidak lain untuk mencapai tujuan organisasi.

Koontz dan O. Donnel

Koontz dan Donnel beranggapan bahwa manajemen organisasi yakni semua kegiatan organisasi yang berkaitan dengan perencanaan, pengorganisasian, pelengkapan tenaga kerja, pengarahan dan pengawasan.

Tujuan Manajemen Organisasi

Manajemen organisasi dalam perusahaan memiliki tujuan utama untuk memenuhi apa yang menjadi harapan dari perusahaan itu secara efisien sehingga bisa menjadi jaminan profitabilitas perusahaan untuk waktu yang lama.

Manajemen organisasi bukan sesuatu yang bisa diabaikan begitu saja dalam sebuah perusahaan atau bisnis terutama bisnis yang sudah mengalami perkembangan. Tidak adanya manajemen organisasi yang baik bisa menyebabkan kemunduran profitabilitas perusahaan yang bisa berujung pada terjadinya perpecahan internal.

Tujuan implementasi manajemen organisasi antara lain adalah :

  1. Membangun koordinasi antara individu maupun bagian organisasi.
  2. Menciptakan kinerja sumber daya secara lebih efektif melalui penjaminan rasa aman dan kesatuan antar-karyawan.
  3. Mewujudkan iklim lingkungan kerja yang positif dan damai.
  4. Mendorong karyawan agar mau bekerja dengan penuh tanggung jawab.
  5. Meraih tujuan utama perusahan melalui cara-cara yang sangat efisien melalui pembentukan karakter sumber daya perusahaan.
  6. Manajer akan berupaya memaksimalkan sumber daya milik perusahaan melalui perencanaan dan pengendalian yang tepat di perusahaan sehingga karyawan dapat menyadari peranan dan tanggung jawabnya masing-masing di perusahaan tersebut.
Pengertian Manajemen Organisasi, Tujuan dan Fungsi Manajemen Organisasi
Pengertian Manajemen Organisasi, Tujuan dan Fungsi Manajemen Organisasi

Fungsi Manajemen Organisasi Menurut Ahli

Fungsi manajemen memiliki beberapa fungsi yaitu :

Perencanaan (Planning)

Fungsi perencanaan manajemen organisasi berguna untuk merencanakn bisnis yang efektif. Hal ini vital untuk menentukan langkah agar tidak mengalami kebingungan di masa mendatang. Fungsi perencanaan meliputi rencana kegiatan atau kerja serta anggaran yang diperlukan. Teknik perencanaan dapat ditentukan melalui rapat anggaran atau rapat pengurus.

Baca Juga:  √ Pengertian Koordinasi, Syarat, Tujuan, Manfaat, Jenis, Lingkup, Prinsip & Dampak

Pengorganisasian (Organizing)

Fungsi pengorganisasin mengacu pada kebijakan penggunaan sumber daya dalam operasionalnya bisa disusun dengan baik agar terhindar dari ketimpangan terlebih dalam koordinasi, misalnya deskripsi kerja yang jelas untuk setiap jabatan atau pengelolaan inventaris dan arsip organisasi contohnya surat-surat.

Kepegawaian (Staffing)

Manajemen organisasi yang buruk bisa membuat para karyawan tidak bahagia dan berdampak pada hadirnya masalah dalam diri maupun organisasi. Oleh sebab itu, manajer harus bisa merekrut orang-orang dengan bakat yang sesuai dengan organisasi.

Pengarahan (Leading)

Manajer atau pemimpin juga berperan untuk menentukan sasaran yang pasti untuk seluruh anggota organisasi. Hal tersebut dilakukan agar setiap kegiatan anggota menjadi terarah. Pimpinan atau manajer harus memastikan bahwa timnya bekerja dengan kompak dalam mencapai tujuan bersama.

Pengendalian (Controlling)

Pimpinan yang memegang wewenang untuk mengambil keputusan wajib mampu menyadari apa yang terjadi di lingkungannya. Apabila tidak memiliki kemampuan  tersebut, tentu tidak akan mampu mengambil kendali di organisasi. Level wewenang, bisa dipahami dengan baik agar bisa melaksanakan manajamen secara efektif. Pimpinan pun wajib meninjau dan membuat perkembangan setiap anggota juga membimbing tim setiap saat dibutuhkan.

Manajemen Waktu (Time Management)

Manajemen waktu tidak kalah penting denan fungsi-fungsi lain sebab implementasi manajemen waktu secara efektif dalam organnisasi bisa membantu karyawan untuk menjalankan hal yang benar di waktu yang pas.

Motivasi (Motivation)

Fungsi selanjutnya dari manajemen organisasi yaitu motivasi. Motivasi bisa membuat karyawan bisa membangun kerjasama yang baik. Salah satu contoh motivasi yang dapat diterapkan yaitu dengan memberikan penghargaan pekerjaan karyawan yang baik berupa insentif. Dengan dmeikian karyawan akan merasa dihargai sehingga lebih bersemangat dan nyaman di organisasi.

Baca Juga:  √ Pengertian Audit Manajemen, Tujuan, Manfaat dan Tahapannya

Selain ketujuh fungsi organisasi di atas, ada pula fungsi-fungsi organisasi lain yang dikemukakan oleh para ahli. Berikut ini fungsi manajemen organisasi menurut beberapa ahli.

George R. Terry

Fungsi manajemenn organisasi yang diberikan oleh George R. Terry ialah :

  1. Fungsi perencanaan (planning)
  2. Fungsi pengorganisasian (organizing)
  3. Fungsi penggerakkan (actualling)
  4. Fungsi pengawasan (controlling)

Luther M. Gulick

Luther M. Gulick menyatakan bahwa terdapat 7 fungsi manajemen organisasi yaitu :

  1. Fungsi perencanaan (planning)
  2. Fungsi mengorganisir (organizing)
  3. Fungsi melenkapkan tenaga kerja (staffing)
  4. Fungsi mengarahkan (directing)
  5. Fungsi menyelaraskan atau mengoordinir (coordinating)
  6. Fungsi melaporkan (reporting)
  7. Fungsi menyusun anggaran (budgeting)

Henry Fayol

Fungsi manajemen organisasi menurut Henry Fayol adalah :

  1. Fungsi perencanaan (planning)
  2. Fungsi mengorganisir (organizing)
  3. Fungsi mengoordinir (coordinating)
  4. Fungsi mengawasi (controlling)

Koontz dan O. Donnel

Koontz dan O. Donnel pun turut menyumbangkan fungsi manajemen organisasi yaitu :

  1. Fungsi perencanaan (planning)
  2. Fungsi mengorganisir (organizing)
  3. Fungsi melengkapkan tenaga kerja (staffing)
  4. Fungsi mengarahkan (directing)
  5. Fungsi mengawasi (controlling)

Demikian penjelasan materi Pengertian Manajemen Organisasi, Tujuan dan Fungsi Manajemen Organisasi. Semoga penjelasan di atas mudah dipahami dan memberikan manfaat untuk para pembaca. Terima kasih 🙂