√ Pengertian Mukjizat dan Sifat Mukjizat (Bahasan Lengkap)

Posted on

Pengertian Mukjizat Beserta Sifat Mukjizat (Bahasan Lengkap)– Dalam agama islam terdapat banyak sekali nabi dan rasul yang ada dan pernah memberikan arahannya kepada kaumnya di muka bumi ini yang masih berada di jalan yang salah.

Nabi dan rasul dalam mengajarkan ajaran islam ini asangat banyak cobaan dan rintangan yang di hadapinya untuk menyebarkan ajaran islam. Untuk dapat membuktikan bahwa mereka benar-benar nabi dan rasul maka mereka mengeluarkan mukjizadnya.

Pengertian Mukjizat dan Sifat Mukjizat (Bahasan Lengkap)

Mukjizad yang di keluarkan atau di tunjukkan agar para kaumnya dapat mkengerti bahwa dirinya adalah benar-benar nabi dan rasul-Nya. Untuk dapat mengerti tentang pengertian mukjizad berserta sifatnya akan di jelasakan dengan lengkap di bawah ini :

Pengertian Mukjizat

Mukjizat secara bahasa berasal dari kata mukiz yang artinya adalah sesuatu yang melemahkan atau mengalahkan. Menurut istilah yang ada, mukjizat adalah sesuatu yang sangat luar biasa yang dapat terjadi pada diri nabi atau pada diri Rasulullah.

Yang di gunakan untuk membuktikan bahwa dirinya adalah rasul atau nabi allah yang hal itu tidak dapat di tiru oleh siapa pun juga. Para nabi atau rasul membuktikan atau memperlihatkan mukjizatnya untuk dapat disaat sanggat membutuhkan.

Mukjizat tidak dapat di tiru oleh orang lainatau makhluk apa pun. Tidak ada perintah untuk dapat meniru atau menaklukan mukjizat yang di lakukan oleh nabi atau rasul. Mukjizat berupa sarana untuk dapat membuktikan bahwasanya lemahnya kita manusia dan betapa agungnya Allah SWT.

” Dan sesungguhnya, kami telah mengutus beberapa Rasul sebelum kamu dan kami memberikan kepada mereka istri-istri dan keturunan. Dan tidak ada hak bagi seorang rasul mendatangkan suatu ayat (MUKJIZAT) melainkan dengan seizin Allah. Bagi tiap-tiap masa ada kitab (yang tertentu). ” (Q.S. Ar Ra’d [13] : 38)

Ayat ini di berikan dan di tujukan kepada Nabi Muhammad karena untuk membantah semua ejekan-ejekan yang di berikan kepada beliau. Karena hal ini dapat membuat rendah martabat dari Nabi Muhammad SAW yang di berikan oleh musuh-musuh nabi.

Baca Juga:  √ 9 Macam Shalat Sunnah Berjamaah Dan Munfarid (Terlengkap)

Dan yang kedua ayat ini di turunkan untuk membuktikan bahwasannya melakukan mukjizat itu apa bila di perlukan dan sangat di butuhkan dan bukanlah sebagai permainan belaka. Dan ada kitab yang menganjurkan bagaimana dan pada saat seperti apa penggunaanya.

Pengertian Mukjizat Beserta Sifat Mukjizat Lengkap 
Pengertian Mukjizat Beserta Sifat Mukjizat Lengkap

Sifat Mukjizad

Mukjizad yang di terima oleh para nabi dan rasul berbeda-beda. Dan sifatnya pun berbeda-beda, untuk mengerti tentang sifat dari mukjizad nabi dan rasulnya akan di jelasakan sebgai berikut:

Mukjizad Kauniyah

Mukjizad ini adalah mukjizad yang berupa kejadian atau peristiwa alam. Seperti pada nabi Musa as yang dapat membelah lauran dengan tongkatnya dan Nabi Muhammad SAW yang membelah bulan menjadi dua.

Mukjizat Salbiyah atau Tarkiyah

Mukjizad ini adalah mukjizad yang membuat sesuatu tidak berdaya. Seperti pada Nabi Ibrahim AS yang dapat menghilangkan luka bakar api sehigga dirinya tidak terbakar.

Mukjizat Syahsiyah atau Fi’liyah

Mukjizad ini adalah mukjizad yang terpancar dari tubuh rasul sendiri. Seperti Nabi Musa AS aygn mengeluarkan cahaya dari tangannya dan Nabi Muhammad SAW yang mengeluarkan air dari jemarinya.

Mukjizat Aqliyah

Mukjizad ini adalah mukjizad yang masuk di akal. Seperti Al-Qur’an.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Mukjizat dan Sifat Mukjizat (Bahasan Lengkap) yang di jelaskan oleh pustakaindo. Dengan adanya mukjizad itu di harap para kaumnya dapat mengerti bahwa nabi dan rasul itu adalah utusan Allah SWT yang asli. Terimakasih 🙂