√ Pengertian Novel Menurut Para Ahli dan Unsur Novel Lengkap

Posted on

Pengertian Novel Menurut Para Ahli danUnsur Novel Lengkap – Didalam sebuah karya sastra banyak sekali yang dapat memjadi bahan bacaan untuk sekedar mengisi waktu luang atau memang sebagai hiburan dan menjadi hobi tersendiri bagi para pembacanya.

Bacaan yang baik dapat membuat para pembacanya menajadi sangant bersemangat, senang, bahagia, kritis, dan lain sebagainya. Banyak yang harus memenuhi kriteria dalam menjadi bahan bacaan yang baik.

Pengertian Novel Menurut Para Ahli dan Unsur Novel Lengkap

Novel adalah salah satu bacaan yang paling banyak di baca oleh para pembacanya di seluruh dunia. Untuk dapat mengerti tentang apa itu novel akan di jelaskan sebagai berikut:

Pengertian Novel

Novel adalah suatu bentuk dari karya sastra yang paling popular di seluruh dunia. Bentuk dari karya sastra ini sangat banyak beredar dangan daya komunikasinya yang sangat luas ke masyarakat. Novel sebagai bahan bacaan terbagi menjadi dua golongan yaitu karya hiburan dan karya serius.

Pendapat ini di yakini dengan melihat novel yang ada memang benar tidak semuanya memberikan hiburan seperti novel serius dan tidak memberi banyak keseriusan pada novel hiburan.

Novel di harap dapat memberi hiburan, menarik dan mendatangkan rasa kepuasan ketika selesai memebacanya. Novel dapat di baca untuk menyempurnakan diri dan dapat memanusiakan pembacanya ketika membaca novel tersebut.

Baca Juga:  √ 10 Pengertian Cerpen Menurut Para Ahli ( Terbaru dan Terlengkap )

Novel yang serius memberikan fungsi sosial dan menantang. Tetapi pada novel yang bersifat hiburan menyajikan hiburan dan keasyikan saat membacanya.

Pengertian Novel Menurut Para Ahli

Banyak definisi para ahli yang memberikan argumennya tentang apa itu novel. Untuk dapat mengerti tentang pengertian novel menurut para ahli adalah sebagai berikut:

Drs Jokob Sumarjo

Novel adalah suatu bentuk sastra yang sangat populer di dunia. Bentuk karya sastra ini paling banyak beredar karena daya komunikasinya yang meluas di masyarakat.

Dr. Nurhadi, Dr. Dawud, Dra. Yuni Pratiwi, M.Pd, Dra. Abdul Roni, M. Pd

Novel adalah suatu bentik dari karya sastra yang di dalamnya terdapat nilai tentang kebudayaan sosial. Moral dan juga pendidikan.

Drs. Rostamaji,M.Pd, Agus priantoro, S.Pd

Novel adalah suatu karya sastra yang memiliki dau unsur di dalamnya yaitu undur intristik dan undur ekstristik, keduanya saling berhubungan di karenakan sangat memiliki pengaruh dalam kehadiran suatu karya sastra.

Paulus Tukam, S.Pd

Novel adalah suatu karya sastra yang memiliki prosa dan memiliki banyak unsur-unsur intrinstic.

Pengertian Novel Menurut Para Ahli Beserta Unsur Novel Lengkap
Pengertian Novel Menurut Para Ahli Beserta Unsur Novel Lengkap

Unsur-Unsur Novel

Novel yang baik memiliki unsur-unsur yang terkandung di dalamnya. Unsur-unsur itu adalah sebagai berikut :

Tema

Menurut Drs. Rustamaji, M.Pd, Agus priantoro, S.Pd, Tema adalah ide pokok atau suatu permasalahan utama yang mendasari dari jalan suatu cerita novel.

Setting

Menurut Drs, Rustamaji, M.Pd, Agus Priantoro, S.Pd , Setting adalah suatu latar belakang yang dapat menjelasakan jalan cerita, pada setting ini meliputi waktu, sosial budaya, dan tempat.

Sudut Pandang

Menurut Harry Show, sudut pandang di bagi menjadi 3 bagian yaitu:

  1. Pengerang menggunakan sudut pandang dari tokoh dan kata ganti orang pertama.
  2. Pengarang menggunakan sudut pandang dari tokoh bawahan.
  3. Pengerang menggunakan sudut pandang secara impersonal.
Baca Juga:  √ Jenis Etika, Manfaat Dan Ciri-Cirinya (Pembahasan Lengkap)

Alur / Plot

Alur / plot adalah suatu rangkaian dari peristiwa yang ada di dalam novel. Alur terbagi menjadi alur maju atau progresif dan alur mundur atau flash back progresif.

Penokohan

Menurut Drs. Rustamaji, M,Pd, Agus Priantoro, S.Pd, Penokohan yang dapat menggambarkan pelaku. Pelaku dapat di ketahui karakternya dengan cara bertindak, lingkungan tempat tinggal, dan ciri fisik.

Gaya Bahasa

Menurut Drs. Rustamaji, M,Pd, Agus Priantoro, S.Pd, gaya bahasa adalah gaya yang paling dominan di sebuah novel.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Novel Menurut Para Ahli dan Unsur Novel Lengkap yang di jelasakan oleh pustakaindo. Dengan adanya novel dapat membuat kehidupan kita menjadi banyak warna dan tidak membosankan, novel ini juga dapat memberikan inspirasi yang baik kepada para pembacanya. Terimakasih 🙂